Konstruksi

Pembangunan Konstruksi Beton Properti Makin Canggih

Pembangunan Konstruksi Beton Properti Makin Canggih

Pembangunan Konstruksi Beton Properti Makin Canggih – Sekretaris Umum Ikatan Pracetak dan Prategang Indonesia (IAPPI), Hari Nugraha Nurjaman mengatakan, pembangunan konstruksi beton di sektor properti sudah semakin canggih.

Apalagi, pemanfaatannya semakin efisien dengan teknologi pracetak. “Saya kira teknologi kita di Indonesia juga sudah semakin maju, sehingga kontruksi kita di sektor properti juga semakin berkembang. Bahkan, perusahaan BUMN beton pracetak kita sudah ada yang go international,” ungkapnya, Selasa (7/10/2014).

Menurut Hari, investasi di sektor properti juga harus didukung terutama oleh pemerintah. Di masa 1990-an atau era Soeharto pertumbuhan kontruksi di dalam negeri sangat cepat. Hal itu didukung penyerapan besar-besaran di sektor belanja konstruksi nasional.

Kenali Kelebihan Baja Ringan Bagaikan Rangka Atap Rumah

“Dahulu zamannya Soeharto, kontruksi itu besar sekali. Karena memang saat itu pemerintah kita belanjanya besar-besaran di sektor itu,” ujarnya.

“Sangat berbeda dengan sekarang, kondisi perpolitikan membuat investor juga wait and see baru mau membangun. Belum lagi belanja modal pemerintah di sektor ini rata-rata tidak sampai 80% penyerapannya,” papar Hari.

Sebagai informasi, sejak tahun 2012 penerapan sistem beton pracetak telah memiliki pangsa pasar dalam negeri sebanyak 25% dari total pemakaian kontruksi di Indonesia.

Pembangunan Konstruksi Beton Properti Canggih ini 7 MATERIAL BANGUNAN CANGGIH, BERTEKNOLOGI TINGGI DAN HEMAT ENERGI

Pembangunan Konstruksi Beton Properti Makin Canggih – Kemajuan teknologi juga membawa angin perubahan ke dunia properti dengan ditemukannya banyak material bangunan canggih sebagai solusi alternatif.

Penggunaan material bangunan canggih saat ini semakin meningkat seiring perubahan tren ke arah eco-friendly living.

Bila Anda tergerak untuk menerapkan tren yang sama, mungkin Anda bisa menimbang beberapa pilihan material bangunan alternatif berikut ini untuk rumah Anda berikutnya.

Inilah beberapa material bangunan canggih yang merupakan penemuan mutakhir terkini dikutip dari laman howstuffoworks.com.

7 Material Bangunan Canggih Sebagai Pilihan Alternatif

Besi Daur Ulang

Jika Anda melihat material bangunan canggih dari Steel Recycling Institute (SRI), Anda pasti tak ingin lagi menggunakan balok kayu untuk membangun rumah.

Dengan ini, proses pembentukan struktur jadi lebih sederhana karena Anda hanya tinggal memesan balok besi dan panel yang sesuai ukurannya dengan struktur bangunan.

Untuk membangun setiap rumah berukuran 186 m2 biasanya membutuhkan 40 hingga 50 pohon, namun hanya membutuhkan besi daur ulang dari enam mobil bekas.

Cetakan Beton Berinsulasi

The Portland Cement Association, salah satu pencipta cetakan beton unggulan, mendefinisikan material bangunan canggih ini sebagai…

“Dinding beton untuk cor di tempat yang diapit oleh dua lapis material insulasi.”

Cor beton yang dicetak di dalam cetakan ini berfungsi sebagai lapisan insulasi yang tetap kokoh di tempatnya sebagai bagian permanen dari struktur bangunan.

Menurut studi tahun 2010 dari Massachusetts Institute of Technology, bangunan yang dibuat dari beton insulasi dapat menghemat energi sebesar 20 persen.

Busa Polyurethane Berbahan Dasar Tanaman

Ned McMahon, COO Malama Composites, menciptakan sebuah busa canggih untuk material bangunan yang terbuat dari bambu, rami, dan rumput laut.

Material bangunan canggih yang disebut busa kaku ini dapat digunakan untuk insulasi, kincir turbin angin, furniture, dan bahkan untuk papan selancar.

Alat berat asal Eropa dan China kuasai pasar RI

Jika digunakan sebagai insulasi, busa ini mampu menciptakan kelembapan tinggi, memantulkan panas, dan melindungi dari jamur serta hama.

Tumpukan Jerami Padat

Pembangunan Konstruksi Beton Properti Makin Canggih – Perhatikan hal ini: Sebuah rumah yang terbuat dari tumpukan jerami padat jauh lebih kokoh daripada apa yang Anda duga.

Mark Jensen meniru filosofi LEGO ketika ia menggagas pembangunan rumah bagi komunitas penduduk asli Amerika menggunakan tumpukan jerami padat.

Menurut California Straw Building Association, material bangunan canggih dari jerami ini mampu bertahan hingga ribuan tahun, jika dijaga agar tetap kering.

Penyejuk Atap

The Cool Roof Rating Council menjelaskan seperti berikut: Jika Anda ingin tetap sejuk di hari yang panas, gunakanlah pakaian berwarna putih daripada hitam.

Jika zaman dahulu material atap harus menggunakan warna-warna cerah, kini Anda bisa memilih warna gelap yang mampu memantulkan panas kembali ke atmosfer.

Namun, material bangunan canggih ini tentu memiliki harga yang lebih mahal, menurut perkiraan harga per meter persegi bisa mencapai Rp1,1 juta.

Struktur Panel Insulasi

Struktur panel insulasi ini terbuat dari lapisan busa insulasi yang dihimpit oleh dua buah plywood, strand board, atau panel semen.

Menurut perkiraan NAHB Research Center, SIP mampu menghemat hingga 50 persen biaya pengeluaran untuk energi dibanding material konvensional.

Plastik Daur Ulang

Bingung bagaimana mengelola sampah plastik agar tak mencemari lingkungan? Kenapa tak didaur ulang saja menjadi sebuah material bangunan canggih?

National Association of Home Builders menyebut, material yang terbuat dari 50:50 bahan serat kayu dan limbah plastik terbukti jauh lebih kuat dan minim racun.

Material ini juga jauh lebih kokoh, tahan terhadap jamur dan membusuk dibandingkan material yang sepenuhnya terbuat dari plastik.

Sumber Google

Related posts

Kandang Ayam Petelur Modern

Nasuha

Rangka Atap Kayu, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Nasuha

Atap Garasi untuk Rumah Impian

Nasuha

Leave a Comment

Hubungi Kami