Blog Konstruksi

Mengenal Karakteristik Metal Deck

Mengenal Karakteristik Metal Deck

Mengenal Karakteristik Metal Deck –Metal Deck adalah salah satu material baja dengan karakteristik material teknis yang unik dan berbentuk profil yang dalam, memiliki fugnsi sebagai penahan geser dan penambah daya kapasitas dari profil tersebut. Metal deck juga dikenal di pasaran dengan istilah Floor Deck atau Bondek. Metal deck sendiri dapat diaplikasikan sebagai pelat lanta beton komposit pada struktur beton maupun struktur baja.

Baca Juga : Vertical Garden; Keindahan Taman di Lahan yang Terbatas

Metal Deck memiliki 4 fungsi secara sekaligus, yaitu:

  1. Bekistik
  2. Sebagai tulangan positif
  3. Sebagai lantai kerja
  4. Sebagai langit-langit (plafon)

Metal Deck yang tersedia di pasaran memiliki lebar efektif 870mm – 900mm tergantung merk produknya. Bondek ini memiliki sistem penguncian antar profil yang sangat baik dan atau dapat disebut sebagai sistem sambungan samping (Side Lap). Penguncian sambungan samping dengan sistem yang lebih sempurna didapatkan dengan penggunaan Fastener/ Rivet.

Floor Deck merupakan suatu teknologi konstruksi yang mengubah pemakaian baja tulangan untuk tulangan pokok yang berada pada sisi serat bawah. Penggunaan metal deck sebagai pengganti tulangan pokok beton yang berada di sisi bawah cukup menguntungkan dalam segi kecepatan produksi.

Keunggulan Metal Deck

Penggunaan metal deck memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan beton konvensional yang menggunakan bekisting multipleks dan kayu, antara lain:

  • Kebutuhan volume beton akan berkurang karena bentuk profil metal deck, dengan ketebalan pelat lantai beton yang sama, volume beton yang dibutuhkan akan lebih sedikit (terpotong volume cekungan profil metal deck).
  • Kebutuhan volume besi tulangan akan berkurang karena metal deck juga dapat berfungsi sebagai tulangan sehingga hanya dibutuhkan satu lapis besi tulangan.
  • Instalasinya mudah dan cepat sehingga total durasi proyek lebih singkat, proses pelaksanaan lebih cepat, dan tidak perlu dibongkar lagi seperti bekisting konvensional multipleks dan kayu.
  • Mudah dalam transporatasi dan ringan karena dapat diproduksi sesuai permintaan ukuran dan berat satu lembar metal deck hanya 32 kg, dapat diangkat oleh satu orang.
  • Total biaya yang lebih ekonomis karena volume beton lebih sedikit, pembesian tulangan hanya perlu satu lapis.

Berat pelat akan lebih ringan karena kebutuhan volume beton yang lebih sedikit untuk tebal pelat lantai yang sama.

Baca Juga : Penerapan SNI Baja Lokal; Konsistensi Perlindungan Produsen

Kekurangan Metal Deck

  • Penggunaan floor deck dapat memperlemah kekuatan inersia yang ada karena floor deck sudah termasuk material composite, yang dalam segi defleksi atau lendutan akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan pelat konvensional biasa.
  • Saat dalam proses konstruksi, getaran dari floor deck dengan tebal 12-14 cm yang terjadi akan besar dan mudah membuat orang awam cukup panik ketika berada di atasnya. Namun, semua akan tertutupi saat floor deck sudah di screed.

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Awal Ditemukannya Material Baja Ringan

Rizal

Sejarah Baja Ringan Yang Harus Kau Tahu

Rizal

Pengertian dan Fungsi Shear Wall pada Bangunan

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami