Konstruksi

Rangkuman Artikel 3

Berikut kami sajikan rangkuman artikel Baja Ringan System

Table of Contents

Kegunaan Semen Putih Yang Perlu Diketahui

Terdapat dua jenis semen yang umum digunakan untuk membuat bangunan. Keduanya ialah, semen biasa yang punya warna abu-abu dan semen putih. Ternyata kegunaan semen putih ini banyak sekali dan belum terlalu diketahui oleh masyarakat . Apa saja ? Semen berwarna putih (White Portland Cement) biasanya lebih banyak digunakan untuk dekorasi luar. Kegunaan semen putih ini pada dasarnya sama dengan semen abu. Namun begitu, warna putih yang dimilikinya bisa memberikan kesan berbeda untuk tampilan rumah. Itu sebabnya, semen dengan warna putih ini kerap dimanfaatkan untuk beberapa unsur rumah secara khusus.

Baja Canai Dingin, Bahan Pembuatan Baja Ringan

Baja Canai Dingin, Bahan Baku Baja Ringan – Proses produksi dari Cold rolled coil (CRC) sampai dengan pelapisannya yang kemudian dikenal sebagai bahan baku baja ringan. CRC yang dikenal di Indonesia sebagai Baja Canai Dingin dan di dunia barat sebagai “white steel” merupakan baja yang berbentuk lembaran atau gulungan yang dibuat dari baja gulungan canai panas ( HRC / Hot Rolled Coil) melalui tahapan proses pembersihan permukaan dan pencanaian dingin di bawah temperatur rekristalisasi.

Memilih Arsitek Konsultan Saat Membangun Rumah

Mengunakan jasa arsitek sebagai konsultan dalam perencanaan rumah maupun bangunan sangat diperlukan. Hal ini mempermudah untuk merancang rumah maupun bangunan yang diimpikan dengan cermat dan teliti. Dengan jasa arsitek konsultan, dapat menghemat biaya pembangunan dan lebih efisien. Orang banyak beranggapan bahwa, jasa arsitek konsultan hanya menambah beban biaya.

Tren Warna Tahun 2019 Untuk Dinding Rumah

Tren Warna Tahun 2019 – Di tahun 2019 ini, tentu membutuhkan semangat baru, rencana baru, serta tampilan baru yang menyegarkan. Tidak terkecuali pada tampilan rumah. Untuk mengawali tahun, tidak ada salahnya jika ingin mendesain ulang tampilan rumah, baik itu interior maupun eksterior, agar tampak lebih segar dan ‘baru’.

Ingin Membangun Rumah Sendiri? Berikut Tipsnya

Ingin Membangun Rumah Sendiri? Berikut Tipsnya – Banyak pengembang menjual rumah atau properti lain dengan menggunakan desain yang sudah tersedia. Pengembang melakukan desain, dan membangun sesuai desainnya. Sehingga, pembeli hanya tinggal membeli hunian yang sesuai dengan desain yang telah tersedia.

Pengertian dan Fungsi Shear Wall pada Bangunan

Bagi seseorang yang sudah mempunyai pengalaman pada proyek-proyek bangunan tinggi dan bangunan tahan gempa, pastinya sering mendengar shear wall atau dinding geser. Apa itu shear wall? Shear Wall adalah jenis struktur dinding yang berbentuk beton bertulang yang biasanya dirancang untuk menahan geser, gaya lateral akibat gempa bumi. Dengan adanya Shear Wall atau dinding geser yang kaku pada bangunan, sebagian besar beban gempa akan terserap oleh dinding geser tersebut.

Apa Itu GRC Board ? Apa Kelebihannya ?

Teknologi material bangunan kini teklah maju dan berkembang. Salah satu material bangunan modern yang kini sangat sering digunakan adalah GRC Board. Penggunaan material GRC Board sangat fleksibel dan terkenal akan daya tahannya yang baik. Material satu ini kerap digunakan sebagai alternatif papan multiplek, papan kayu, papan gypsum, atau material papan-papan lainnya.

Titik Kritis Baja Ringan Atap Rumah

Pada teori arsitektur, titik merupakan pernanda sebuah posisi dalam ruang. Secara konsep, titik bersifat statis, terpusat dan tidak memiliki arah. Sebagai unsur utama di dalam bentuk, maka sebuah titik dapat digunakan untuk menandai kedua ujung sebuah garis,  persilangan antara dua garis, pertemuan garis-garis di ujung sebuah bidang atau ruang, dan juga titik pusat sebuah daerah.

Langkah Pemasangan Atap Baja Ringan

Pemasangan Atap Baja Ringan Atap merupakan salah satu elemen penting yang menentukan ciri dari suatu suatu bangunan. Maka tidak heran, sangat perlu memberikan ciri unik pada suatu rangka atap yang dibuat bermacam variasi bentuk. Namun, variasi bentuk atap tersebut harus sesuai dengan struktur konstruksi secara keseluruhan. Adapun salah satu bahan yang kini kerap direkomendasikan untuk membuat rangka atap rumah yaitu baja ringan.

Fungsi Alumunium Foil Pada Atap Rumah

Fungsi Aluminium Foil Atap Rumah – Alumunium Foil adalah pelapis atap bangunan yang fungsi utamanya sebagai insulator panas dan biasanya terbuat dari bahan yang kuat, elastis dan tahan air. Disamping mempunyai fungsi utama sebagai insulator panas produk dari ini juga membantu melindungi kebocoran akibat tampias air hujan, juga dapat melindungi plafond dari kerusakan atau melengkung karena cuaca panas.

Karakteristik Baja Pada Konstruksi Rumah

Karakteristik Baja Pada Konstruksi Rumah – Seni & Kerajinan dalam arsitektur akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 mengusulkan penyimpangan dari ornamen berlebihan dan kembalinya kebenaran dalam materi, perayaan tekstur dan kualitas biasa yang melekat dalam suatu material. Konsep ini tetap berpengaruh kuat pada arsitektur dan desain hunian modern saat ini. Dan baja adalah salah satu material yang paling ekspresif dari konsep ini.

Rangka Baja Ringan, Sering Dimanipulasi Aplikator

Kendati cara memilih rangka baja ringan (truss) yang aman sudah cukup sering ditulis termasuk di majalah ini, peristiwa ambruknya rangka atap baja ringan (kebanyakan pada bangunan publik dengan bentang panjang dan sedikit rumah tinggal) terus berulang. Awal Juni 2012 misalnya, atap gedung SD Negeri 20 Pagi Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur, yang direnovasi menggunakan rangka atap baja ringan ambruk sebelum pekerjaannya tuntas, ditengarai karena kelebihan beban.

Tips Memilih Kontraktor Baja Ringan

Borongan atau kontraktor? Merupakan hal yang umum dipertimbangkan saat hendak merencanakan pembangunan atau renovasi atap rumah hunian impian kita. Namun melihat bagaimana kita semua mengidamkan proses pembangunan atap rumah yang berkualitas baik, terorganisir, tepat waktu, namun tidak selalu butuh pengawasan. Perdebatan tidak berhenti sampai di situ karena memilih jasa kontraktor baja ringan yang tepat adalah tantangan lain yang harus dihadapi.

Apa Yang Dapat Dihasilkan dari Baja Ringan???

Baja ringan adalah baja canai dingin dengan kualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis namun kekuatannya tidak kalah dengan baja konvensional. Baja ringan memiliki tegangan tarik tinggi (G550). Baja G550 berarti baja memiliki kuat tarik 550 Mpa (Mega Pascal). Baja ringan adalah Baja High Tensile G-550 (Minimum Yeild Strenght 5500 Kg/M2) dengan standar bahan ASTM A792, JIS G3302, SGC 570.

Definisi Baja Ringan, Material Bangunan Populer

Definisi Baja Ringan adalah baja yang berkualitas tinggi dan ringan yang memiliki kekuatan yang tidak kalah baik dengan baja konvesional umumnya, ketebalan baja ringan bermacam -macam mulai dari 0.20mm dampai dengan 1.00mm dan disesuaikan menurut fungsinya. Baja Ringan sendiri merupakan logam campuran yang terdiri dari besi (Fe),Almunium (Al),seng (Zn),Tembaga (Cu) dan titanium (Ti) yang merupakan logam murni.

Tangga Rumah dari Baja Ringan?? Kenapa Nggak.

Sebuah rumah yang memiliki lebih satu lantai biasanya akan menggunakan tangga. Tangga berfungsi sebagai penghubung antara lantai satu dengan lantai lainnya. Namun sebenarnya, fungsi tangga tidak hanya sebatas ini saja. Tangga juga dapat menjadi elemen dekorasi pada rumah tinggal, yang memberikan nilai estetika pada rumah.

Pergola Baja Ringan, Buat Rumah Nyaman

Pergola adalah fitur taman luar ruangan yang membentuk jalan setapak yang teduh, lorong, atau area tempat duduk dari tiang atau pilar vertikal yang biasanya mendukung balok silang dan kisi terbuka yang kokoh, sering kali di atas pohon anggur kayu dilatih. Asal usul kata ini adalah pergula Latin Akhir , mengacu pada eave yang memproyeksikan. Sebagai jenis gazebo , gazebo juga bisa merupakan perpanjangan dari sebuah bangunan atau berfungsi sebagai perlindungan untuk teras terbuka atau penghubung antara paviliun . Mereka berbeda dari terowongan hijau , dengan terowongan hijau menjadi jenis jalan di bawah kanopi pohon.

Kusen Baja Ringan, Pengganti Kusen Kayu

Kusen adalah suatu rangka dari balok kayu atau dari bahan lainnya, seperti plastik, UPVC, alumunium yang dihubungkan sedemikian rupa sesuai dengan kaidah suatu konstruksi, fungsi serta selera dari pemilik bangunan. Fungsi utama dari kusen yaitu untuk perletakan daun pintu, jendela, kaca dan tralis, selain fungsi tersebut bentuk dan variasi kusen akan menambah keindahan atau estetika dari bangunan.

Penggunaan Baja Ringan Solusi Menjaga Hutan

Sejumlah warga di Kabupaten Sidenreng Rappang atau (Sidrap), Sulawesi Selatan, mengganggap penggunaan baja ringan menjadi solusi untuk menghindari pemanasan global. Sofyan Ibdila seorang konsumen yang menggunakan bahan baku baja ringan berpendapat penggunaan baja ringan pada setiap proyek, akan memberikan dampak positif terhadap daya tahan bangunan itu sendiri, karena tidak lagi termakan rayap, dan jauh dari penggunaan bahan baku kelas rendah.

Jenis Baja Ringan Taso dan Kenali Kelebihannya

Jenis Baja Ringan Taso – yang sangat populer di pasaran adalah baja ringan taso. Rangka baja ringan taso menggunakan teknologi terbaru untuk struktur atap yang menerapkan konstruksi baja yang kuat tetapi ringan. Baja ringan taso terbuat dari bahan atap galvalume, yaitu material baja dengan pelapisan yang mengandung unsur karbon, alumunium dan zinc yang tahan terhadap korosi dan sesuai standard ISO.

Konstruksi Baja Magna System

Konstruksi merupakan suatu kegiatan membangun sarana maupun prasarana. Dalam sebuah bidang arsitektur atau teknik sipil, sebuah konstruksi juga dikenal sebagai bangunan atau satuan infrastruktur pada sebuah area atau pada beberapa area. Secara ringkas konstruksi didefinisikan sebagai objek keseluruhan bangun(an) yang terdiri dari bagian-bagian struktur. Misal, Konstruksi Struktur Bangunan adalah bentuk/bangun secara keseluruhan dari struktur bangunan. contoh lain: Konstruksi Jalan Raya, Konstruksi Jembatan, Konstruksi Kapal, dan lain lain.

Fitur Unggulan MAGNA SYSTEM

Sistem konstruksi bangunan baja pra rekayasa atau pre-engineered steel building (PEB) Magna System memiliki rentang aplikasi yang luas dengan banyak fitur unggulan. Fitur-fitur unggulan konstruksi baja pada umumnya antara lain kecepatan pemasangan, homogenitas struktur da fleksibilitas aplikasi yang tinggi juga dimiliki Magna System. Selain itu, Magna System masih memiliki sejumlah fitur unggulan tersendiri yang merupakan fitur khas “bawaan” PEB-Light. Setidaknya ada 5 fitur unggulan Magna System, yaitu cepat, rapi dan akurat, mudah dipasang, kuat serta usia pakai panjang dan ekonomis.

PEB-Light MAGNA SYSTEM

Magna System merupakan sebuah sistem konstruksi bangunan baja pra rekayasa atau pre-engineered steel building yang kerap disebut sebagai “PEB”. Material PEB-Light Magna System terbuat dari pelat baja canai dingin (cold-rolled steel atau cold-formed steel) dengan ketebalan relatif tipis namun dengan mutu baja tinggi. Lembaran baja ini dibentuk dengan mesin roll-form membentuk profil (section) tertentu, bisa “C”, “Z”, atau omegasection.

Inovasi Magna System Di Construction Fun Day

Penyelenggaraan acara Construction Fun Day 2019 pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2019 yang diadakan di sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta banyak produk – produk konstruksi ikut serta meramaikan acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan juga Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia atau (Gapensi).

GALVANIS, PERISAI ANDALAN MAGNA SYSTEM

Sesungguhnya SEMUA logam (metal) punya kecenderungan alami untuk kembali ke keadaan seperti waktu berbentuk bijih (metal ore), jika terpapar kondisi atmosfir terus menerus. Salah satu bentuk kondisi ini adalah korosi, dan paling jelas terlihat pada besi (iron). Baja (steel) yang merupakan campuran (alloy) antara besi, karbon dan bahan-bahan lainnya itu tak luput dari proses korosi jika dibiarkan terekspos udara terbuka (kondisi atmosfir).

Apa Itu PEB? Ini Dia Penjelasannya

Kebutuhan akan konstruksi bangunan tak hanya kuat (struktural) dan ekonomis (harga), namun juga bisa dibangun atau dibuat dengan cepat dengan akurasi tinggi (rapi, tidak banyak proses perbaikan modifikatif di lapangan). Tuntutan konsumen tak lagi hanya seputar kekuatan prima dengan harga yang wajar. Konstruksi bangunan baja pra rekayasa atau pre-engineered steel building merupakan salah satu jawaban akan kebutuhan tersebut. Sistem konstruksi yang istilahnya kerap disingkat “PEB” ini merupakan jawaban pasti terhadap kebutuhan akan kecepatan dan kerapian seperti tersebut di atas, selain tentunya kuat dan ekonomis.

Kegunaan Konstruksi Baja PEB untuk Bangunan

PEB adalah sistem konstruksi di mana semua proses rekayasa teknik (engineering) dilakukan di luar lokasi pembangunan, atau dilakukan di workshop/pabrik tersendiri. Seluruh proses engineering mulai dari desain dan perhitungan struktur, gambar terperinci (detailing), gambar kerja (shopdrawing), gambar pemasangan/instalasi (erection/installation drawing) hingga proses fabrikasi material (materialfabrication) dilakukan secara terintegrasi di luar lokasi proyek. Setelah semua proses engineering itu selesai, seluruh material dikirimkan ke lokasi proyek dalam kondisi terurai untuk kemudian dirakit/dirangkai menjadi satu kesatuan konstruksi. Salah satu cara untuk meniadakan proses fabrikasi di lapangan adalah dengan rekayasa sistem sambungan yang menggunakan sistem baut (bolt), bukan sambungan las (welding).

Peran Pipa PVC dapat diganti Pipa Baja Ringan ?

Pipa baja ringan menjadi jenis pipa yang serbaguna. Dapat digunakan di bidang industri ataupun rumah tangga. Jenisnya dan ukurannya beragam, disesuaikan dengan kegunaannya. Tidak heran kalau pemakaian pipa jenis ini pun terus meningkat. Salah satunya adalah digunakan sebagai pipa air. Penggunaan pipa baja ringan sebagai pipa air pun lebih efektif dibandingkan jenis pipa lainnya, misalnya pipa PVC. Jenis baja ringan yang sering dipakai sebagai pipa air adalah pipa galvanis. Pipa ini terbuat dari baja ringan yang pada proses akhirnya dilapisi dengan seng sebagai pelindung.

Rumah Dengan Atap Limas Baja Ringan

Bentuk atap adalah elemen penting dalam gubahan masa bangunan, karena bentuk dari atap memberikan pengaruh besar dalam hasil akhir bentuk bangunan. Ada banyak sekali alternatif bentuk atap yang bisa kamu coba, salah satunya adalah atap limas. Atap limas sendiri merupakan salah satu jenis bentukan atap yang cukup komersil dan sering digunakan.

Ketahui Berbagai Macam Kegunaan Baja Ringan

Atap adalah salah satu pelindung utama dari sebuah rumah. Melindungi anda dari sengatan matahari, hujan deras dan angin kencang. Membangun atap berarti membangun sebuah komitmen penting. Pemasangan atap rumah berhubungan dengan pemasangan plafon rumah. Tentu saja ini berkaitan dikarenakan pentingnya atap dan plafon rumah yang memiliki fungsi berkesinambungan.

Jenis Konstruksi Baja Modern pada Bangunan

Struktur baja pada dunia konstruksi modern sering digunakan sebagai bahan struktur pada bangunan maupun jembatan. Seiring dengan berkembangnya inovasi, kebutuhan masyarakat akan tempat kegiatan atau aktifitas yang disebut fasilitas memang sangat diperlukan masyarakat. Pada proyek pembangunan gedung menggunakan struktur portal baja dengan tujuan di samping kekuatan dan proses kerja yang praktis sehingga diharapkan waktu yang direncanakan semakin singkat, baja juga mempunyai sifat lain yang menguntungkan sehingga menjadikannya sebagai salah satu bahan bangunan yang sangat umum dipakai.

Cara Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan?

Cara Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan? – Saat ini sudah banyak rumah-rumah atau gedung yang menggunakan rangka atap baja ringan, penggunaan rangka atap jenis ini selain kuat dan kokoh juga lebih tahan lama dibandingkan dengan rangka atap kayu maupun cor. Selain itu rangka atap baja ringan ini juga mudah dalam proses pemasangan maupun penggantiannya dan jika sewaktu-waktu ingin dibongkar maka tidak membutuhkan waktu yang lama. Apabila ingin memasang rangka atap baja ringan maka harus tahu terlebih dahulu berapa luas ukuran yang dibutuhkan karena apabila sampai salah perhitungan maka tidak hanya rugi dalam biaya saja namun proses pemasangannya pun juga lebih lama sebab harus menyesuaikan kembali.

Menggunakan Baja Ringan System? Kenapa Tidak?

Rangka atap merupakan bagian penting pada sebuah bangunan. Umumnya, pada rangka atap hunian rumah masih ada beberapa yang menggunakan rangka dari kayu. Kayu merupakan pilihan rangka atap dikarenakan bebannya yang berat sehingga dapat menahan beban genteng beton yang berat. Rangka atap dari kayu mungkin memiliki kelebihan yang dapat menahan berat material penutup atap. Namun, bukan berarti rangka atap dari kayu ini tidak memiliki kelemahan, beberapa kelemahan yang nyata adalah dapat keropos dalam kurun waktu yang lama, dapat merambatkan api, serta dapat terserang rayap.

Software Baja Ringan Apa yang Sering Digunakan?

Perkembangan teknologi struktur rangka atap saat ini semakin maju. Struktur rangka atap yang semula mudah terserang dan bebannya sangat berat berubah menjadi tahan karat dan bebannya sangat ringan. Meskipun ringan tapi kekuatannya sangat maksimal. Untuk menggunakannya tidak sembarangan asal pilih material, karena jika tidak kuat maka bangunan akan runtuh. Untuk memilih material baja ringan yang kuat namun tetap ekonomis diperlukan perhitungan yang cukup rumit.

Konstruksi Green House Baja Ringan. Green House merupakan sebuah bangunan yang berkerangka atau dibentuk menggelembung, diselubungi bahan bening atau tembus cahaya yang dapat meneruskan cahaya secara optimum untuk produksi dan melindungi tanaman dari kondisi iklim yang merugikan bagi pertumbuhan tanaman. Green house pada prinsipnya adalah sebuah bangunan yang terdiri atau terbuatdari bahan kaca atau plastik yang sangat tebal dan menutup diseluruh pemukaan bangunan, baik atapmaupun dindingnya. Didalamnya dilengkapi juga dengan peralatan pengatur temperature dan kelembabanudara serta distribusi air maupun pupuk.

Kandang Closed House, Inovasi Kandang Ayam

Pada dasarnya Kandang ayam pada dasarnya di bagi menjadi dua jenis. Berdasarkan Iklim natural (kandang ayam open house) serta iklim rekayasa (kandang ayam closed house). Khusus untuk di Indonesia, sekarang masih banyak kandang ayam yang berupa kandang ayam terbuka yang berpedoman pada kondisi lingkungan baik berupa kandang panggung maupun kandang postal.

Berbagai Jenis Kandang Ayam Modern

Kandang ayam Modern harus memiliki suhu yang dibutuhkan ayam sesuai umur ayam. Ketika ayam masih berumur 1 hari hingga 1 minggu dibutuhkan kandang yang memiliki suhu hangat. Sedangkan semakin bertambahnya umur ayam dibutuhkan suhu yang semakin rendah. Dengan menurunkan suhu akan dapat membuat ayam merasa nyaman dan meningkatkan konsumsi pakan,sehingga meningkatkan produktivitas daging.

Kelebihan Kandang Ayam Modern

Kandang ayam menjadi salah satu faktor penunjang kesuksesan peternakan ayam. Semakin ideal kandangnya maka kesuksesan bisa didapatkan oleh peternak. Yang harus diketahui peternak adalah setiap ayam ini memiliki kandang idealnya masing-masing, misalnya kandang ayam broiler yang ideal belum tentu cocok untuk kandang ayam layer.

Kandang Closed House, Meningkatkan Produktifitas

Tidak dapat dipungkiri bahwa kandang merupakan salah satu bagian dari kebutuhan ternak unggas yang sangat penting untuk diperhatikan terutama bagi peternak dengan sistem intensif, kandang merupakan salah satu penentu keberhasilan beternak karena kesalahan dalam konstruksi kandang dapat berakibat fatal yang berujung pada kerugian bagi peternak. Oleh karena itu, banyak peternak yang rela menghabiskan uang miliaran rupiah hanya untuk mendesain kandangnya.

Magna System Pada Konstruksi Green House

Green House (disebut juga rumahkaca dan rumahtanaman) adalah sebuah bangunan dimana tanaman dibudidayakan.Sebuah rumah kaca terbuat dari gelas atau plastik. Dia menjadi panas karena radiasi elektromagnetik yang datang dari matahari memanaskan tumbuhan, tanah, dan barang lainnya di dalam bangunan ini.

Atap Rangka Baja Ringan, Solusi Kokoh Untuk Atap

Sejak dulu, penggunaan kayu sebagai rangka atap memang sangat lazim digunakan, apalagi di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis kayu dengan kualitas dan harga yang berbeda-beda. Namun, untuk sekarang ini sudah ada alternatif pengganti kayu yang bisa digunakan sebagai penutup atau rangka atap, yaitu baja ringan adalah salah satunya.

Membaca Peluang Usaha Baja Ringan

Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. 

Awal Ditemukannya Material Baja Ringan

Prof. George Winter dari Universitas Cornell telah meriset tentang material baja ringan untuk konstruksi bangunan dimulai pada tahun 1939. Bedasarkan riset beliau maka dapat edisi tentang “Light Gauge Steel Design Manual” pada tahun 1949 atas dukungan American Iron and Steel Institute atau AISI. Sejak dikeluarkannya peraturan tersebut pada 5 dekade yang lalu, maka pemakaian material baja ringan  semakin berkembang untuk konstruksi bangunan, mulai dari struktur sekunder sampai struktur utama misalnya untuk penggunaan rangka atap bangunan komersil ataupun tempat tinggal. Walaupun termasuk dalam kategori elemen struktur yang tipis pemakaian material baja ringan telah meluas tidak hanya untuk rangka atap. Ide dari pembuatan struktur baja ringan adalah untuk mendapatkan kekuatan maksimum dari material yang tipis. Saat ini penggunaan baja ringan di Indonesia menjadi pilihan bagi masyarakat untuk mengganti rangka atap mereka dari kayu ke baja ringan.

Pre Engineered Building Pada Konstruksi Hanggar

Hanggar adalah sebuah struktur tertutup, tempat dimana pesawat bernaung di dalam sebuah gudang yang berukuran besar. Kata Hanggar berasal dari Bahasa Perancis Tengah yaitu Hanghart yang artinya kandang dekat rumah. Kata Hanggar juga berasal dari Bahasa Jerman, yaitu Haimgard yang artinya rumah-kandang atau pagar disekitar rumah. Hanggar dipergunakan untuk perlindungan pesawat dari cuaca, termasuk sinar matahari langsung, serta juga diperuntukkan sebagai tempat pemeliharaan, perbaikan, pembuatan, dan penyimpanan pesawat terbang.

Plafon Baja Ringan, Kegunaan Lain Baja Ringan

Atap rumah merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan sebab berguna untuk melindungi keluarga Anda dari cuaca hujan ataupun panas dari luar. Pembangunan atap rumah juga berhubungan dengan pemasangan plafon dari baja ringan atau yang disebut juga sebagai langit-langit. Plafon baja ringan difungsikan sebagai pembatas tinggi dari suatu ruangan serta sebagai interior permukaan atas. Tinggi rendahnya plafon dari baja ringan berpengaruh pada penampilan sebuah ruangan. Ketinggian diukur mulai dari sisi bawah bidang plafon sampai permukaan lantai.

Tips Memilih Rangka Atap Baja Ringan

Rangka atap baja ringan merupakan salah satu bahan pengganti rangka atap baja konvensional dan rangka atap dari kayu yang telah lama digunakan dalam struktur rangka atap bangunan. Namun dengan banyaknya merek dan jenis baja ringan yang beredar di pasaran, seringkali konsumen atau calon pengguna dibuat bingung dalam memilih rangka atap baja ringan.

Bagian Struktur Kuda-Kuda Baja Ringan

Konstruksi kuda-kuda ialah suatu susunan rangka batang yang berfungsi untuk mendukung beban atap termasuk juga beratnya sendiri dan sekaligus dapat memberikan bentuk pada atapnya. Kuda-kuda merupakan penyangga utama pada struktur atap. Struktur ini termasuk dalam klasifikasi struktur framework (truss). Umumnya kuda-kuda terbuat dari kayu, bambu, baja ringan, dan beton bertulang.

Sambungan Baja Ringan GIGASTEEL

Rangka atap adalah suatu komponen penting yang ada dalam suatu bangunan . rangka atap berfungsi sebagai penopang tekanan atap dan menyalurkan tekanan bangunan ke struktur lainnya yang ada di bawah nya. Struktur ini mungkin jarang kita lihat karena tertutup genteng . Struktur ini sama penting nya dengan struktur – struktur lainnya yang ada pada bangunan untuk membangun bangunan yang berdiri kokoh.

Cara Memilih Baja Ringan Yang Benar

Jika anda ingin mengganti rangka atap atau sedang membangun kosntruksi atap rumah, mungkin anda akan mempertimbangkan memakai baja ringan untuk konstruksi atap rumah. Dengan semakin banyaknya baja ringan yang dijual dipasaran, tentunya anda akan berfikir bagaimana cara memilih baja ringan yang baik. Baja yang bagus tak hanya ringan akan tetapi juga harus mempunyai faktor utama, yakni keamanan dan kekuatan bahan.

Jenis Bahan Atap Rumah Yang Perlu Anda Ketahui

Atap rumah adalah bagian dari rumah yang berberan penting sebagai protektor. Atap rumah melindungi rumah dari cuaca dan bahaya dari luar. Saat cuaca hujan maka atap menjadi pelindung rumah supaya tidak terkena hujan. Begitupun saat cuaca panas dan sinar matahari menyengat, atap juga melindungi penghuninya dari kepanasan. Namun dari semua fungsi atap rumah tersebut memiliki beberapa tingkatan atau kelebihan dan kekurangan yang dikategorikan dari bahan-bahan dasar pembuatnya. Banyak sekali macam-macam jenis bahan atap rumah yang sering dipakai oleh masyarakat umumnya di Indonesia yang memiliki cuaca panas dan hujan.

Related posts

Panel Gypsum, Material Tahan Lama

Rizal

Sambungan Baja Ringan GIGASTEEL

Rizal

Rumah Rangka Baja, Ini 5 Keuntungannya

Nasuha

Leave a Comment

Hubungi Kami