Baja Ringan Blog

Rumah Tahan Gempa Dengan Profil Baja Ringan

Rumah Tahan Gempa

Rumah Tahan Gempa – Bencana gempa yang terjadi beberapa waktu lalu mengingatkan kita untuk lebih cermat dalam memilih material konstruksi. Salah satu material tahan gempa yang kini menjadi primadona di dunia konstruksi adalah baja ringan.

Tidak hanya itu, material-material tahan gempa perlu dirancang membentuk struktur bangunan yang baik untuk mengoptimalkan fungsinya. Begitupun dengan baja ringan, profil baja ringan perlu dirakit dengan benar agar menghasilkan struktur rumah tahan gempa.

Jika kamu tertarik membangun rumah dengan menggunakan material ini ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis profil baja ringan.

Keunggulan Konstruksi dari Profil Baja Ringan

Baja ringan merupkan material konstruksi yang kini semakin diminati karena keringanan dan ketahananya. Ia digunakan sebagai material pengganti baja konvensional dan kayu karena lebih efisien, murah, dan antirayap.

Rangka baja ringan tersusun atas lempeng-lempeng profil baja ringan yang bersifat lentur dan ringan dibandingkan rangka material lainnya. Profil baja ringan dikenal dengan fleksibilitas dan kepraktisan pemasangannya.

Baca juga : Perhatikan 6 Hal Saat Memasang Rangka Baja Ringan

Proses pemasangan profil baja ringan terbilang cepat, biasanya memakan waktu 4-5 hari jika dikerjakan oleh 3-4 orang tenaga pemasang yang sudah ahli dan familiar dengan rangka baja ringan.

Meski memiliki bobot yang ringan (9 kg/m²) dibandingkan material lainnya, seperti kayu (18 kg/m²) dan baja (25 kg/m²), rangka bangunan yang dirancang dari profil baja ringan justru dapat mengurangi beban bangunan saat terjadi guncangan.

Selain itu profil baja ringan yang dirancang dengan benar juga dapat menyokong bagian atap dengan baik. Atap sebagai bagian yang rawan ambruk jadi lebih stabil karena ditopang oleh profil yang membentuk rangka atap baja ringan.

Jenis- Jenis Profil Baja Ringan untuk Atap

Rumah Tahan Gempa – Saat membeli baja ringan, biasanya produsen telah menyediakan gambar kerja yang dapat dijadikan panduan untuk memasang profil baja ringan. Proses pemasangan profil baja ringan pun dapat dikontrol dengan baik.

Namun, tiap-tiap produsen biasanya menyediakan profil baja ringan yang berbeda-beda, baik ukuran, bentuk, maupun jenisnya. Maka dari itu, kamu perlu lebih teliti dalam menentukan jenis profil apa saja yang tepat untuk menyusun konstruksi bangunan rumahmu.

Baca juga : Mempersiapkan Membangun Rumah Sendiri, Ini Yang Harus Anda Lakukan

Untuk mendapatkan komposisi profil baja ringan yang tepat kamu perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan desain bangunan. Misalnya untuk membuat rangka atap baja ringan, jumlah dan struktur profil baja ringan perlu disesuaikan dengan bentuk dan jenis penutup atap.

Berikut adalah profil baja ringan yang umum diproduksi oleh produsen baja ringan.

Profil Baja Ringan Z

Karena berbentuk seperti huruf Z, maka profil baja ringan ini dinamai profil Z. Profil baja ringan ini berfungsi sebagai profil utama dalam penyambungan, terutama untuk struktur kuda-kuda pada rangka atap. Tituk berat profil ini berada pada bagian tengahnya,membuat profil baja ringan ini dapat dengan mudah menyeimbangkan beban di kanan-kirinya.

Profil Baja Ringan C dan W

Kedua profil baja ringan ini melengkapi fungsi sekaligus kekuatan profil baja ringan Z. Keduanya memiliki bentuk yang sama, hanya saja profil W memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan profil C.

Ketiga profil baja ringan ini Z, C, dan W berfungsi sebagai batang struktural yang memiliki ketabealan 0.8-1 mm.

Profil Baja Ringan B

Pada rangka atap baja ringan diperlukan batang penahan pada bagian penutup atap-nya (reng). Profil baja ringan B ini didesain lebih tipis dibandingkan profil baja ringan lainnya untuk dapat memenuhi fungsi tersebut.

Tips Merakit Profil Baja Ringan

Rumah Tahan Gempa – Dalam merakit profil baja ringan, pastikan kamu menggunakan alat-alat penyambung seperti sekrup dan bracket yang telah disediakan produsen. Karena berbeda profil berbeda juga jenis sekrup dan bracket-nya.

Selain menyesuaikan dengan bentuk dan jenis material bangunan, perakitan profil baja ringan perlu disesuaikan dengan beban yang akan ditopangnya. Perakitan pun harus memenuhi kaidah-kaidah yang benar.

Dengan menggunakan profil baja ringan yang tepat, struktur bangunan rumah semakin kokoh dan tahan terhadap goncangan. Yuk, sama-sama membangun hunian yang aman untuk ditinggali!

Sumber Google

Related posts

Kreasi Baja Ringan yang Menarik

Nasuha

Menggunakan Baja Ringan System? Kenapa Tidak?

Rizal

Langkah Pemasangan Atap Baja Ringan

Rizal

4 comments

Cara Memilih Arsitek Untuk Rumah Idaman kita | Baja Ringan System March 14, 2019 at 2:42 am

[…] Baca juga : Rumah Tahan Gempa Dengan Profil Baja Ringan […]

Reply
Kelebihan Membangun Rumah dengan Bata Ringan | Baja Ringan System March 14, 2019 at 2:44 am

[…] Baca juga : Rumah Tahan Gempa Dengan Profil Baja Ringan […]

Reply
Kelebihan Membangun Rumah dengan Bata Ringan - Magna System April 6, 2019 at 3:04 pm

[…] Baca juga : Rumah Tahan Gempa Dengan Profil Baja Ringan […]

Reply
Kelebihan Membangun Rumah dengan Bata Ringan - Harga Baja Ringan April 8, 2019 at 2:17 am

[…] Baca juga : Rumah Tahan Gempa Dengan Profil Baja Ringan […]

Reply

Leave a Comment

Hubungi Kami