Blog Konstruksi

Struktur Bentang Lebar Bisa Dijadikan Bangunan

Struktur Bentang Lebar

Jenis Struktur Bentang Lebar yang Bisa Dijadikan Bangunan dengan Skala Menengah – Bangunan bentang lebar merupakan bangunan yang memungkinkan penggunaan ruang bebas kolom yang selebar dan sepanjang mungkin. Bangunan bentang lebar biasanya digolongkan secara umum menjadi dua, yaitu bentang lebar sederhana dan bentang lebar kompleks. Bentang lebar sederhana berarti bahwa konstruksi bentang lebar yang ada digunakan langsung pada bangunan berdasarkan teori dasar dan tidak dilakukan modifikasi pada bentuk yang ada. Sedangkan bentang lebar kompleks merupakan bentuk struktur bentang lebar yang dilakukan modifikasi dari bentuk dasar, bahkan kadang dilakukan penggabungan terhadap beberapa sistem struktur bentang lebar.

Struktur bentang lebar adalah suatu struktur yang diciptakan untuk bangunan yang memiliki bentangan yang sangat lebar atau luas, dengan pemanfaatan ruang secara maksimal (dapat berupa pentiadaan kolom di tengahnya). Jenis-jenis struktur bentang lebar pun sangat beragam. Beberapa yang saya pelajari adalah Struktur Portal, Struktur Kabel, Struktur Membran, Struktur Cangkang, Struktur Rangka Ruang, Struktur Pneumatik (Balon). Berikut ini adalah sedikit gambaran mengenai struktur-struktur tersebut,yang bisa diaplikasikan pada bangunan skala menengah. 

  • Struktur Portal

Struktur Portal adalah struktur yang terdiri dari rangka batang-batang dan saling berhubungan satu sama lain, biasanya struktur tersebut membentuk segitiga yang statis 2 dimensi ( contoh seperti kuda-kuda). Dimana untuk menghubungkan batang-batang tersebut harus menggunakan sistem joint. Jenis-jenis sistem joint tersebut adalah :

  • – Sistem Mero
  • – Sistem Oktaplate
  • – Sistem Mannesman
  • – Sistem Unistrut
  • – Sistem Tridome
  • – Sistem Triodetik
  • – Sistem Conrad Wachsmann
  • Struktur Kabel

Prinsip dasar dari struktur kabel adalah penahanan beban oleh sebuah elemen yang berfungsi sebagai penarik. Gaya yang bekerja pada kabel adalah gaya vertikal dan gaya horizontal dengan asumsi bahwa kabel selalu berada dalam keadaan miring.

Baca juga : Alasan Untuk Memakai Konstruksi Baja Pada Lapangan Futsal

Gaya vertikal yang bekerja pada berbagai macam jenis kabel dengan berbagai bentangan yang sama dan tinggi yang berada adalah selalu sama, sedangkan gaya horizontalnya akan selalu berubah tergantung tingginya. Semakin tinggi tiangnya, semakin kecil sudut kabel terhadap tiang utamanya, maka semakin kecil gaya horizontalnya.

  • Struktur Membran

Adalah struktur yang menyerupai tenda, biasanya struktur ini berdiri dengan bantuan struktur kabel. Terbuat dari bahan yang ringan seperti contoh paying dari kain sangat cocok untuk daerah berangin kencang dan beriklim ekstrim seperti daerah gurun yang terdapat di Timur Tengah. Seklet dari rusuk-rusuk baja menerima tarikan dari kain dan memperkuat seluruh permukaan bidang terhadap tekanan angin.

Ada dua karakter dasar dari kemampuan membran. Tegangan Membran terdiri atas Tarik dan geser, yang selalu ada dalam permukaan bidang membran dan tidak tegak lurus di atas bidang itu. Aksi membran pada dasarnya tergantung pada karakteristik bentuk geometrinya, yaitu dari lengkungan dan miringnya beban membran.

  • Struktur Rangka Ruang

Adalah struktur yang terbentuk dari batang-batang juga, hampir sama dengan struktur portal. Namun, pada struktur ini batang-batang yang terbentuk, membentuk suatu ruang 3 dimensi seperti limas. Untuk penghubungnya tetap menggunakan sistem joint.

  • Struktur Cangkang

Adalah struktur yang terinspirasi dari bentuk-bentuk cangkang yang berada di alam, contohnya saja seperti cangkang telur, cangkang kura-kura, kepiting, dll. Struktur ini dapat terbentuk dari berbagai macam bahan seperti beton bertulang dan bentuknya melengkung sehingga tampak dinamis. Beban seutuhnya disalurkan melalui dinding strukturnya.

Struktur cangkang selalu memerlukan penggunaan cincin tarik pada tumpuannya. Dikarenakan tipisnya permukaan cangkang menyebabkan tidak adanya tahan momen yang berarti struktur cangkang sangat cocok digunakan untuk memikul beban merata pada atap gedung.

  • Struktur Lipat

Adalah struktur yang terbentuk dari lipatan-lipatan, semakin banyak lipatan maka semakin kuat struktur yang menopang beban. Lipatan tersebut dihubungkan dengan pengaku atau yang disebut Steffener. Contoh Struktur ini adalah Mesjid Raya di Kuala Lumpur, Malaysia.

  • Struktur Pneumatik (balon)

Adalah struktur dimana ruang yang ada terbentuk dengan memanfaatkan tekanan udara lengkungan kubah adalah bentuk yang cocok untuk struktur ini, karena dapat menutupi ruang dan dapat ditekan oleh udara yang besarnya atau kecepatannya sama ke semua arah. Struktur Pneumatik biasanya digunakan untuk konstruksi pneumatik khusus yang digunakan pada gedung.

Baca juga : Memilah Memilih Baja Ringan yang Berkualitas

Ada dua kelompok utama pada struktur Pneumatic struktur yang ditumpu udara (air suported structure) dan struktur yang digelembungkan udara (air infalated structure). Struktur yang ditumpu udara terdiri atas satu membran menutup ruang yang beguna secara fungsional) yang ditumpu oleh perbedaan tekanan internal kecil. Struktur yang digelembungkan udara ditumpu oleh kandungan udara bertekanan yang menggelembungkan elemen-elemen gedung.

Volume internal udara gedung tetap sebesar tekanan udara Struktur yang digelembungkan udara mempunyai mekanisme beban pikul yang lain. Udara yang ditekan digunakan untuk menggelembungkan bentuk-bentuk, misalnya pelengkung, dinding, atau kolom yang digunakan untuk penutup gedung.

Sumber Google

Related posts

Plafon Atap Untuk Rumah Anda

Nasuha

Apa Itu Atap Spandek Yang Berada di Rumah Kita

Rizal

Kenapa Konstruksi Baja Ringan Digandrungi

SystemBajaRingan

2 comments

Struktur Rangka Atap Bangunan | Baja Ringan System March 14, 2019 at 3:25 am

[…] Baca juga : Jenis Struktur Bentang Lebar yang Bisa Dijadikan Bangunan dengan Skala Menengah. […]

Reply
Bedakan Jenis Baja Galvalume , Galvanis, Zincalume | Baja Ringan System March 14, 2019 at 3:28 am

[…] Baca juga : Jenis Struktur Bentang Lebar yang Bisa Dijadikan Bangunan dengan Skala Menengah. […]

Reply

Leave a Comment

Hubungi Kami