Blog Konstruksi

Struktur Rangka Atap Bangunan

Struktur Rangka Atap Bangunan – Rangka atap adalah suatu komponen penting yang ada dalam suatu bangunan . rangka atap berfungsi sebagai penopang tekanan atap dan menyalurkan tekanan bangunan ke struktur lainnya yang ada di bawah nya. Struktur ini mungkin jarang kita lihat karena tertutup genteng . Struktur ini sama penting nya dengan struktur – struktur lainnya yang ada pada bangunan untuk membangun bangunan yang berdiri kokoh.

Rangka atap juga memiliki struktur – struktur yang ada didalam nya. Semua struktur – struktur di dalam rangka atap memiliki fungsi nya masing – masing . Mungkin diantara kalian belum mengetahui struktur – struktur apa saja yang ada yang ada di dalam rangka atap . Jika anda belum mengetahui struktur – struktur yang ada di dalam nya , berikut ini adalah penjelasan struktur – struktur yang terdapat di dalam rangka atap .

Struktur -Struktur Yang Terdapat Pada Rangka Atap antara lain :

  1. Kuda – Kuda
  2. Bubungan (Nok)
  3. Gording
  4. Reng
  5. Usuk
  6. Jurai luar dan dalam
  7. Penutup atap

Jika sudah mengetahui struktur – struktur yang terdapat pada rangka atap , sekarang akan membahas fungsi – fungsi dari struktur – struktur tersebut .

Fungsi Dari Struktur Rangka Atap

Kuda – Kuda

Kuda – Kuda memiliki fungsi yang sangat besar dalam pembuatan Rangka Atap . Fungsi dari kuda – kuda adalah menopang semua tekanan yang ada pada rangka atap dan langsung menyalurkan nya ke struktur bangunan yang ada di bawah rangka atap . Posisi kuda – kuda ada di ujung dan tengah rangka atap .

Bubungan (Nok)

Balok nok atau bubungan adalah struktur yang mengikat kuda – kuda satu dengan yang lainnya . posisi nya yang memanjang dan seusai dengan panjang rangka atap yang di bangun biasa nya balok nok ini memiliki ukuran kayu 8/12 , 6/12 dan masih banyak lainnya.

Gording

Gording adalah struktur tempat tumpuan dari struktur rangka atap lainnya seperti Reng, Usuk dan penutup atap. Karena beban yang di berikan sangat besar maka bahan yang di perlukan sama besar nya dengan tekanan. Biasa nya gording ini di buat dengan bahan kayu 8/12 . 6/12 dan lainnya .

Baca juga : Memilah Memilih Baja Ringan yang Berkualitas

Usuk

Usuk adalah struktur rangka atap Baja Ringan yang menjadi tumpuan dari struktur rangka atap yang ada di atas nya dan menyalurkan tekanan ke struktur rangka atap lainnya. Struktur yang ada diatas usuk adalah reng dan penutup atap yang memiliki tekanan langsung dari luar bangunan. Posisi usuk memanjang dari ujung satu kuda – kuda satu sama lainnya .

Bahan dari usuk adalah kayu kaso dengan ukuran 4/6 , 5/7 dan lain sebagainya.

Reng

Reng adalah struktur rangka atap yang letak posisi nya tepat di bawah penutup atap, dan menyalurkan tekanan penutup atap ke struktur lain di bawah nya. Reng juga memiliki fungsi sebagai tempat bersandar nya penutup atap . Posisi reng tegak lurus ke atas berlawanan arah dengan usuk. Kayu yang biasa di gunakan adalah 2/4 , 4/6 dan lain sebagai nya .

Penutup atap

Penutup atap atau yang biasa kita sebut dengan genteng memiliki fungsi sebagai penahan tekanan yang di hasilkan cuaca , seperti tekanan angin dan tekanan air hujan saat hujan turun . banyak pilihan penutup rangka bangunan untuk atap yang bisa jadi referensi yang akan anda gunakan.

Baca juga : Jenis Struktur Bentang Lebar yang Bisa Dijadikan Bangunan dengan Skala Menengah.

Jurai

Jurai adalah sambungan antar bidang atap satu dengan yang lainnya . Namun jika rumah atau bangunan hanya lantai satu biasa hanya menggunakan satu bidang atap atau hanya menggunakan bubungan (Nok) . Jurai ini hanya berfungsi di rumah – rumah memiliki atap dengan lebih dari satu bidang . Jurai sendiri terbagi menjadi dua yaitu Jurai Luar dan Jurai Dalam. Untuk Jurai Luar adalah bagian yang tajam pada atap, berjalan dari garis tiris atap sampai bubungan, dan terdapat pada pertemuan dua bidang atap pada sudut bangunan yang mengarah keluar, untuk Jurai Dalam adalah bagian tajam pada atap, berjalan dari garis tiris atap sampai bubungan, dan terdapat pada pertemuan dua bidang atap pada sudut bangunan kearah dalam.  

Sumber Google

Related posts

Pemasangan Atap Baja Ringan

Rizal

Rumah Dengan Atap Limas Baja Ringan

Rizal

Genteng Untuk Baja Ringan

Rizal

7 comments

Bedakan Jenis Baja Galvalume , Galvanis, Zincalume | Baja Ringan System March 14, 2019 at 3:28 am

[…] Baca juga : Struktur Rangka Atap Bangunan […]

Reply
Mengenal Lebih Jauh Baja Ringan System | Baja Ringan System March 14, 2019 at 3:31 am

[…] Baca juga : Struktur Rangka Atap Bangunan […]

Reply
Jenis Baja Galvalume , Galvanis, Zincalume | Baja Ringan System March 22, 2019 at 4:13 am

[…] Baca juga : Struktur Rangka Atap Bangunan […]

Reply
Jenis Baja Galvalume , Galvanis, Zincalume - Magna System April 6, 2019 at 3:44 pm

[…] Baca juga : Struktur Rangka Atap Bangunan […]

Reply
Mengenal Lebih Jauh Baja Ringan System - Magna System April 6, 2019 at 3:44 pm

[…] Baca juga : Struktur Rangka Atap Bangunan […]

Reply
Jenis Baja Galvalume , Galvanis, Zincalume - Harga Baja Ringan April 8, 2019 at 2:43 am

[…] Baca juga : Struktur Rangka Atap Bangunan […]

Reply
Mengenal Lebih Jauh Baja Ringan System - Harga Baja Ringan April 8, 2019 at 2:43 am

[…] Baca juga : Struktur Rangka Atap Bangunan […]

Reply

Leave a Comment

Hubungi Kami