Baja Ringan Blog Konstruksi

Rangka Baja Ringan Limasan Untuk Atap Rumah

Rangka Baja Ringan Limasan Untuk Atap Rumah

Rangka Baja Ringan Limasan Limasan atau yang biasa disebut dengan limas merupakan bangunan ruang yang dibatasi oleh sebuah segi banyak dan beberapa sisi segitiga yang akan bertemu pada suatu titik puncak. Atap limas memiliki beberapa macam jenis yang bergantung pada bentul alasnya. Prisma misalnya, nama alas ini didasarkan pada jumlah segi-n sisi alasnya. Jika limas segi-n beraturan,alas berupa segi-n beraturan ini pada setiap sisi tegaknya merupakan segitiga sama kaki yang bisa dibilang konggruen atau sebangun.

Baca Juga : Gapura Baja Ringan; Mudah dan Efisien

Limas memiliki hubungan yang erat dengan rangka baja ringan. Limas adalah salah satu unsur dari sebuah bangunan atap, atap rumah yang berbentuk limas. Atap yang mengadopsi bentuk limas ini terdiri dari empat bidang pada atap. Dua bidang bertemu pada garus jurai dan dua bidang lainnya bertemu pada garus bubungan atap atau nook. Pada atap limasan ini terdapat dua bidang berbentuk trapesium dan dua bidang berbentuk segitiga.

Rangka baja ringan limasan ini biasanya dipadukan dengan desain rumah minimalis. Desain atap limas akan memberikan kesan yang cukup elegan dan mewah yang dapat membuat menarik perhatian dari sebuah rumah. Selain itu, pada desain rumah minimalis, penggunaan atap limas ini dapat memberikan kesan luas dan mewah. Selain itu, desain limas ini juga memiliki bentuk yang cukup unik. Pemilihan jenis dan desain atap kini menjadi cukup penting. Apalagi atap kini menjadi obyek utama yang paling dilihat dari sebuah rumah yang dilihat dari sisi eksteriornya.

Atap limas menjadi salah satu atap yang cocok jika dipadukan dengan rangka atap baja ringan serta dipadukan denganmenggunakan genteng jenis kekinian yang tentunya akan menambah nilai hunian.

Jika dilihat dari sisi ke-eleganan-nya, rangka baja ringan limasan ini memilii bentuk yang lebih elegan jika dibandingkan dengan bentuk desain atap pelana. Ada keunggulan yang didapatkan jika ingin menggunakan desain atap limas, yaitu:

  1. Atap limas memiliki kesan megah dan mewah, memiliki model yang unik dan anti-mainstream
  2. Atap limas memiliki sudut kemiringan antara 30 sampai 40 derajat. Dengan kemiringan yang dimilikinya ini dapat memberikan sebuah perlindungan yang lebih kepada dinding rumah bagian luar maupun dalam dari serangan sinar matahari pada siang hari dan hujan yang deras

Baca Juga : Keuntungan Atap Baja Ringan Untuk Rumah Anda

selain itu, atap limas ini juga memiliki kekurangan, yaitu:

  1. Memiliki konstruksi yang rumit dan mahal yang menggunakan kuda-kuda yang cukup banyak
  2. Tidak efektif jika diterapkan pada rumah yang memiliki lahan minimalis atau terbatas
  3. Memiliki resiko kebocoran pada jurai jika dalam pengerjaanya tidak dilakukan dengan rapi
  4. Membutuhkan bahan penutup atap yang cukup banyak

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Baja Ringan Impor Tantangan Baja Ringan Lokal

Rizal

Rumah Tahan Gempa Dengan Profil Baja Ringan

SystemBajaRingan

Seng Baja Ringan, Alternatif Partisi Pengganti

Nasuha

Leave a Comment

Hubungi Kami