Baja Ringan Blog

Merawat dan Menyimpan Baja Ringan, Begini Caranya!!

Merawat & Menyimpan Baja Ringan

Merawat Menyimpan Baja Ringan – Baja ringan merupakan salah satu material untuk rangka atap yang memiliki sifat anti karat. Dengan kata lain, baja ringan ini tahan terhadap korosi. Lapisan yang dimiliki oleh baja ringan dapat menahan karat yang terletak pada lapisan yang melingkupi permukaan baja ringan.

Baja ringan memiliki lapisan alumunium zinc dan juga lapisan lainnya yang cukup ampuh dalam menahan serta mencegah korosi yang terjadi didalam baja ringan.

Baca Juga : Jenis Genteng Untuk Baja Ringan

Sebagai material pengganti kayu untuk rangka atap, baja ringan kini sudah mulai banyak diminati di pasaran. Bahkan, baja ringan ini dapat digunakan sebagai konstruksi rangka bangunan untuk menggantikan beton. Baja ringan memiliki kekuatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Sudah banyak beredar artikel mengenai kelebihan baja ringan jika dibandingkan dengan penggunaan kayu pada rangka atap. Misalnya, baja ringan tidak mudah dimakan rayap, tidak mudah terbakar api, dan juga tidak mudah lapuk. Bahkan, baja ringan cukup kuat untuk menahan tekanan 240 hingga 370Mpa.

Dengan kelebihan tersebut, pemasangan baja ringan memang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Perlu ada keahlian khusus serta pengalaman yang cukup untuk memasang rangka atap baja ringan. Jika dipasang oleh orang yang belum berpengalaman, resiko yang akan muncul sangat tinggi, salah satunya akan ambruknya atap tersebut.

Pemasangan rangka atap baja ringan yang membutuhkan keahlian khusus ini memang memerlukan ketelitian dan kejelian dalam memasang setiap komponen rangka baja ringan agar bisa terpasangn dengan sangat baik dan benar. Karena kesalahan sedikit saja bisa berakibat pada ambruknya atap.

Berikut adalah kesalahan yang bisa menyebabkan gagalnya konstruksi pada rangka atap baja ringan:

Dudukan Rangka Terpasang Miring

Dengan perhitungan yang sudah ada, pemasangan dudukan untuk atap baja ringan memang harus seimbang dan sama tinggi. Jika tidak, maka kekuatan yang ditopang oleh dudukan menjadi tidak sama rata. Hal ini akan mengakibatkan rangka sewaktu-waktu bisa ambruk karena beban yang didapatkan berat sebelah.

Hal sederhana yang dapat dilakukan agar mengetahui kedudukan yang seimbang dapat menggunakan waterpass, tali, dan juga meteran.

Komponen Rangka Terpasang Asal-asalan

Rangka baja ringan merupakan sebuah produk industri yang sudah diperhitungkan secara matang mulai dari desainnya. Rangka ini terdiri dari beberapa komponen terpisah yang dapat disatukan dengan merangkainya. Ketika ada komponen rangka yang tidak dipasang dengan tepat, tentu hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kekuatan dan struktur dari komponen lainnya.

Sebelum proses pemasangan dilakukan, sebaiknya mempelajari rangka tersebut terlebih dahulu. Selain itu, ada baiknya untuk mempercayakan pemasangan rangka ini kepada ahlinya agar dalam proses pengerjaannya dilakukan secara benar dan tidak asal terpasang.

Menggunakan Rangka yang Kualitasnya Belum Terjamin

Produk baja ringan saat ini sudah banyak di pasaran, ada yang menjual produk dengan harga murah ada juga yang menjual dengan harga yang menyesuaikan kebutuhan dari bangunan yang dibutuhkan.

Perhitungan anggaran pembangunan dengan menyesuaikan kualitas suatu bahan juga sangat penting untuk dilakukan. Rangka atap yang berkualitas rendah tentu akan diragukan tingkan keawetannya. Jika memilih rangka atap baja ringan yang murah daripada melihat kualitasnya, maka akan berisiko ambruk dan akan membahayakan penghuni rumah.

Maka dari itu, investasi rangka atap baja ringan haruslah memiliki kualitas terbaik dan mempunyai daya tahan tinggi.

Memasang Perabot Gantung yang Terlalu Banyak

Rangka baja ringan memang memiliki kemampuan menahan beban dengan bobot sesuai spesifikasinya. Selain untuk menopang atap, rangka baja ringan juga akan menopang beban dari perabot gantung yang juga dipasang di rangkanya.

Benda-benda yang akan dipasang pada rangka baja ringan juga harus diperhatikan dan ditimbangkan dengan baik,

Setelah membahas kesalahan-kesalahan yang dapat menyebabkan penurunan kualitas baja ringan, berikut adalah cara untuk merawat dan menyimpan baja ringan agar tetap memiliki kualitas yang baik serta pencegahan dari korosi pada baja ringan.

  1. Simpan baja ringan pada tempat yang dalam keadaan kering. Bisa menggunakan alas penumpu agar tidak berhubungan langsung dengan tanah maupun genangan air.
  2. Jika disimpan di tempat terbuka, baja ringan harus disusun atau ditumpuk dengan menggunakan alas dengan posisi miring agar terhindar dari genangan air dan menutupnya dengan plastik.

Dalam merawat serta menyimpan baja ringan, ada beberapa hal yang harus dihindari saat memasang serta menggunakan baja ringan, yatitu:

Tergores

Merawat dan menyimpan baja ringan menjadi satu hal yang susah-susah gampang. Menghindari baja ringan agar tidak tergores adalah langkah untuk membuat lapisan karat yang ada pada baja ringan tetap dalam kondisi baik. Jika ada goresan, maka akan terjadi reaksi kimia antara udara (Oksigen) dengan baja ringan yang dapat menghasilkan karat.

Selain itu, jika terjadi kerusakan, maka secepat mungkin harus dilakukan pelapisan ulang permukaan dengan menggunakan cat. Juga dengan meminimalisir kesalahan pasang yang dapat mengakibatkan banyak luka di permukaan baja ringan.

Hujan dan Panas

Rangka atap baja ringan adalah material yang bukan digunakan untuk bagian eksterior. Sebaiknya rangka baja ringan tidak terpapar panas dan hujan secara terus menerus. Terpaan cuaca secara terus menerus lambat laun akan mengurangi daya tahan lapisan yang menahan karat. Jika terkena hujan dan panas secara terus menerus, maka akan muncul korosi yang lebih cepat dari garansi yang diberikan.

Pada saat pemasangan, tempatkan baja rigan tersebut dalam ruangan tertutup sehingga dapat terhindar dari sinar matahari dan hujan. Selain itu, hindari pengerjaan di saat musim penghujan.

Baca Juga : Trik Meredam Panas Atap Seng

Air Semen dan Larutan Asam

Menjauhkan rangka baja ringan dari adonan semen akan menjaga lapisan antikarat yang dimiliki oleh baja ringan. Menempelnya air semen pada permukaan baja ringan akan menghasilkan reaksi kimia dan berpotensi merusak lapisan yang menahan karat.

Selain itu, hindari dan jauhkan rangka baja ringan dari cairan bersifat asam yang sangat reaktif ketika bersentuhan dengan permukaan baja ringan. Coating yang terkena larutan asal akan mengelupas dan menhasilkan karat pada rangka baja ringan.

Merawat dan menyimpan baja ringan memang dibutuhkan ketelitian sehingga kualitas baja ringan yang ada tetap sesuai dengan garansi yang ada.

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Ciri Ciri Rumah Tahan Gempa

SystemBajaRingan

Baja Ringan Taso

SystemBajaRingan

Perhatikan Saat Memasang Rangka Baja Ringan

SystemBajaRingan

Leave a Comment

Hubungi Kami