Baja Ringan Blog Desain

Software Baja Ringan Apa yang Sering Digunakan?

Sofware Baja Ringan Apa yang Sering Digunakan?

Perkembangan teknologi struktur rangka atap saat ini semakin maju. Struktur rangka atap yang semula mudah terserang dan bebannya sangat berat berubah menjadi tahan karat dan bebannya sangat ringan. Meskipun ringan tapi kekuatannya sangat maksimal.

Untuk menggunakannya tidak sembarangan asal pilih material, karena jika tidak kuat maka bangunan akan runtuh. Untuk memilih material baja ringan yang kuat namun tetap ekonomis diperlukan perhitungan yang cukup rumit.

Bagi masyarakat umum yang tidak banyak mengenal teknik sipil mungkin cukup rumit, solusinya adalah menggunakan software baja ringan untuk memudahkan dalam perencanaan membuat sebuah rangka atap baja ringan.

Apa yang dihitung dalam perencanaan atap baja ringan?

  • Jenis atau dimensi baja yang cocok untuk digunakan, tidak kekecilan agar tidak roboh, juga tidak kebesaran agar tidak boros
  • Metode penyambungan, berapa baut yang akan digunakan dan berapa jarak pemasangannya

Bagian-bagian yang dihitung dalam software baja ringan antara lain yaitu:

  • Geometri Struktur
  • Rencana Gording
  • Perhitungan dengan metode pemotongan yang terdiri dari Beban Mati, Beban Hidup, Beban Angin, dan Kombinasi Beban
  • Rencana Dimensi Batang Tekan dan Tarik
  • Rencana Buhul
  • Rencana Peletakan
  • Kontrol dalam kelendutan rangka, metode beban virtual

Sofware Baja Ringan yang sering digunakan adalah :

  • Tekla

Tekla adalah rangkaian produk perangkat lunak yang terdiri dari program untuk analisis dan desain, perincian, dan komunikasi proyek.Perangkat lunak Tekla diproduksi oleh Trimble, perusahaan teknologi terdaftar di AS.

Perangkat lunak pemodelan informasi bangunan (BIM) 3D yang digunakan dalam industri bangunan dan konstruksi untuk perincian baja ringan , beton pracetak. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola model struktural 3D dalam beton atau baja, dan memandu mereka melalui proses dari konsep hingga fabrikasi.

  • SAP 2000

SAP 2000 merupakan Program SAP2000 merupakan pengembangan SAP (structure Analysis Program) yang dibuat oleh Prof. Edward L. Wilson dari University of California at Berkeley, US sekitar tahun 1970. pada tahun 1975 dibentuklah perusahaan Computer & Structure, Inc. dipimpin oleh Ashraf Habibullah yang bertujuan untuk melayani keperluan komersial.

Program SAP2000 dapat melakukan perhitungan analisis struktur statik / dinamik, saat melakukan desain penampang beton bertulang maupun struktur baja, SAP2000 juga menyediakan metode interface (antarmuka) yang secara grafis mudah digunakan dalam proses penyelesaian analisis struktur. Pada umumnya SAP2000 digunakan untuk menganalisis struktur bangunan atas, sehingga jarang orang menggunakan untuk analisis pondasi bangunan. Orang lebih suka menggunakan SAFE untuk desain pondasi.

  • Autocad

AutoCAD adalah suatu Aplikasi Desain Dibantu komputer (Computer Aided Design) yang digunakan untuk mendesain  atau penyusunan model dalam bentuk 2D dan 3D.

Program AutoCAD ini memiliki banyak perintah AutoCAD yang dapat digunakan untuk membuat perancangan dan juga memiliki banyak fasilitas dan fitur untuk pemodelan objek-objek desain sehingga banyak digunakan diberbagai bidang spesialis perancangan seperti arsitek, sipil, mesin dan lain sebagainya.

Itulah beberapa software baja ringan yang sering digunakan pada perencanaan untuk membangun sebuah struktur rangka atap. Untuk perencanaan baja ringan untuk rangka atap lebih disarankan memilih baja ringan system, karena baja ringan system menggunakan software yang sudah terpecaya dengan pedoman standar peraturan resmi yang sudah teruji. Hal ini demi keamanan struktur agar tidak terjadi keruntuhan akibat perhitungan yang tidak tepat.

Sumber : Google

Related posts

Proses Pelapisan Galvanis Elektroplating dengan Hot Dip Galvanizing

Nasuha

Baja Ringan Batangan atau Baja Ringan System?

Nasuha

Beberapa Macam Jenis Hollow di Pasaran

SystemBajaRingan

Leave a Comment

Hubungi Kami