Uncategorized

Rangkuman Artikel 2

Berikut kami sajikan rangkuman artikel Baja Ringan System

Table of Contents

Rumah Lebih Aman dengan Konstruksi Baja

Konstruksi Baja Membuat Rumah Lebih Aman – Jika mendengar tentang konstruksi baja, kita pasti terpikir pembangunan dari gedung-gedung pencakar langit, pabrik-pabrik besar, atau jembatan. Ketahanan dan kekuatan baja memang tak perlu diragukan lagi. Konstruksi baja yang terkenal kokoh ini tidak hanya unggul pada kekuatan, tapi juga pada bobot dan instalasinya. Tak heran, konstruksi baja mampu membuat sebuah bangunan jadi lebih aman. Meski biaya pemeliharaannya cukup tinggi, namun hal ini sebanding dengan kelebihan yang dimiliki konstruksi.

Konstruksi Baja Membuat Rumah Lebih Aman

Rangka Atap Baja Ringan Dan Keuntungannya

Rangka Atap Baja Ringan – Meskipun memiliki nama rangka “Baja Ringan” dan memiliki bobot yang ringan, rangka atap baja ringan memiliki kekuatan tegangan tarik (tensile strength) yang tinggi yaitu sekitar 550 Mpa, lebih besar dari tegangan tarik baja konvensional yang hanya 300 Mpa. Hal ini dikarenakan sifat lentur yang dimiliki rangka atap baja ringan bisa menyerap energi dalam jumlah yang lebih besar. Tidak seperti material kayu yang bersifat lebih getas dan lebih cepat hancur. Kekuatan tegangan ini membuat rangka atap baja ringan mampu menahan keruntuhan dan menjaga kestabilan bangunan.

Rangka Atap Baja Ringan

Keuntungan Memakai Jasa Kontraktor

Keuntungan Jasa Kontraktor Konstruksi Baja – Salah satu hal yang mungkin perlu Anda ketahui yaitu bagaimana konstruksi baja bisa dibilang sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat di Indonesia. Ada banyak pengusaha property yang menawarkan berbagai pilihan desain konstruksi yang didominasi material baja. Ada beberapa faktor yang mendorong banyaknya penggunaan material baja dan salah satunya yaitu semakin jarangnya kayu digunakan. Penggunaan kayu sendiri memang sebenarnya perlu dikurangi karena lahan hijau dan hutan yang menjadi produsen kayu semakin menipis. Semakin menipisnya lahan hijau dan hutan tentu bukan hal yang sepenuhnya baik karena bisa membawa dampak-dampak yang cukup buruk pada lingkungan. Baja sendiri merupakan produk yang kuat dan memiliki banyak kelebihan dibandingkan kayu dan salah satunya yaitu kelebihan yang berkaitan dengan sifat baja yang tahan rayap yang membuat material tersebut awet dan tahan lama.

Keuntungan Jasa Kontraktor Konstruksi Baja

Pre Engineered Building Dalam Dunia Konstruksi

Pre Engineered Building (PEB) Dalam Dunia Konstruksi – Dalam struktural konstruksi, Pre Engineered Building dirancang oleh pemasok PEB atau produsen PEB, yang dibuat menggunakan bahan baku paling cocok yang tersedia dari semua sumber dan metode pembuatan yang efisien dapat memenuhi berbagai persyaratan desain struktural dan estetika. . Dalam beberapa sektor industri geografis bangunan-bangunan ini juga disebut pre-engineered metal buildings (PEMB) atau bangunan logam pra-rekayasa. Seperti yang umum terjadi karena berkurangnya jumlah pra-rekayasa yang terlibat dalam desain berbantuan komputer, maka cukup dengan istilah rekayasa bangunan logamatau engineered metal buildings (EMB).

Pre Engineered Building (PEB) Dalam Dunia Konstruksi

Atap Baja Ringan Tahan Cuaca dan Rayap

Atap Baja Ringan Tahan Cuaca dan Rayap – Konstruksi atap menggunakan material baja merupakan penemuan terbaru karena perkembangan teknlogi masa kini. Meskipun masih banyak rumah yang menggunakan kayu sebagai bahan atap, baja ringan bisa dijadikan alternatif bagi orang-orang yang ingin membangun rumah atau mengganti atap rumahnya yang masih terbuat dari kayu. Karena atap rumah merupakan bagian terpenting dalam suatu bangunan, Memilih material terbaik dan tahan lama menjadi keharusan agar menjamin kelangsungan dan keamanan bagi para penghuninya.

Atap Baja Ringan Tahan Cuaca dan Rayap

Jenis Jenis Material Rangka Atap

Jenis Jenis Material Rangka Atap – Atap merupakan bagian dari struktur bangunan yg berfungsi sebagai penutup/ pelindung bangunan dari panas terik matahari  & hujan sehingga memberikan kenyamanan bagi penggunan bangunan. Struktur atap pada umumnya terdiri dari dua bagian utama yaitu : material penutup atap & rangka atap. Penutup atap didukung oleh struktur rangka atap, yang terdiri dari kuda-kuda, gording, usuk & reng.

Jenis Jenis Material Rangka Atap

GIGASTEEL Bukan Sekedar Baja Ringan

GIGASTEEL Bukan Sekedar Baja Ringan – Bicara tentang baja ringan, sering kali dijumpai ketika proses pembangunan pada atap rumah.  Ini disebabkan penggunaan kayu yang mungkin sudah ditinggalkan, karena harganya yang terlampau mahal dan juga kualitas kayu yang mulai menurun. Pemilihan Baja Ringan untuk atap rumah mulai saat ini digunakan masyarakat, yang dinilai jauh lebih murah pemakaiannya dari kayu, namun kualitas yang diberikan lebih banyak dibandingkan penggunaan rangka atap kayu.

GIGASTEEL Bukan Sekedar Baja Ringan

Construction Fun Day 2019 Hadir Di Indonesia

Contruction Fun Day 2019 – Gapensi atau Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia menyelenggarakan Construction Fun Day dalam rangka memperingati hari jadi Gapensi yang ke 60. Digelar di sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Construction Fun Day dimulai pada pukul 06.00 sampai dengan 16.00 Acara ini akan diselenggaran selama satu hari penuh dengan berbagai rangkaian kegiatan dan kompetisi hingga pertunjukan musik dan hiburan menarik lainnya. Construction Fun Day diisi beberapa kegiatan antara lain.

Construction Warrior Meningkatkan Kualitas

Construction Warrior Meningkatkan Kualitas Pekerja Konstruksi – Acara Construction Warrior yang diadakan di Plaza Tenggara area Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta mendapat perhatian dari Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin. Dirjen Bina Konstruksi mengatakan, acara Construction Fun Day bertujuan untuk mengenalkan dunia konstruksi kepada masyarakat sehingga perlu ditindaklanjuti. Bukan hanya pada hari ini saja, karena ini merupakan suatu bukti bahwa kebijakan tentang infrastruktur itu pasti tidak terlepas dengan konstruksi dan kegiatan konstruksi tidak terlepas dari sumber daya manusianya,” terangnya.

Construction Warrior Meningkatkan Kualitas Pekerja Konstruksi

Bang Baja Ikut Serta Pada CFD 2019

Bang Baja Ikut Serta Pada CFD 2019 – Dalam rangka memeriahkan acara Construction Fun Day yang diadakan di area Gelora Bung Karno Jakarta pada tanggal 17 Maret 2019, Bang Baja turut ikut serta menjadi salah satu sponsor baja pada penyelenggaraan acara tersebut. Construction Fun Day 2019 diisi berbagai kegiatan. Acara dibuka dengan Construction Fun Run 5K, Construction Warrior, Lego Competition Building, Photography Contest, dan Construction Exhibition.

Bang Baja Ikut Serta Pada CFD 2019

Self Drilling Screw Pada Baja Ringan

Self Drilling Screw Pada Baja Ringan – Perlu diketahui bahwa pengerjaan atap adalah pengerjaan yang tidak bisa berdiri sendiri ada faktor lain yang sangat penting dalam penjamin pengerjaan rangka atap berjalan dengan baik. Alur pengerjaan atap dimulai dari desain atap, yang didalamnya terdapat penentuan bentuk atap , kemiringan serta material yang akan digunakan. Pada tahap selanjutnya dilakukan pemotongan dan perakitan. yang setelah itu dilakukan dengan pemasangan di atas ring balk. Dalam proses perakitan ada hal penting dan vital peranannya bagi struktur secara keseluruhan yaitu Screw atau biasa dikenal dengan Baut, namun pada pemasangan baja ringan memakai Self Drilling Screw. Screw ini sangat berperan penting, maka kesalahan dalam memilih dan memasang screw akan berakibat fatal bagi rangka atap rumah.

Cermati Sebelum Menggunakan Baja Ringan

Cermati Sebelum Menggunakan Baja Ringan – Struktur rangka atap berfungsi sebagai pemikul penutup atap bangunan. Penutup atap berfungsi sebagai pelindung penghuni serta pelindung dari cuaca dan sebagai pembentuk nilai arsitektual agar bangunan memiliki nilai arsitektual sesuai kebutuhan arsitek atau pemilik bangunan. Berdasarkan jenis bahan yang dipakai, struktur rangka atap yang dipakai adalah rangka kayu, rangka baja, beton dan komposit.

Memilih atap baja ringan untuk bangunan

Memilih atap baja ringan – Pemakaian baja ringan untuk membangun rumah sudah makin banyak ditemui. Bukan hanya untuk hunian rumah pribadi saja, tetapi juga untuk bangunan lainnya.Tidak sedikit orang memilih atap baja ringan karena dianggap lebih tahan lama. Dibanding memakai bahan kayu untuk atapnya yang bisa diserang pasukan rayap dan akhirnya rusak. Namun demikian, pemilihan dan pemasangan konstruksi baja ringan untuk atap tentu membutuhkan biaya lebih besar.

Kenapa Konstruksi Baja Ringan Digandrungi

Konstruksi Baja Ringan – Puluhan tahunan dunia arsitektur sudah mulai melirik bisnis properti, disamping banyak untungnya juga peminatnya tidak pernah sepi. Wajar jika tanah sawah dianggap tidak produktif lalu didaratkan, kemudian dikapling untuk usaha properti atau perumahan.

Mengenal Ketebalan Baja Ringan

Ketebalan Baja Ringan – Baja ringan atau disebut juga Cold Formed Steel (baja canai dingin) adalah komponen struktur baja dari lembaran atau pelat baja dengan proses pengerjaan dingin. Profil baja ringan yang dibentuk dari pelat-pelat yang sudah jadi ini, menjadi profil baja dalam temperatur atmosfir (dalam keadaan dingin).

adafe jytoy;sqwr242ykuto,;hb,mn;ui9;chnrs,l’p

Mencegah Korosi Pada Besi Baja

Mencegah Korosi Pada Besi Baja – Korosi adalah kerusakan atau degradasi logam akibat reaksi redoks antara suatu logam dengan berbagai zat di lingkungannya yang menghasilkan senyawa-senyawa yang tidak dikehendaki. Dalam bahasa sehari-hari, korosi disebut perkaratan. Contoh korosi yang paling lazim adalah perkaratan besi.

Jenis Penutup Atap yang belum kita ketahui

Jenis Penutup Atap Baja Ringan – Dalam suatu bangunan, atap berfungsi sebagai penutup seluruh ruangan yang ada di bawahnya. Gunanya untuk melindungi dari pengaruh panas, hujan, angin, debu, dan lain-lain. Sebagai hal terpenting dari suatu bangunan, pemilihan atap haruslah disesuaikan dengan bangunan di bawahnya, iklim setempat, model atap, biaya, serta bahan yang tersedia. Pemilihan atap hendaknya memperhatikan iklim setempat, tampak atap yang dikehendaki, biaya yang tersedia dan bahan-bahannya dengan mudah didapat di mana bangunan itu didirikan.

Konstruksi Cakar Ayam, Penemuan Membanggakan dari Tanah Air

Konstruksi Cakar Ayam, Penemuan Membanggakan dari Tanah Air – Cakar Ayam merupakan salah satu penemuan konstruksi yang membuat nama Indonesia dikenal di seluruh dunia. Sistem pondasi cakar ayam ini telah pula dikenal di banyak negara, bahkan telah mendapat pengakuan paten internasional di 40 negara, yaitu: Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, India, RRC, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Arab Saudi, Bahrain, Srilanka, Brazil, Qatar, Uni Soviet, Burma, Mesir, Afrika Selatan, Portugal, Spanyol, Argentina, Cile, Australia, Brunei Darussalam, Selandia Baru, Maroko, Jerman Barat, Jerman Timur, Inggris, Prancis, Italia, Belgia, Kanada, Amerika Serikat, Jerman Barat, Belanda; dan Denmark.

MENGUKUR JARAK KUDA KUDA BAJA RINGAN

KUDA KUDA BAJA RINGAN merupakan salah satu elemen terpenting dari struktur atap rumah baik menggunakan kayu, bambu, reng, kaso ataupun baja ringan. Fungsi utamanya ialah untuk menopang beban berat rangka pada bagian atas seperti penutup atap dan beban curah angin/hujan.

Baja Ringan Atap Rumah

Baja Ringan Atap Rumah – Pelindung utama sebuah bangunan adalah atap. Bayangkan jika Anda memiliki rumah yang megah, mahal, dengan furniture yang elegan, namun jika hujan datang harus disibukkan oleh atap rumah yang bocor. Bayangkan pula kalau tiba-tiba rangka atap rumah tiba-tiba keropos dimakan rayap. Melelahkan dan tentunya kemewahan rumah tak ada harganya lagi.

Pemasangan Atap Baja Ringan

Pemasangan Atap Baja Ringan – Pada saat pertama kemunculannya, atap baja ringan lebih sering digunakan pada bangunan berukuran besar saja. Namun saat ini, penggunaan atap dari bahan baja ringan sudah dapat diaplikasikan pada hunian rumah. Beberapa para pengembang rumah pun lebih tertarik untuk menggunakan material ini dikarenakan harga kayu yang semakin mahal serta saat ini penurunan kualitas kayu yang kurang bagus.

Genteng Untuk Baja Ringan

Genteng Untuk Baja Ringan – Membuat rumah tentu saja mempertimbangkan banyak hal, selain dari keamanan dari ukuran, bangunan, developer, arsitektur, serta tingkat kenyamanan dan lokasi. Tentu saja, faktor dari bahan-bahan dalammembangun rumah yang digunakan pun sebagai bahan bangunan itu, turut mempengaruhi kenyamanan dan keamanan. Untuk Anda yang memilih rangka atap baja ringan . Tentu ada pertimbangan atap rumah berbahan baja ringan. Selain memiliki bahan yang kuat, baja sendiri memiliki banyak keunggulan. Karena setidaknya ada banyak kelebihan atap baja ringan.

Baja RinganBlogDesain

Carport Baja Ringan Sebuah Bangunan

Carport Baja Ringan – Banyak proses yang dilakukan dalam membangun sebuah bangunan, mulai dari perencanaan hingga nanti pengerjaan finishing tiba. Untuk melakukan pembangunan juga harus banyak perhitungan yang nantinya akan dikerjakan. Dalam perhitungan juga kita harus mengetahui dahulu bagian – bagian yang ada pada bangunan yang akan dibangun. Salah satu bagian yang nantinya akan  dibangun adalah Carport.

Mengganti Atap Kayu dengan Baja Ringan

Mengganti Atap Kayu dengan Baja Ringan – Dalam perkembangannya, sebuah rumah bisa berubah bentuk. Baik dalam bentuk perubahan yang kecil atau perubahan yang besar sekalipun. Perubahan-perubahan besar ini adalah bagian tak terpisahkan seiring dengan kebutuhan pemilik rumah. Rumah minimalis yang awalnya tidak berubah, bisa sewaktu-waktu berubah ketika pemilik rumah menginginkan adanya perubahan pada beberapa bagiannya. Bisa saja dalam rentang waktu lima tahun atau sepuluh tahun.

Produsen Baja Ringan Dukung Bea Masuk Antidumping

Produsen Baja Ringan Dukung Bea Masuk Antidumping – Produsen baja ringanmerespons positif rencana pengenaan bea masuk antidumping terhadap produk baja lapis aluminium seng warna impor asal China dan Vietnam. Komite Antidumping Indonesia mengusulkan pengenaan BMAD untuk BJLAS sebesar 49% asal China dan 18% asal Vietnam.

Konstruksi Atap Baja Ringan

Konstruksi Atap Baja Ringan – Langkah untuk mengganti konstruksi atap kayu dengan material baja ringan dan genteng metal adalah langkah tepat, karena dengan mengganti material kayu dengan material alternatif ini berarti kita juga telah membantu menyelamatkan hutan dan mencegah terjadinya bencana alam.

Apa Itu Atap Spandek Yang Berada di Rumah Kita

Atap Spandek merupakan jenis atap baja yang dibuat sedimikian rupa seperti halnya seng memiliki gelombang, namun berbeda dengan atap spandek, yang bentuknya menyudut, hampir mirip denga atap gelombang biasa, namun karena bentuknya menyudut terkesa lebih manis. Hal yang membedakan dengan jenis jenis dari atap lain adalah dari bahan pembuatannya, atap seng gelombang terbuat dari seng, sedangkan spandek ini memakai lapisan zincalume.

Berbagai Macam Screw Baja Ringan

Screw Baja Ringan – Pada proses perakitan ada hal yang sangat penting dan vital peranannya bagi struktur secara keseluruhan yaitu Screw (sebagian menyebutnya dengan Baut), untuk rangka atap screw baja ringan yang dipakai adalah Self Driling Screw (SDS). Screw ini sangat vital peranannya, kesalahan dalam memilih dan memasang screw akan berakibat fatal bagi rangka atap rumah, misalnya pertemuan titik simpul yang bergeser atau lebih buruk lagi adalah terputusnya sambungan sehingga terjadi kegagalan struktur karena pemasangan screw yang tidak benar.

Apa Itu Baja Ringan Yang Sering Kita Jumpai

Apa Itu Baja Ringan – Baja ringan adalah baja yang memiliki kualitas tinggi namun bersifat ringan dan tipis. Dan berbicara soal kekuatan, kekuatan baja ringan ringan juga tidak kalah dengan kekuatan dari baja konvensional. Ada beberapa macam jenis baja ringan yang di kelompokan dengan berdasarkan pada nilai tegangan tarikan atau bisa disebut dengan tensile strength. Dan kemampuan tarikan tegangan ini juga pada umumnya didasarkan pada fungsi akhir darei baja ringan tersebut.

Memasang Rangka Atap Baja Ringan

Memasang Rangka Atap Baja Ringan – Pada Atap Rumah harus perhatikan agar dapat memasangnya sendiri. Baja sebagai bahan pembuatan rangka atap mempunyai keunggulan lebih aman dan awet menghadapi cuaca buruk. Telah banyak orang yang memilih menggunakan baja sebagai kerangka atap rumah dari pada kayu langsung.  Seperti halnya memilih warna cat yang pas, memilih bahan yang cocok buat kekuatan atap rumah juga harus diperhatikan.

Kanopi Rumah Baja Ringan

Kanopi Baja Ringan – Kanopi mempunyai beberapa pengertian, menurut kamus besar Bahasa Indonesia Kanopi sendiri mempunya arti tirai atau langit-langit dari terpal, kain, logam, besi dan sebagainya dan pada teras terdapat bertiang sebagai pemisah halaman dengan bagian luar rumah ataupun suatu bangunan. Di negara-negara Eropa, tepatnya pada abad pertengahan menjelaskan jika kanopi dalam Bahasa Prancis berarti Canopeserta dalam Bahasa Latin berarti Canopeum mempunyai arti serta erat kaitannya dengan tempat tidur bertiang empat dengan tirai atau kain yang menutupi bagian atas serta samping.

Bisnis Baja Ringan Yang Menggiurkan

Bisnis Baja Ringan – Pada jaman sekarang ini baja ringan mulai banyak diminati oleh semua kalangan, baik kalangan atas atau kalangan bawah, baja ringan mulai populer karna dapat menggantikan kayu yang mulai langka, hampir setiap daerah dan pelosok sudah tersedia toko atau distributor baja ringan dan genteng metal, maka dari  itu peluang untuk bisnis baja ringan menjadi kontraktor/pemborong baja ringan terbuka luas , tetapi persaingan di dunia bisnis semakin kompetitif karna sebagian orang sudah tertarik pada dunia bisnis yang satu ini,selain itu keuntungan pada bisnis baja ringan ini sangat menguntungkan,karna perputaran uang yang cepat.

Rumah Minimalis Terlihat Menarik Lakukan Ini

Lakukan Ini Agar Rumah Minimalis Tampak Menarik – Seperti yang sudah diketahui, fungsi dari sebuah rumah yaitu melindungi pemilik rumah dari cuaca, baik hujan maupun panasnya matahari. Rumah yang nyaman merupakan impian setiap orang, dengan kecanggihan teknologi yang berkembang pesat seperti saat ini, banyak desain-desain yang sangat menarik yang dapat diaplikasikan dan menjadi referensi pada hunian anda. Seringkali, orang pasti berfikir hunian nyaman hanya dapat dimiliki oleh rumah mewah. Namun kali ini rumah minimalis juga bisa terlihat menarik dan dapat dibuat nyaman dengan desain desain yang memikat hati. Interior merupakan aspek yang sangat penting untuk memberikan kenyamanan pemilik rumah. Interior sendiri adalah kunci dari tata letak untuk memberikan keindahan rumah hunian anda.

Wallpaper Untuk Dinding Rumah

Walpaper Untuk Dinding Rumah – Dalam desain interior rumah sering jumpai penggunaan wallpaper untuk  dekorasi dinding si pemilik rumah yang kerap dianggap sangat praktis dibanding dengan menggunakan cat dinding. Banyak ragam motif dan variasi wallpaper untuk dinding rumah yang dapat digunakan untuk interior rumah agar nuansa terlihat berbeda dan tentu saja membuat nyaman. Terlebih jika bisa pintar dalam memilih wallpaper yang cocok untuk ruangan rumah, maka penggunaan wallpaper bisa banyak memberikan inspirasi maksimal.

Jenis Talang Air Pada Atap Rumah

Jenis Talang Air Pada Atap Rumah – rumah merupakan elemen penting sehingga wajib ada dalam setiap rumah. Gabungan dari atap rumah, yaitu talang air yang berfungsi untuk mengalirkan air hujan dari genteng ke tempat tujuannya seperti saluran air hujan atau tangki penampungan air. Adanya talang air mungkin terlihat sepele, namun memiliki fungsi yang penting.

Teknologi Rumah Masa Depan Ramah Lingkungan

Teknologi Rumah Masa Depan Ramah Lingkungan – Sering dijumpai dalam film-film Hollywood yang menampilkan rumah dengan berbagai peralatan canggih di dalamnya. Misalnya mengontrol rumah dengan segala peralatan di dalamnya hanya menggunakan satu remote saja. Ada pula peralatan rumah tangga yang langsung terkoneksi dengan internet. Penghuninya hanya perlu mengontrol rumah melalui smartphone nya saja.

Arsitek Terkenal Dunia Yang Menghebohkan

Arsitek Arsitek Terkenal Dunia –Arsitek adalah seorang ahli di bidang ilmu arsitektur, ahli rancang bangun atau ahli lingkungan binaan. Istilah arsitek seringkali diartikan secara sempit sebagai seorang perancangbangunan, orang yang terlibat dalam perencanaan, merancang, dan mengawasi konstruksi bangunan, yang perannya untuk memandu keputusan yang memengaruhi aspek bangunan tersebut dalam sisi astetika dan budaya.

Material Bahan Bangunan Rumah Cara Memilihnya

Ketika akan membangun sebuah rumah, faktor utama yang harus anda dipersiapkan adalah menentukan material bahan bangunan yang akan digunakan. Material bahan bangunan yang anda pilih akan menentukan kekuatan rumah, keselamatan keluarga dan mungkin tampilan rumah anda. Ada banyak material bahan bangunan yang bisa anda jumpai di toko toko bahan bangunan, namun anda juga harus pintar pintar memilih material bahan bangunan yang akan anda pergunakan untuk rumah impian anda.

Harga Baja Ringan System Dengan Baja Ringan

Harga Baja Ringan System – Seperti yang sudah diketahui bahwa baja ringan merupakan baja yang digunakan untuk konstruksi bangunan dengan kualitas tinggi dan memiliki sifat ringan serta tipis. Kekuatan dari baja ini tidak perlu diragukan lagi karena tidak kalah kuat dengan baja yang konvensional. Bahkan baja dengan ukuran yang ringan ini seringkali digunakan untuk pembuatan rangka atap guna menggantikan peran kayu.

Alumunium Foil Untuk Atap Rumah

Alumunium Foil – Atap adalah penutup atas suatu bangunan yang melindungi bagian dalam bangunan dari hujan maupun cuaca panas. Bentuk atap bermacam-macam ada atap datar dan ada juga atap miring, walaupun datar harus dipikirkan untuk mengalirkan air agar bisa jatuh. Bahan untuk atap bermacam-macam, di antaranya: genteng (keramik, beton), seng bergelombang, asbes, maupun semen cor. Adapula atap genteng metal yang sangat ringan, tahan lama, dan anti karat.

Panel Gypsum, Material Tahan Lama

Panel Gypsum – merupakan material bangunan yang terdiri dari lembaran plester gypsum yang rata dan lebar yang diapit dengan dua lapisan kertas. Panel gypsum juga dikenal sebagai drywall, papan dinding atau papan gypsum. Material ini digunakan untuk membuat dinding interior dan plafon. Material ini mulai banyak diminati karena harganya lebih murah,pengerjaannya lebih cepat dan pemasangannya lebih mudah dibandingkan bahan lain.

Genteng Metal, Kelebihannya Sebagai Atap

Genteng Metal – Logam populer ini sering digunakan untuk bangunan perumahan, komersial dan industri. Ada berbagai jenis profil logam yang cocok untuk hampir setiap rumah. Atap rumah dapat dibuat dari berbagai bahan: seperti genteng dari tanah liat, kayu, genteng metal dan sebagainya. Genteng metal memenuhi persyaratan tertinggi dalam hal daya tahan, kekuatan dan stabilitas.

Banyak produsen mengatakan bahwa atap tersebut memerlukan sedikit atau bahkan hampir tanpa perawatan, murah dan memiliki keberlangsungan yang lebih panjang dibandingkan dengan bahan atap lainnya. Tembaga, seng, titanium, aluminium, stainless atau baja galvanis dan titanium. Bahan yang berbeda juga dapat digunakan untuk pembuatan atap genteng metal ini.

Jenis Lisplang Atap Rumah Yang Ada Sekarang

Jenis Lisplang adalah papan kayu ataupun bahan lain seperti fibre cement yang dipasang pada ujung atap sebagai pengakhiran atap. Lisplang atau tepi atap bangunan yang dibuat untuk memperindah bangunan dan menyembunyikan struktur atap. Selain itu lisplang atap rumah adalah papan tepi yang berfungsi untuk melindungi tepi struktur atap dari dampak cuaca hujan dan panas. Lisplang sering digunakan untuk rumah dengan atap segitiga di daerah tropis. Saat hujan, air hujan mungkin tidak jatuh sempurna ke bawah melainkan merembes melalui atap. Agar tidak mengenai struktur usuk dan reng maka ditambahkan lisplang.

Keramik Lantai Bisa Dipasang Sendiri, Caranya ?

Keramik Lantai – Dalam membangun atau merenovasi rumah, salah satu material yang favorit yang banyak dicari adalah keramik. Sebab, selain memilih dekorasi yang tepat atau furniture yang bagus, menentukan jenis keramik lantai juga penting dalam membangun atau merenovasi rumah. Keramik merupakan bahan utama untuk melapisi lantai atau dinding. Dibandingkan dengan lantai semen atau lantai kayu, lantai keramik cenderung lebih awet, dan memiliki motif yang bervariasi sehingga mudah disesuaikan dengan selera pemilik rumah. Selain itu, harga keramik lantai juga cukup bersahabat sehingga banyak orang yang mencarinya.

Tren Rumah Minimalis Yang Dapat Dicoba

Tren Rumah Minimalis – Sekarang ini tren rumah minimalis tampaknya semakin digemari oleh masyarakat. Itu karena desain rumah minimalis yang dihasilkan sangat sederhana dan terkesan modern. Selain itu rumah minimalis juga tergolong fleksibel, sangat cocok bila dibangun di lahan yang luas maupun di lahan yang minim. Semakin hari, semakin banyak inovasi dan kreasi tren rumah minimalis bermunculan, termasuk model tren rumah minimalis terbaru. Selain desainnya yang menawan, pemakaian material dengan tingkat ketahanan yang awet untuk digunakan dalam jangka waktu sangat lama juga membuat model-model rumah minimalis terbaru ini tidak bosan dipandang oleh mata serta tidak cepat habis dimakan usia.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membangun Rumah

Pada saat memiliki rumah tinggal untuk pertama kali, terdapat 2 pilihan yang dapat diambil, membeli rumah jadi, atau membeli tanah terdahulu lalu dibangun pada kemudian hari. Pilihan mungkin tergantung pada diri anda,  ada kelebihan dan kekurangannya masing masing dalam menentukan dalam hal membangun rumah. Tapi gak sedikit juga yang ambil pilihan kedua. Alasannya, sengaja mau cari yang ribet. Dikarenakan, bisa lebih bebas berkreasi kalau bangun rumah sendiri. Selain itu, budget membangun rumah bisa diubah-ubah atau disesuaikan dengan kemampuan finansial yang ada. Jadi, tidak harus sekali bangun langsung jadi. Tapi dapat juga dicicil, diutamakan adalah yang penting dahulu, misalnya kamar, dapur, dan kamar mandi. Adapun penambahan bangunan seperti taman atau kanopi bisa menyusul tahap pembangunannya ketika finansial lebih memadai.

Intip Rahasia Rumah Tahan Gempa Negara Jepang

Sudah menjadi pembicaraan umum bahwa negara Jepang memiliki daya tahan yang sangat kuat untuk bencana skala besar. Dengan alam yang begitu indah, peristiwa bencana seperti gempa, tsunami, dan badai sesungguhnya telah lama menjadi risiko yang bisa diterima (acceptable risk) dalam kehidupan masyarakat Jepang. Demikian juga dengan arsitektur bangunannya.

Jenis Semen Yang Harus Kita Tahu

Semen menjadi kebutuhan yang penting untuk bahan konstruksi yang kuat di era modern ini. Semen diperlukan hampir di semua jenis konstruksi bangunan, mulai dari konstruksi umum hingga konstruksi khusus. Sebagian orang mungkin mengira bahwa semen hanya terdiri dari satu jenis saja yaitu semen yang umumnya dijual di toko-toko bangunan. Padahal, ada beberapa jenis semen yang diproduksi dan digunakan untuk keperluan yang berbeda-beda.

Penggunaan Baja Hollow Pada Rangka Atap

Pada pembuatan sebuah bangunan terlebih khususnya hunian rumah tinggal mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dimulai dari kekuatan material tersebut dan juga jenis-jenis material yang mulai banyak bervariasi dan berinovasi. Salah satunya adalah penggunaan Baja Hollow rangka atap. Material baja Hollow digunakan untuk rangka atap dalam pembuatan sebuah partisi sistem maupun sebagai sebagai rangka plafon yang biasa disebut dengan Rangka Hollow.

Mengatasi Cat Dinding yang Mengelupas

Mengatasi Cat Dinding yang Mengelupas – Memakai merk cat dinding berkualitas bukan jaminan tidak akan mengelupas, menjamur, lembab ataupun dinding rembes. Kondisi cat tembok rumah yang mengelupas adalah hal yang wajar, tapi sering kali membuat risih untuk melihatnya. Dan karena kurang tahu sertainformasi tentang cara mengatasi cat dinding yang mengelupas sering kali mengangap cat paling murah untuk dinding rumah yang dibeli adalah penyebabnya.

Related posts

Jenis Material Penutup Atap

SystemBajaRingan

Kenali Kelebihan Baja Ringan Bagaikan Rangka Atap Rumah

Yoseno Aryo

Rangkuman Artikel 4

SystemBajaRingan

Leave a Comment

Hubungi Kami