Baja Ringan Konstruksi

Menggunakan Baja Ringan System? Kenapa Tidak?

Menggunakan Baja Ringan System

Rangka atap merupakan bagian penting pada sebuah bangunan. Umumnya, pada rangka atap hunian rumah masih ada beberapa yang menggunakan rangka dari kayu. Kayu merupakan pilihan rangka atap dikarenakan bebannya yang berat sehingga dapat menahan beban genteng beton yang berat.

Rangka atap dari kayu mungkin memiliki kelebihan yang dapat menahan berat material penutup atap. Namun, bukan berarti rangka atap dari kayu ini tidak memiliki kelemahan, beberapa kelemahan yang nyata adalah dapat keropos dalam kurun waktu yang lama, dapat merambatkan api, serta dapat terserang rayap.

Lambat laun, penggunaan kayu untuk rangka atap rumah mulai tergantikan dengan hadirnya inovasi terbaru untuk struktur rangka atap yaitu baja ringan. Baja ringan dianggap pengganti yang sepadan dengan kayu untuk struktur rangka atap. Menggunakan baja ringan merupakan solusi yang tepat, karena banyak kelebihannya jika dibandingkan dengan menggunakan kayu.

Saat ini, berbagai bentuk, harga, serta merk baja ringan sudah dapat dijumpai ditoko-toko bahan bangunan. Semakin banyak merk , bentuk, dan harga membuat masyarakat dapat memilih baja ringa untuk atap yang dikehendaki.

Pada dasarnya, menggunakan baja ringan yang tidak bersistem atau biasa disebut dengan baja ringan batangan sah-sah saja. Tergantung bagaimana selera atau minat dari masyarakat dalam memilih rangka terbaik untuk atap rumah mereka.

Perlu diingat bahwa baja ringan batangan yang dijual di toko bahan bangunan, hanya menjual baja ringan nya saja tanpa adanya konektor atau alat sambung yang memenuhi standar konektor yang mampu menahan beban Struktural dan Ketahanannya terhadap karat.

Itu hanya sebagian kecil dari kekurangan jika menggunakan baja ringan yang tidak bersistem. Pada proses pelaksanaan pemasangan rangka atap pun juga menjadi perhatian yang lebih. Pemasangan rangka atap dari baja ringan tidak hanya sekedar memasang saja, tapi juga menyambungkan dan memotong bagian bagian menjadi satu kesatuan yang biasa disebut rangka kuda kuda.

Jika pada proses pengerjaan struktur rangka atap ini hanya mengandalkan pengalaman serta perhitungan yang ala kadarnya atau sekira kiranya. Tidak berdasarkan pada perhitungan yang sesuai. Maka akan menyebabkan rangka atap yang bisa saja sewaktu waktu jatuh dikarenakan perhitungan yang tidak sesuai.

Lalu bagaimana mendapatkan rangka atap yang teruji kualitasnya?

Menggunakan baja ringan system adalah solusi untuk rangka atap rumah, tak hanya rumah, baja ringan system juga dapat diaplikasikan pada rangka atap bangunan dengan bentang yang lebar.

Menggunakan baja ringan system juga memberikan keselamatan pada penghuni didalamnya. Menggunakan Baja ringan system berbeda dengan menggunakan baja ringan yang dijual secara batangan. Rangka atap dari Baja ringan system dikerjakan secara komputerisasi, ini yang membedakan dengan baja ringan dipasaran.

Pengerjaannya yang menggunakan software membuat baja ringan system lebih kokoh sehingga memberikan rasa nyaman pada penghuni rumah. Menggunakan baja ringan system juga memberikan garansi yang tidak didapat jika menggunakan baja ringan batangan. Garansi yang diberikan jika menggunakan baja ringan system adalah 10 tahun sesuai dengan Jaminan / Garansi Harus Sesuai dengan UU Jasa Konstruksi No. 02 Tahun 2017 Garansi diberikan dalam jangka waktu paling lama 10 Tahun.

Sumber : Gigasteel

Related posts

Beton Bertulang Adalah dan Fungsinya

SystemBajaRingan

Atap Zincalume dengan Keunggulannya

Nasuha

Apa Itu PEB? Ini Dia Penjelasannya

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami