Baja Ringan Desain Konstruksi

Pergola Baja Ringan, Buat Rumah Nyaman

pergola baja ringan

Pergola adalah fitur taman luar ruangan yang membentuk jalan setapak yang teduh, lorong, atau area tempat duduk dari tiang atau pilar vertikal yang biasanya mendukung balok silang dan kisi terbuka yang kokoh, sering kali di atas pohon anggur kayu dilatih. Asal usul kata ini adalah pergula Latin Akhir , mengacu pada eave yang memproyeksikan. Sebagai jenis gazebo , gazebo juga bisa merupakan perpanjangan dari sebuah bangunan atau berfungsi sebagai perlindungan untuk teras terbuka atau penghubung antara paviliun . Mereka berbeda dari terowongan hijau , dengan terowongan hijau menjadi jenis jalan di bawah kanopi pohon.

Pergola kadang-kadang bingung dengan arbours (“arbors” dalam bahasa Inggris Amerika ), dan istilah ini sering digunakan secara bergantian. Punjung umumnya dianggap sebagai kursi bangku kayu dengan atap, biasanya dikelilingi oleh panel kisi membentuk kerangka kerja untuk memanjat tanaman. Pergola, di sisi lain, adalah struktur yang jauh lebih besar dan lebih terbuka dan biasanya tidak termasuk tempat duduk yang tidak terpisahkan.

Pergola sebenarnya merupakan bagian dari berbagai jenis-jenis rumah tinggal, yang memiliki fungsi sebagai peneduh dari panas dan silau matahari. Meskipun memiliki fungsi yang serupa dengan kanopi, namun pergola dan kanopi bukanlah dua hal yang sama. Kanopi cenderung selalu menyatu dengan bangunan rumah tinggal, sedangkan pergola tidak harus menyatu secara langsung. Apabila pada jenis-jenis kanopi rumah biasanya menggunakan bahan-bahan genteng atau yang lainnya, pergola rumah justru memanfaatkan tanaman rambat sebagai penutupnya.

Memang, tujuan pembuatan kanopi dengan pergola ini memiliki beberapa perbedaan. Secara fungsionalitas, kanopi ditujukan untuk menghalau panas serta hujan. Namun bagi pergola hanya untuk melindungi dari panas saja. Selain itu, pergola juga memiliki daya tarik estetika yang membantu menyejukan halaman rumah. Memiliki pergola di halaman rumah tentunya akan semakin indah bila dihiasi dengan tanaman penuh dan berbagai jenis bunga untuk taman. Namun tidak semua jenis tanaman akan cocok digunakan pada pergola rumah. Tipe tanaman rambatlah yang paling sesuai dengan karakteristik pergola.

Pergola modern

Bahan desain pergola modern termasuk kayu, vinil, fiberglass, aluminium, polivinil klorida (CPVC) serta baja ringan yang diklorinasi daripada pilar bata atau batu, lebih terjangkau dan semakin populer. Pergola kayu dibuat dari kayu yang tahan cuaca, seperti redcedar barat ( Thuja plicata ) atau, sebelumnya, kayu pantai ( Sequoia sempervirens ), dicat atau diwarnai , atau menggunakan kayu yang diberi pengawet untuk penggunaan di luar ruangan.

Untuk alternatif perawatan yang rendah untuk kayu, vinil, fiberglass, aluminium dan CPVC serta baja ringan dapat digunakan. Bahan-bahan ini tidak membutuhkan cat atau noda tahunan seperti pergola kayu dan pembuatannya bisa membuatnya lebih kuat dan tahan lama daripada pergola kayu.

Pergola baja ringan lebih disarankan ketimbang pergola dari kayu karena dapat tahan dari segala cuaca dan tahan rayap. Karena baja ringan itu sendiri telah dilapisi zat tahan karat. Tidak hanya tahan terhadap karat dan cuaca, pergola baja ringan dapat menjadi desain minimalis pada halaman rumah, taman, dan ruang terbuka hijau lainnya.

Sumber : Google

Related posts

Keunggulan Baja Ringan Pada Atap Rumah

Rizal

Atap Garasi untuk Rumah Impian

Nasuha

Penggunaan Baja Hollow Pada Rangka Atap

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami