Baja Ringan Blog

Plafon Baja Ringan, Kegunaan Lain Baja Ringan

Plafon Baja Ringan, Kegunaan Lain Baja Ringan

Atap rumah merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan sebab berguna untuk melindungi keluarga Anda dari cuaca hujan ataupun panas dari luar. Pembangunan atap rumah juga berhubungan dengan pemasangan plafon dari baja ringan atau yang disebut juga sebagai langit-langit.

Plafon baja ringan difungsikan sebagai pembatas tinggi dari suatu ruangan serta sebagai interior permukaan atas. Tinggi rendahnya plafon dari baja ringan berpengaruh pada penampilan sebuah ruangan. Ketinggian diukur mulai dari sisi bawah bidang plafon sampai permukaan lantai.

Pemasangan plafon dari baja ringan ini berhubungan juga dengan keamanan dan kenyamanan. Apabila rancangan plafon baja ringan Anda terlalu rendah maka ruangan akan terasa sesak dan pengap,. Apabila plafon terlalu tinggi, meski sirkulasi udara menjadi lebih baik, namun estetika ruangan tersebut tidak terlihat indah. Tinggi plafon yang dianjurkan pada sebuah rumah yaitu sekitar 3 sampai 3,5 meter, dimana batas terendahnya 2,5 meter dari permukaan lantai.

Saat ini, banyak orang beralih menggunakan rangka baja ringan untuk membangun plafon rumahnya. Hal ini dikarenakan material kayu mudah diserang rayap maka dalam jangka waktu yang lama tentu saja membahayakan sebab kayu bisa mudah patah, keropos dan lainnya. 

Plafon dari baja ringan selain lebih kuat, tahan lama serta tahan karat, juga lebih ringan sehingga memudahkan Anda dalam pemasangan rangka plafon. Rangka baja ringan juga tidak membutuhkan perawatan mahal, sehingga lebih menghemat biaya. Penggunaan plafon dari baja ringan ini juga lebih terlihat bersih, cantik dan juga indah.

Lalu apa saja fungsi dari pemasangan plafon dari baja ringan untuk rumah Anda? Berikut beberapa fungsi dari plafon baja ringan.

  • Plafon sebagai penutup rangka atap

Anda pasti sering menemukan banyak kotoran, debu ataupun sarang laba-laba yang jatuh dari atas rangka atap. Hal ini tentunya membuat kebersihan rumah menjadi terganggu. Adanya plafon dari baja ringan sebagai penutup rangka atap, mencegah berbagai macam kotoran tersebut jatuh langsung ke lantai. Dengan begitu, kondisi rumah menjadi lebih terjaga kebersihannya. Hal ini juga menjadikan plafon baja ringan juga berfungsi sebagai interior pada permukaan atap.

  • Plafon berfungsi sebagai tempat menggantung lemari gantung atau lampu

Plafon dari baja ringan sebagai penutup permukaan atas menjadikan adanya fungsi lain yaitu sebagai tempat menggantung lampu-lampu atau lemari gantung. Dengan begini, Anda tidak perlu repot menggantungnya di rangka baja ringan Anda.

  • Plafon sebagai tempat untuk menyembunyikan instalasi

Pada sebuah bangunan, baik rumah, perkantoran, pabrikatau lainnya, pasti membutuhkan instalasi kabel-kabel listrik agar fungsi bangunan berjalan dengan baik. Hanya saja, rumah bisa terlihat berantakan, atau estetika rumah yang malah sedikit terganggu. Adanya plafon baja ringan, memudahkan Anda untuk meletakkan instalasi tersebut di belakang plafon. Hal ini menjadikan rumah terlihat lebih rapi.

Sumber : Google

Related posts

Manfaat Komputerisasi Dunia Konstruksi

Rizal

Jenis Baja Ringan Taso dan Kenali Kelebihannya

Rizal

Perbedaan Kandang Closed House vs Kandang Broiler Terbuka

Nasuha

Leave a Comment

Hubungi Kami