Baja Ringan Blog

Rangka Baja Tahan Api; Sebuah Keunggulan

Rangka Baja

Rangka Baja – Kebakaran merupakan salah satu insiden yang tidak bisa untuk diprediksi, penyebaran api-nya bisa menyebar dalam hitungan se-per sekian detik, dan dapat menyebabkan rumah atau bangunan bisa hancur dengan seketika dengan skala kebakaran yang terjadi.

Ibarat pepatah ” Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati.” Mari sejenak kita mengamini pepatah ini yang bisa kita kaitkan pada kehidupan nyata. Mencegah kebakaran daripada mengobati api yang terlanjur membesar.

Baca Juga : Baja Galvanis: Investasi Konstruksi Masa Kini

Memberikan pencegahan dari kebakaran bisa berbagai macam, misal; menghindari penggunaan bahan-bahan material yang tidak menyebarkan api, dan menggunakan bahan material yang bisa menyejukkan api.”

Pemilihan material yang tahan api bisa dimulai dari memilih rangka baja ringan untuk bagian atap, misalnya. Penggunaan material rangka baja ringan yang memiliki campuran alumunium zinc dan lapisan galvanis yang menjadikan kualitasnya bermutu tinggi G550, yang dapat disesuaikan dengan kondisi yang terjadi di lapangan. Kedua campuran lapisan ini juga memiliki keunggulan antirayap dan antikarat.

Mengganti Rangka atap anda dari kayu dengan baja ringan menjadi salah satu cara untuk mengurangi dampak dari kebakaran. Dengan sifat kayu yang mudah membesarkan api, maka kebakaran akan semakin mudah terjadi. Selain itu, penggunaan kayu secara masif juga akan memberikan dampak lingkungan yang kurang baik, semakin banyaknya pohon yang ditebang.

Material baja ringan berbeda dengan profil baja konvensional yang dibentuk melalui proses pengerjaan panas atau hot formed steel sections. Jenis profil dipengaruhi oleh tegangan sisa tekan yang diakibatkan oleh strain hardening dalam proses pengerjaan dingin proses pendinginan. Karena rasio dimensi lebar terhadap tebal dinding profil disetiap bagian elemennya. Material baja ringan berbeda dengan profil baja konvensional yang dibentuk melalui proses pengerjaan panas atau hot formed steel sections. Jenis profil dipengaruhi oleh tegangan sisa tekan yang diakibatkan oleh strain hardening dalam proses pengerjaan dingin proses pendinginan. Karena rasio dimensi lebar terhadap tebal dinding profil disetiap bagian elemennya.

Dengan material terbaik yang dihasilkan dari baja ringan, yang mesikpun ringan – tetapi bisa menahan beban yang cukup keras pada bangunan anda.

Baca Juga : Genteng Aspal Bitumen: Apa Keunggulan & Kelemahannya?

Hal inilah yang membuat bangunan rumah akan tahan lawa dan awet hingga 10 tahun lebih jika dibandingkan menggunakan rangka atap dari kayu. Baja ringan dikategorikan sebagai baja yang berkualitas tinggi yang memiliki kekuatan tidak kalah baik dengan baja konvensional yang ada.

Dengan adanya teknologi yang semakin berkembang, baja ringan begitu tepat jika digunakan untuk desain rumah kekinian. Selain itu, dengan keunggulan yang dimiliki dapat menjadi nilai tambah rangka atap anda daripada menggunakan rangka kayu atau rangka baja konvensional. Sebuah keuntungan bukan? Jadi, anda tidak perlu khawatir (lagi) jika harus meninggalkan rumah anda untuk jangka waktu yang tidak sebentar.

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Atap Zincalume dengan Keunggulannya

Nasuha

Kelebihan Membangun Rumah dengan Bata Ringan

SystemBajaRingan

Perbedaan Kandang Closed House vs Kandang Broiler Terbuka

Nasuha

Leave a Comment

Hubungi Kami