Baja Ringan Blog

Mengenal Lebih Jauh Baja Ringan System

Menggunakan Baja Ringan System

Mengenal Baja Ringan System – Rangka Atap baja ringan merupakan salah satu bahan pengganti rangka atap baja konvensional dan rangka atap kayu yang telah lebih lama digunakan dalam struktur bangunan. Namun demikian, dengan banyaknya merek dan jenis baja ringan yang beredar di pasaran, seringkali konsumen bingung dalam memilih rangka atap baja ringan.

Perlu diketahui, bahwa sampai saat ini di Indonesia belum ada peraturan untuk struktur bangunan dengan baja ringan. Lewat tulisan ini kami ingin memberikan beberapa informasi mengenai rangka atap baja ringan system yang berbeda dari baja ringan biasa diperjual belikan secara bebas.

Mengenal Baja Ringan System yang tidak dijual secara batangan supaya quality control untuk material dan pemasangan selalu terjaga. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya pengurangan kualitas yang telah teruji dari standar fabrikan yang bersertifikat resmi.

Saat ini, banyak bermunculan aplikator baja ringan yang menggunakan profil baja ringan yang dijual secara bebas di toko-toko material. Apakah toko-toko tersebut menjual material sesuai dengan ketentuan teknis tentang baja ringan? Itu yang harus masyarakat harus lebih dicermati. Masalah yang muncul adalah bahwa aplikator seperti ini biasanya tidak membekali diri dengan software pendukung untuk menghitung dan mendesain struktur atap baja ringan. Biasanya mereka mendesain rangka atap hanya berdasarkan asumsi atau kebiasaan saja. Di sinilah kemudian perhitungan dan desain atapnya menjadi tidak akuntabel atau tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Akibat dari hal tersebut, biasanya aplikator jenis ini tidak berani memberikan garansi secara sistem. Paling jauh, hanya akan memberikan garansi bahan, sesuai material yang digunakan. Lain halnya dengan yang ada pada Baja Ringan System menggunakan perhitungan dan gambar design menggunakan software khusus rangka atap baja ringan yang dioperasikan oleh desainer profesional dan berpengalaman yang bertujuan agar perhitungan bisa sesuai dengan apa yang diinginkan.

Baca juga : Struktur Rangka Atap Bangunan

Tidak semua tukang yang bisa pasang baja ringan telah benar-benar mengaplikasikan material penyusun rangka atap tersebut sesuai dengan konstruksi secara tepat dan mempertimbangkan aspek keamanan pengguna bangunan. Akibatnya, keselamatan penghuni bangunan menjadi taruhannya. Biasanya, dengan mudahnya orang menyanggupi proses pemasangan rangka atap Baja Ringan berdasarkan pengalaman dan feeling karena sudah terbiasa mengerjakannya.

Patut diketahui bahwa standar pemasangan baja ringan memegang peran sangat penting guna mendapatkan fungsi yang optimal dari penggunaan material tersebut. Material ini menjadi kokoh karena sistem rangka yang terangkai jadi satu, bukan diukur dari kekuatan persatuan batang.

Baca juga : Bedakan Jenis Baja Galvalume , Galvanis, Zincalume

Namun, perhitungan dengan menggunakan feeling dan pengalaman yang ada pun bisa meleset atau salah perhitungan yang bisa memundurkan waktu pemasangan rangka atap Baja Ringan. Berbeda dengan pengunaan Baja Ringan System yang Pemasangannya dilakukan oleh tenaga pasang yang sudah terlatih dan berpengalaman di bidangnya dan yang terpenting bersertifikat resmi dari perusahaan.

Demikianlah Mengenal Baja Ringan System yang perlu kita ketahui bersama

Sumber Gigasteel

Related posts

Langkah Pemasangan Atap Baja Ringan

Rizal

Jenis Jenis Material Rangka Atap

Rizal

Menggunakan Baja Ringan System? Kenapa Tidak?

Rizal

6 comments

Perbandingan Atap Kayu dengan Atap Baja Ringan Untuk Rumah Anda | Baja Ringan System March 14, 2019 at 3:33 am

[…] Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Baja Ringan System […]

Reply
Jangan Asal Pilih Baja Ringan | Baja Ringan System March 22, 2019 at 6:52 am

[…] Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Baja Ringan System […]

Reply
Perbandingan Atap Kayu dengan Baja Ringan - Magna System April 6, 2019 at 3:45 pm

[…] Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Baja Ringan System […]

Reply
Jangan Asal Pilih Baja Ringan - Magna System April 6, 2019 at 3:46 pm

[…] Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Baja Ringan System […]

Reply
Perbandingan Atap Kayu dengan Baja Ringan - Harga Baja Ringan April 8, 2019 at 2:44 am

[…] Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Baja Ringan System […]

Reply
Jangan Asal Pilih Baja Ringan - Harga Baja Ringan April 8, 2019 at 2:44 am

[…] Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Baja Ringan System […]

Reply

Leave a Comment

Hubungi Kami