Desain Konstruksi

Pre Engineered Building Pada Konstruksi Hanggar

Pre Engineered Building Pada Konstruksi Hanggar

Hanggar adalah sebuah struktur tertutup, tempat dimana pesawat bernaung di dalam sebuah gudang yang berukuran besar. Kata Hanggar berasal dari Bahasa Perancis Tengah yaitu Hanghart yang artinya kandang dekat rumah. Kata Hanggar juga berasal dari Bahasa Jerman, yaitu Haimgard yang artinya rumah-kandang atau pagar disekitar rumah.

Hanggar dipergunakan untuk perlindungan pesawat dari cuaca, termasuk sinar matahari langsung, serta juga diperuntukkan sebagai tempat pemeliharaan, perbaikan, pembuatan, dan penyimpanan pesawat terbang.

Pada konstruksi hanggar membutuhkan sebuah sistem struktur yang khusus. Lebar pintu masuk hanggar haruslah besar, dan ini memungkinkan pesawat memasuki hanggar. Bangunan bentang lebar merupakan bangunan yang memungkinkan penggunaan ruang bebas kolom yang lebar dan juga panjang. Bangunan bentang lebar biasanya digolongkan secara umum menjadi dua, yaitu bentang lebar sederhana dan bentang lebar kompleks.

Bentang lebar sederhana berarti konstruksi bentang lebar yang dipergunakan langsung pada bangunan berdasarkan teori dasar dan tidak dilakukan modisifkasi pada bentuk yang ada.

Sistem struktur rangka adalah sistem struktur yang terdiri dari batang-batang yang panjangnya lebih besar dibanding dengan ukuran penampangnya. Untuk konstruksi modern saat ini adalah hasil penggunaan baja dan beton secara rasional dalam bangunan.

Dengan standar pembebanan dan fleksibilitas proses kerja, struktur dengan bentang lebar ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada bangunan pabrik, gudang, gedung olahraga, hanggar, gedung pertemuan, industry pertambangan atau perkebunan dan lain sebagainya. Pre Engineered Building merupakan sistem rangka ruang bangunan dengan bentang lebar yang cocok untuk digunakan pada konstruksi sebuah hanggar.

Menggunakan Pre Engineered Building pada konstruksi hanggar adalah salah satu keputusan yang tepat, pasalnya pada konstruksi hanggar saat ini masih menggunakan baja konvensional. Perlu diketahui baja konvensional memiliki kelemahan yang lebih dibandingkan dengan penggunaan Pre Engineered Building pada konstruksi hanggar.

Jika menggunakan Baja konvensional untuk konstruksi hanggar, harus mengeluarkan biaya perawatan tambahan hal ini dikarenakan baja konvensional memiliki kelemahan yakni  rentan terhadap korosi. Berbeda dengan Pre Engineered Building, konstruksi hanggar dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama tanpa adanya biaya tambahan untuk perawatan, dikarenakan terdapat lapisan anti karat (Hot Dip Galavnzed).

Sumber : Magna System

Related posts

Alumunium Foil Untuk Atap Rumah

Rizal

Material Bahan Bangunan Rumah Cara Memilihnya

Rizal

Struktur Bentang Lebar Bisa Dijadikan Bangunan

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami