Baja Ringan Desain

Tangga Rumah dari Baja Ringan?? Kenapa Nggak.

Tangga Rumah dari Baja Ringan?? Kenapa Nggak.

Sebuah rumah yang memiliki lebih satu lantai biasanya akan menggunakan tangga. Tangga berfungsi sebagai penghubung antara lantai satu dengan lantai lainnya. Namun sebenarnya, fungsi tangga tidak hanya sebatas ini saja. Tangga juga dapat menjadi elemen dekorasi pada rumah tinggal, yang memberikan nilai estetika pada rumah.

Merancang sebuah tangga di dalam rumah tidak hanya mengedepankan faktor keamanan dan kenyamanan, namun juga estetika dari tangga itu sendiri. Tangga sendiri terdiri dari berbagai bentuk yang dapat digunakan, ada tangga lurus, tangga berbentuk L, tangga berbentuk U, tangga spiral dan sebagainya. Semua bentuk tangga dapat menyesuaikan dengan desain keinginan sang pemilik rumah.

Terdapat berbagai jenis-jenis bahan tangga rumah yang dapat digunakan, yang dibedakan melalui material pembuatannya. Apakah tangga rumah yang terbuat dari jenis kayu konstruksidan jenis kayu yang tidak dimakan rayap, tangga yang terbuat dari beton atau tangga baja ringan.

Perlu diketahui bahwa material baja ringan kini mulai banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuat tangga. Selain dapat menjadikan rumah biasa menjadi mewah, baja ringan juga sangat cocok diterapkan pada desain rumah minimalis. Tidak hanya dari segi estetika, berikut ini adalah beberapa kelebihan tangga baja ringan yang perlu Anda ketahui, yakni:

  • Mudah diaplikasikan. 

Baja merupakan salah satu material yang dapat digunakan dalam berbagai macam kegunaan di dalam sebuah hunian. Salah satunya adalah sebagai tangga baja ringan. Tidak hanya dapat fungsional namun tangga baja ringan juga indah dari segi estetika.

  • Daya tahan kuat. 

Meskipun tidak terlihat sekokoh tangga beton, tangga baja ringan juga memiliki daya tahan yang kuat. Selain itu, material ini terbuat dengan lapisan anti karat yang dapat menahan serangan rayap serta api. Inilah yang menjadikan salah satu alasan tepat, mengapa tangga baja ringan banyak diterapkan di berbagai jenis-jenis rumah tinggal.

  • Aman digunakan. 

Dari segi keamanan, pemakaian tangga baja ringan juga sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Selain aman, tangga ini dapat menahan goncangan gempa. Dikatakan pula resiko bahaya gempa pada tangga baja ringan jauh lebih kecil dibandingkan dengan tangga kayu.

  • Fleksibel. 

Material ini juga sangat fleksibel digunakan. Dalam artian, baja ringan dapat menyesuaikan dengan bentuk tangga yang diinginkan.

Membuat tangga baja ringan sebenarnya tidak terlampau sulit. Akan tetapi, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan dalam proses pembuatan tangga ini. Beberapa point tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan rencana pembuatan tangga baja ringan harus  dipikirkan secara matang. Sediakan pula gambar perencanaannya, agar proses pelaksanaan berjalan dengan mudah. Untuk merancang tangga yang sesuai, dapat menggunakan tenaga ahli seperti arsitek, ahli sipil dan sebagainya.
  • Pembuatan tangga baja harus mengacu pada standar yang telah berlaku. Sebab tangga tidak hanya digunakan oleh orang dewasa, namun juga anak-anak hingga lansia. Untuk anak tangga idealnya menggunakan ketinggian 15-20 cm, agar aman dan tidak cepat merasa lelah. Untuk lebar anak tangga sendiri berukuran 28-30 cm, menyesuaikan dengan ukuran umum telapak kaki orang Indonesia. Point terakhir adalah minimal lebar tangga yakni 70 cm. Jika kurang dari angka tersebut, tangga akan cenderung terasa sempit dan tidak aman ketika digunakan.

Langkah-langkah membuat tangga dari baja ringan yang dapat dilakukan. Berikut ini adalah detailnya :

  • Mempersiapkan alat dan bahan

Sebelum membuat tangga dari baja ringan, diperlukan alat dan bahan terlebih dahulu. Diantaranya adalah baja ringan itu sendiri, scaffolding atau tangga dan berbagai alat lain yang menunjang kegiatan pelaksanaan.

  • Membuat garis acuan

Setelah semua alat telah dipersiapkan, pada area kerja dapat membuat garis acuan tangga dengan menggunakan bantuan benang atau spidol, yang digoreskan pada dinding. Ukuran ini harus menyesuaikan dengan gambar kerja yang telah dirancang sebelumnya. Sebelum memulai proses perakitan, ukuran ini terlebih dahulu di cek menggunakan meteran.

  • Merakit baja ringan

Selanjutnya, material baja ringan dalam bentuk tangga ini sebenarnya sudah dapat dipesan melalui pabrik. Namun pemilik rumah dapat menyesuaikannya kembali dengan ukuran tangga di rumah. Baja ringan tersebut kemudian dipasangkan ke posisi tangga.

itulah beberapa informasi dari baja ringan yang peruntukkannya tidak hanya pada rangka atap rumah saja, namun juga dapat diaplikasikan pada bagian bagian rumah lainnya.

Sumber : Google

Related posts

Bisnis Baja Ringan Yang Menggiurkan

Rizal

Sejarah Baja Ringan Yang Harus Kau Tahu

Rizal

Penggunaan Baja Hollow Pada Rangka Atap

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami