Baja Ringan Blog Konstruksi

Sambungan Baja Ringan GIGASTEEL

Ketahui Sambungan Baja Ringan GIGASTEEL

Rangka atap adalah suatu komponen penting yang ada dalam suatu bangunan . rangka atap berfungsi sebagai penopang tekanan atap dan menyalurkan tekanan bangunan ke struktur lainnya yang ada di bawah nya. Struktur ini mungkin jarang kita lihat karena tertutup genteng . Struktur ini sama penting nya dengan struktur – struktur lainnya yang ada pada bangunan untuk membangun bangunan yang berdiri kokoh.

Rangka atap juga memiliki struktur – struktur yang ada didalam nya. Semua struktur – struktur di dalam rangka atap memiliki fungsi nya masing – masing. Struktur dalam suatu bangunan merupakan tiang pusat kekuatan bangunan. Bangunan sebagai suatu benda hasil karya seorang umumnya besar dan mempunyai bobot yang tinggi. Dalam mendesain bangunan seorang konstruksi bangunan harus mendirikan bangunan yang memenuhi syarat kuat, awet, indah, fungsional dan ekonomis.

Perkembangan konstruksi bangunan yang semakin maju menciptakan material yang lebih baik dan memiliki kekuatan yang tinggi. Penggunaan baja ringan sangat diminati karena memiliki beberapa keuntungan diantaranya yaitu mempunyai kekuatan, homogenitas, dan keawetan yang tinggi, bersifat elastis, daktilitas baja yang cukup tinggi, dan mudah dalam melaksanakan pemasangan dan pengerjaan.

Di setiap struktur baja ringan merupakan gabungan dari beberapa komponen batang yang disatukan dengan alat pengencang. Salah satu pengencang yang paling populer adalah baut atau self drilling screw, terutama baut dengan mutu tinggi. Baut mutu tinggi menggantikan penggunaan paku sebagai alat pengencang karena memiliki banyak kelebihan yang dimilikinya dibandingkan dengan paku.

Tidak hanya baut saja untuk sambungan baja ringan untuk konstruksi rangka atap, tapi juga ada beberapa sambungan baja ringan yang membuat rangka atap kokoh dalam kurun waktu yang lama. Berikut adalah beberapa konektor / sambungan yang ada pada struktur rangka atap.

  • Self Drilling Screw

Rangka atap baja ringan dipasaran secara khusus hanya mengenal satu tipe sambungan baja ringan yaitu Screw atau skrup tanpa baut yang berujung tajam. Saat ini di Indonesia terdapat 3 ukuran Screw, yaitu Screw berkepala 8mm yang biasanya digunakan untuk penyambungan pada bagian reng.

Lalu ada juga Screw berkepala 12mm yang biasa digunakan untuk menyambung bagian utama kuda kuda, Screw terakhir adalah screw yang berkepala 10mm biasanya dipakai untuk semua tipe sambungan baja ringan dalam struktur kuda-kuda. Dalam hal ini baik sambungan untuk reng maupun bagian kuda-kuda.

Pada struktur rangka atap dari Gigasteel memakai satu jenis Screw yaitu Screw berkepala 10mm untuk semua sambungan baja ringan, opsi ini dipilih sehingga mempermudah pemasangan kuda-kuda dan memperkecil kemungkinan kesalahan dalam pemasangan.

  • GIGAGRIP

Yang membedakan Gigasteel dengan struktur rangka atap baja ringan dari merek lain yang memakai potongan dari profil sebagai ‘plat sambungan baja ringan’ pada bagian kuda-kuda, Gigasteel memiliki konektor khusus yang mampu menahan beban dari 3 arah yaitu GIGAGRIP yang berfungsi menghubungkan kuda-kuda dengan kuda-kuda, ataupun antara kuda-kuda dengan top plate.

  • Top Plate / TRIAX

Salah satu keunggulan dari Gigasteel adalah struktur baja ringan memakai Top Plate, yang dimana kuda-kuda tidak berada diatas ring balk, akan tetapi berada diatas Top Plate/Mur Plate/Balok Tembok. Top Plate terbuat dari Box profil C dan didesain untuk dapat menahan beban terpusat dari kuda-kuda diatasnya secara tegak lurus sehingga mencegah kuda-kuda melendut karena tidak ratanya dudukan.

Patut diketahui bahwa standar pemasangan baja ringan memegang peran sangat penting guna mendapatkan fungsi yang optimal dari penggunaan material tersebut. Material ini menjadi kokoh karena sistem rangka yang terangkai jadi satu, bukan diukur dari kekuatan persatuan batang. Patut diketahui bahwa standar pemasangan baja ringan memegang peran sangat penting guna mendapatkan fungsi yang optimal dari penggunaan material tersebut.

Sumber : Gigasteel

Related posts

Membaca Peluang Usaha Baja Ringan

Rizal

Apa Itu GRC Board ? Apa Kelebihannya ?

Rizal

Pre Engineered Building Dalam Dunia Konstruksi

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami