Blog Konstruksi

Mengenal Panel Gypsum, Material Tahan Lama

Mengenal Panel Gypsum, Material Tahan Lama

Panel Gypsum merupakan material bangunan yang terdiri dari lembaran plester gypsum yang rata dan lebar yang diapit dengan dua lapisan kertas. Panel gypsum juga dikenal sebagai drywall, papan dinding atau papan gypsum. Material ini digunakan untuk membuat dinding interior dan plafon. Material ini mulai banyak diminati karena harganya lebih murah,pengerjaannya lebih cepat dan pemasangannya lebih mudah dibandingkan bahan lain.

Selain mudah dalam hal aplikasinya, panel gypsum juga memiliki keuntungan lebih yang lain. Gypsum secara alami memiliki sifat tahan api,ketika dipanaskan dengan api maka air akan terperangkap di plester sehingga bisa menurunkan suhu di kamar sebelahnya. Panel gypsum biasanya juga diberi zat untuk melawan jamur dan lumut.

Baca Juga : Harga Baja Ringan Dengan Baja Ringan System

Bahan gypsum diperoleh dari sebuah mineral dengan komposisi kimia CaSo4 atau 2H20. Gypsum alami diperoleh dengan cara menghancurkan kristal gypsum di pertambangan.Sedangkan gypsum sintetis dibuat dengan produk sampingan dari pembangkit listrik tenaga batubara melalui proses yang disebut gas buang desulfurisasi(FGD).

Baik gypsum alami maupun gypsum sintetis secara alami terikat dalam air yang harus dibuang sebelum bisa digunakan.Ini bisa dicapai melalui proses kalsinasi pypsum yang dipanaskan dalam suhu sekitar 176 derajat celcius.

Gypsum yang sudah dikalsinasi kemudian dicampur dengan air,kertas atau serat fiberglass dan berbagai bahan kimia tambahan lainnya untuk membuat plester. Plester basah kemudian dimasukan ke dalam dua gulungan kertas untuk dijadikan bentuk lembaran. Lembaran tersebut kemudian dikeringkan dan dipotong-potong menjadi bentuk panel dengan ukuran tertentu hingga tercipta sebuah material bangunan solid dan tahan lama.

Baca Juga : Menggunakan Alumunium Foil Untuk Atap Rumah

Panel gypsum dikembangkan untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan dinding interior rumah. Sebelum bahan ini dikembangkan,pada umumnya dinding dibuat dengan beberapa lapisan plester basah yang prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama dan membutuhkan tempat yang cukup luas untuk membuat adonan plester.

Menurut sebuah grup industri dan perdagangan “The Gypsum Association”, menggunakan panel gypsum akan memberikan berbagai manfaat bagi lingkungan.Mereka mengklaim bahwa hampir 100% dari kertas yang digunakan bisa didaur ulang .

Seperti telah dijelaskan diatas, gypsum sintetis dibuat melalui proses FGD yaitu dengan memanfaatkan emisi bahan bakar fosil dan sulfur di udara dan digunakan sebagai material bangunan sehingga tidak menjadi sampah.Sampai saat ini penggunaan gypsum sintetis meningkat secara signifikan dan menyumbang sepertiga dari keseluruhan gypsum yang digunakan.

Inilah mengapa Panel Gypsum menjadi pilihan masyarakat untuk material bangunan rumah. Beberapa keunggulan gypsum diantaranya adalah :  

Papan Gypsum Lebih Ringan

Jika dibandingkan dengan dinding beton, bobot gypsum jauh lebih ringan, hal ini justru menjadi keunggulan dari penggunaan bahan ini. Karena akan membuat penghuni rumah menjadi aman, terutama ketika terjadi gempa.        

Mudah Dipasang

Pemasangan gypsum untuk dinding interior ternyata sangat mudah, Anda hanya menyiapkan rangka dinding lalu bahan ini bisa langsung ditempel. Proses pengerjaannya pun relatif cukup cepat. Bandingkan dengan dinding beton, Anda harus menyiapkan semen dan batu batanya terlebih dahulu kemudian proses pembuatannya pun cukup lama .     

Mudah Diperbaiki

Selain mudah dipasang, ternyata gyopsum mudah diperbaiki, contohnya jika dinding mengalami kerusakan seperti berlubang atau lecet, Anda  hanya cukup mendempul bagian yang rusak tersebut, atau memotong dibagian yang rusak dan menempelkannya kembali dengan papan gypsum yang baru.

Ramah Lingkungan

Papan gypsum ramah terhadap lingkungan, karena jika bahan material ini sudah tidak terpakai lagi maka gypsum tidak akan mencemari tanah sebab akan langsung melebur dalam tanah. Bahan material ini juga bisa menghemat penggunaan energi pada rumah, contohnya jika ruangan rumah Anda ber-AC, gypsum lebih mudah membuat ruangan.

Sumber : Google

Related posts

Construction Warrior Meningkatkan Kualitas

Rizal

PEB-Light MAGNA SYSTEM

Rizal

Menggunakan Baja Ringan System? Kenapa Tidak?

Rizal

2 comments

Genteng Metal, Kelebihannya Sebagai Atap | Baja Ringan System April 8, 2019 at 3:36 am

[…] Baca Juga : Mengenal Panel Gypsum, Material Tahan Lama […]

Reply
Genteng Metal, Kelebihannya Sebagai Atap - Harga Baja Ringan April 8, 2019 at 3:37 am

[…] Baca Juga : Mengenal Panel Gypsum, Material Tahan Lama […]

Reply

Leave a Comment

Hubungi Kami