Baja Ringan

Reng Baja Ringan Ukuran dan Bentuk

Bentuk Reng Baja Ringan

Reng Baja Ringan – adalah sebuah batangan baja ringan yang digunakan sebagai dudukan atap dari sebuah rangka atap. Reng, kadang disebut profil B, namun orang-orang di lapangan biasa menyebutnya reng baja ringan. Fungsi reng bajaringan ini sama seperti reng pada rangka kayu. Yaitu untuk tempat bertumpu genteng atau penutup atap. Reng juga berfungsi untuk mengikat kuda kuda baja tau Truss Baja Ringan dalam pembuatan rangka atap rumah/bangunan.

Bentuk dan Ukuran Reng Baja Ringan

Baja ringan reng memiliki model atau Berbentuk trapesium, berfungsi sebagai peletakan atap, pada umumnya ketebalan reng 0,45 mm dengan tinggi mulai dari 28 mm sampai dengan 40 mm.

Ada juga ukuran reng baja ringan yang lain, ukuran reng baja ringan memiliki ketebalan 0.40 mm sampai 0.60 mm dan tinggi profil baja ringan memiliki ukuran mulai dari 70 mm sampai 100 mm.

Adapun jenis dan ukuran ketebalan Reng

  • Jenis Tebal
  • Reng RR 050 (AZ 100) (Regular Besar) 0.51mm
  • Reng RR 045 (AZ 100) (Regular Besar) 0.46mm
  • Reng RC ( AZ 70 ) Besar 0.45mm
  • Reng RJ ( AZ 70 ) Kecil 0.45mm

Aksesories meliputi :

  • Bracket L, profil tebal 1,5 mm
  • Dynabolt, diameter 12 mm, panjang 100 mm
  • Baut, type self drilling screw. (Ukuran : 12-14×20 bright zinc (untuk truss) 10-16x bright zinc (untuk reng )

RENG BAJA RINGAN TERBUAT DARI BAHAN ZINC SEHINGGA MEMBUATNYA MENJADI ANTI KARAT. KEUNGGULAN YANG LAIN DARI BAHAN ZINC ADALAH KEKUATANNYA TERHADAP KONDISI ALAM INDONESIA

Kegunaan Reng Bajaringan

Kegunaan Reng Bajaringan

Kegunaan Reng Bajaringan

Reng Baja Ringan adalah sebuah batangan bajaringan yang digunakan sebagai dudukan atap dari sebuah rangka atap. Reng, kadang disebut profil B, namun orang-orang di lapangan biasa menyebutnya reng baja ringan. Fungsi reng bajaringan ini sama seperti reng pada rangka kayu. Yaitu untuk tempat bertumpu genteng atau penutup atap. Reng juga berfungsi untuk mengikat kuda kuda baja tau Truss BajaRingan dalam pembuatan rangka atap rumah/bangunan.

Reng juga memiliki fungsi sebagai tempat bersandar nya penutup atap. Posisi reng tegak lurus ke atas berlawanan arah dengan Usuk

Aplikasi Baja Ringan untuk Rangka Atap

Rangka atap adalah struktur bangunan yang posisinya berada di atas bangunan yang berdiri. Rangka atap memiliki beberapa struktur salah satunya adalah kuda-kuda. Rangka atap ini berdiri tepat di atas ring balk yang memungkinkan penyaluran tekanan langsung ke struktur bangunan lain yang berada di bawahnya.

Rangka Atap memiliki fungsi menyalurkan tekanan dari atap ke struktur bangunan lainnya yang berada di bawahnya. Rangka atap juga memiliki fungsi sebagai penahan atap dari tekanan-tekanan yang diberikan dari atap itu sendiri. Dalam perkembangan jaman rangka atap pun ikut berkembang yang biasanya bahan yang dering digunakan adalah balok kayu dengan seiring perkembangan jaman balok kayu pun mulai ditinggalkan dan beralih ke baja ringan.

Pada dasarnya penggunaan bajaringan untuk rangka atap memakai 2 komponen utama, yaitu kanal C dan reng. Kanal C berperan sebagai pengganti Kaso (kayu rangka) yang nantinya dirangkai menjadi struktur rangka atap. Sedangkan reng berfungsi untuk mengikat kuda-kuda dan gording, dimana posisi reng melintang di atas kuda-kuda dan gording, sehingga membentuk sebuah kerangka yang kokoh dan kuat. Lempengan reng merupakan profil bajaringan yang paling kecil. Fungsinya sebagai tempat untuk menopang genteng atau jenis atap lainnya dan sebagai pengatur jarak genteng agar lebih tertata rapi.

Dari Berbagai Sumber Google

Related posts

Sejarah Baja Ringan Yang Harus Kau Tahu

Rizal

Atap Metal Pasir, Apa Kelebihannya?

Nasuha

Perbedaan Baja dan Baja Ringan

Nasuha

Leave a Comment

Hubungi Kami