Blog Konstruksi

PEB-Light MAGNA SYSTEM

PEB-Light: MAGNA SYSTEM

Magna System merupakan sebuah sistem konstruksi bangunan baja pra rekayasa atau pre-engineered steel building yang kerap disebut sebagai “PEB”. Material PEB-Light Magna System terbuat dari pelat baja canai dingin (cold-rolled steel atau cold-formed steel) dengan ketebalan relatif tipis namun dengan mutu baja tinggi. Lembaran baja ini dibentuk dengan mesin roll-form membentuk profil (section) tertentu, bisa “C”, “Z”, atau omega section.

Mutu baja untuk material Magna System ini adalah 550 Mpa (untuk struktur pendukung atau sekunder atau profil dengan ketebalan di bawah 1,5 mm) dan 450 MPa (untuk struktur utama atau profil dengan ketebalan di atas 1,5 mm). Perbedaan tersebut lebih disebabkan faktor pembentukan profil, di mana semakin tebal profil maka akan semakin sulit dibentuk (dari baja lembaran) jika mutu bajanya terlalu tinggi.

Pada Magna System, semua proses rekayasa teknik (engineering) dilakukan di luar lokasi proyek. Proses rekayasa mulai dari desain dan perhitungan struktur, gambar terperinci (detailing), gambar kerja (shopdrawing), hingga gambar pemasangan/instalasi (erection/installation drawing) dilakukan oleh para tenaga lulusan Teknik Sipil yang berpengalaman dengan dibantu perangkat lunak (software) yang sudah teruji keandalannya.

Proses produksi atau fabrikasi material (material fabrication) dilakukan secara terintegrasi di pabrik khusus yang dilengkapi dengan mesin-mesin presisi tinggi yang menjamin akurasi bentuk dan dimensi profil dan pelat-pelat konektor beserta lubang bautnya. Seluruh material dikirim ke lokasi proyek dalam kondisi terurai untuk kemudian dirakit/dirangkai menjadi satu kesatuan konstruksi. Magna System menggunakan sambungan utama (semaksimal mungkin) berupa mur-baut, untuk meminimalisir, atau dalam banyak kasus malah meniadakan proses fabrikasi di lapangan. Jadi proses-proses seperti pelubangan sambungan pada sambungan  utama sangat minim, bahkan bisa dikatakan nyaris tidak ada. Magna System tidak menggunakan sistem sambungan las (welding), kecuali dalam produksi pelat konektor (berupa pelat perletakan atau support plate/baseplate) di pabrik.

Magna System dilapisi lapisan anti karat galvanis (zinc) dengan ketebalan lapisan Z275 (275 gram/m2) untuk struktur utama dan Z220 (220 gram/m2) untuk struktur pendukung. Lapisan galvanis ini aman digunakan pada kondisi proyek yang umum di Indonesia, antara lain karena lapisan galvanis tahan terhadap adukan semen/mortar.

PEB-Light Magna System mengedepankan fitur-fitur unggulan seperti kecepatan (karena mudah dipasang di lapangan), kerapian (akurasi tinggi berkat proses rekayasa terintegrasi), kekuatan (karena didesain / dihitung sesuai standar internasional) dan keawetan (dilapisi lapisan anti karat).

Kuat, aman, cepat, rapi namun tetap ekonomis, merupakan fitur unggulan Magna System yang merupakan PEB-Light produksi Indonesia. Magna System dipersembahkan sebagai kontribusi positif dalam memenuhi kebutuhan konstruksi baja di persada Nusantara.

Sumber : Magna System

Related posts

Cermati Sebelum Menggunakan Baja Ringan

Rizal

Alumunium Foil Untuk Atap Rumah

Rizal

Material Simpel dan Kokoh Rumah Minimalis

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami