Blog Desain Konstruksi

Pengertian dan Fungsi Shear Wall pada Bangunan

Pengertian dan Fungsi Shear Wall pada Konstruksi

Bagi seseorang yang sudah mempunyai pengalaman pada proyek-proyek bangunan tinggi dan bangunan tahan gempa, pastinya sering mendengar shear wall atau dinding geser.

Apa itu shear wall? Shear Wall adalah jenis struktur dinding yang berbentuk beton bertulang yang biasanya dirancang untuk menahan geser, gaya lateral akibat gempa bumi. Dengan adanya Shear Wall atau dinding geser yang kaku pada bangunan, sebagian besar beban gempa akan terserap oleh dinding geser tersebut.

Dalam rekayasa struktural, dinding geser adalah elemen vertikal dari sistem penahan gaya seismik yang dirancang untuk menahan gaya lateral dalam bidang, biasanya angin dan beban seismik. Di banyak yurisdiksi, International Building Code dan International Residential Code mengatur desain dinding geser.

Dinding geser menahan beban sejajar dengan bidang dinding. Kolektor, juga dikenal sebagai anggota seret, memindahkan geser diafragma ke dinding geser dan elemen vertikal lainnya dari sistem penahan gaya seismik. Dinding geser biasanya adalah dinding kayu yang dibingkai ringan atau diperkuat dengan panel geser, dinding beton bertulang, dinding pasangan bata bertulang, atau pelat baja.

Kayu lapis adalah bahan konvensional yang digunakan pada dinding geser kayu (kayu), tetapi dengan kemajuan teknologi dan metode bangunan modern, opsi prefabrikasi lainnya memungkinkan injeksi injeksi rakitan ke dinding sempit yang jatuh di kedua sisi bukaan. Baja lembaran dan panel geser yang didukung baja ringan menggantikan kayu lapis struktural di dinding geser telah terbukti memberikan ketahanan seismik yang lebih kuat.

Berdasarkan letak dan fungsinya, shear wall atau dinding geser dapat diklasifikasikan dalam 3 jenis yaitu :

Bearing Walls 

Adalah dinding geser yang mendukung sebagian besar beban gravitasi. Tembok-tembok ini juga menggunakan dinding partisi antar apartemen yang berdekatan.

Frame Walls 

Adalah dinding geser yang menahan beban lateral, dimana beban gravitasi berasal dari frame beton bertulang. Tembok-tembok ini dibangun diantara baris kolom. Pada era sekarang ini penggunaan Frame Walls sudah banyak beralih pada penggunaan baja ringan untuk materialnya.

Core Walls

Adalah dinding geser yang terletak di dalam wilayah inti pusat dalam gedung, yang biasanya diisi tangga atau poros lift. Dinding yang terletak di kawasan inti pusat memiliki fungsi ganda dan dianggap menjadi pilihan ekonomis.

Fungsi shear wall / dinding geser ada 2, yaitu kekuatan dan kekakuan, artinya :

1. Kekuatan

  • Dinding geser harus memberikan kekuatan lateral yang diperlukan untuk melawan kekuatan gempa horizontal.
  • Ketika dinding geser cukup kuat, maka akan men-transfer gaya horizontal ini ke elemen berikutnya dalam jalur beban di bawah mereka, seperti dinding geser lainnya, lantai, pondasi dinding, lembaran atau footings.

2. Kekakuan

  • Dinding geser juga memberikan kekakuan lateral untuk mencegah
  • atap atau lantai di atas dari sisi – goyangan yang berlebihan.
  • Ketika dinding geser cukup kaku, mereka akan mencegah membingkai
  • lantai dan atap anggota dari bergerak dari mendukung mereka.
  • Juga, bangunan yang cukup kaku biasanya akan menderita kerusakan kurang nonstructural

ShearWall  atau dinding geser adalah semacam dinding struktur dalam bentuk beton yang biasanya digunakan untuk menempatkan Lift di gedung-gedung tinggi.

Jenis struktur yang digunakan pada bangunan yang memerlukan ketahanan khusus dan kekakuan.

Fungsi dari dinding geser pada sebuah bangunan secara umum antara lain :

  • Memperkuat bangunan

Dengan struktur dinding beton bertulang, kemudian dinding tidak hanya sebagai pembagi ruang tetapi berfungsi juga sebagai struktur bangunan yang menanggung beban kerja pada gaya-gaya beams dan columns di sekitarnya

  • Meredam goncangan akibat gempa

Geografis negara kita pada umumnya sangat rentan terhadap gempa bumi, dengan dinding Shear wall maka gaya gempa yang terjadi akan berkurang, sehingga dapat mengurangi dampak yang terjadi dalam bentuk bangunan yang ada.

  • Mengurangi biaya pemeliharaan gedung.

Dengan gedung yang menggunakan Shear wall, maka kerusakan yang timbul akibat guncangan gempa bangunan dapat minimalisir sehingga yang akan mengurangi biaya pemeliharaan harus dikeluarkan jika bangunan tidak menggunakan jenis dinding.

  • Daya beban pikul dinding yang dapat ditingkatkan.

Dengan dinding jenis kemampuan Shear wall beton lantai di atas kemudian menerima beban tumbuh, besarnya kekuatan lantai akan berbanding lurus dengan ketebalan shearwall itu sendiri.

Related posts

Keuntungan Menggunakan Baja sebagai Rangka Rumah

SystemBajaRingan

Pagar Baja Ringan untuk Rumah Anda

Nasuha

Genteng Metal, Kelebihannya Sebagai Atap

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami