Blog Desain

Mengatasi Cat Dinding yang Mengelupas

Mengatasi Cat Dinding yang Mengelupas

Mengatasi Cat Dinding yang Mengelupas – Memakai merk cat dinding berkualitas bukan jaminan tidak akan mengelupas, menjamur, lembab ataupun dinding rembes. Kondisi cat tembok rumah yang mengelupas adalah hal yang wajar, tapi sering kali membuat risih untuk melihatnya. Dan karena kurang tahu sertainformasi tentang cara mengatasi cat dinding yang mengelupas sering kali mengangap cat paling murah untuk dinding rumah yang dibeli adalah penyebabnya.

Sebelum mulai untuk memperbaiki warna tembok yang mengelupas, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Setelah itu mencari solusi yang paling bagus, seperti mengelupas cat tembok lama sebelum melakukan pengecatan. Kemudian memilih warna, karena perbedaan warna cat untuk rumah kecil dan ukuran besar bisa mempengaruhi keindahan tampilan eksterior.

Cat dinding yang mengelupas bisa terjadi dengan berbagai alasan, mungkin dinding yang terlalu lembab, rembes, atau konsisi cat dinding rumah yang sudah lama dan perlu pengecatan ulang. Bila disebabkan karena adanya rembesan air yang membasahi dinding, langkah awal adalah harus mengatasi asal rembesan tersebut. Penyebab air rembes biasanya dari talang, konstruksi dan pengerjaan dinding yang kurang baik, serta tingginya kadar air di dalam tanah atau dinding tetangga.

Salah satu contoh keadaan dinding yang memang kurang baik, hingga membuat sulit mengatasi cat rumah yang mengelupas, menjamur, rembes dan lembab adalah dari campuran semen dan pasir yang tidak sesuai. Cara mengecat dinding tanpa memperhatikan proses pengeringan tembok juga bisa menjadi penyebab mengelupasnya atau lembab yang memungkinkan cat dinding rumah tersebut seakan hilang karena terserap dinding. Kondisi dinding rumah yang belum cukup waktu masih mengandung garam alkali yang tinggi, sehingga sangat tidak di sarankan untuk melakukan pengecatan terlebh dahulu.

Mempraktekkan cara mengecat dinding yang benar dengan mengunakan merk cat eksterior maupun cat interior berkualitas, sering kali menjadi sia-sia bila tanpa memperhatikan penyebab dan kondisi dinding itu sendiri. Tentu ini juga bisa menyulitkan karena harus melakukan renovasi ulang cat rumah berulang-ulang.

Lalu bagaimana cara mengatasi cat dinding rumah yang mengelupas?

Warna cat tembok yang mengelupas tapi kondisi tembok masih baik, besar kemungkinan disebabkan proses pengecatan yang kurang tepat. Pastikan tembok yang masih baru harus sudah benar-benar kering sebelum dicat. Ini juga akan menghemat anggaran cat dinding rumah. Pergunakan plamir tembok, agar tidak mudah retak. Ini akan menghindari plamir dinding tersebut terangkat dan menjadi penyebab cat kamar mengelupas.

Hindari menggunakan cat dasar, karena pengunaan alkali primer sering tidak sesuai dengan finishing cat rumah. Sebelum melakukan pengecatan, pastikan sudah membersihkan permukaan dinding rumah dari debu, kotoran dan minyak agar daya rekat warna cat tetap terjaga. Penyebab cat dinding yang mengelupas sering kali terjadi karena saat proses pengecatan ulang, yakni tidak mengelupas cat dinding lama.

Lapisan cat dinding lama yang tidak di bersihkan terlebih dahulu akan mengurangi daya lekat dan juga tampilan menjadi kurang menarik, tidak terlihat fresh. Terlebih bila cat dinding yang lama sudah mengapur, rasanya hanya akan sia-sia saja merenovasi cat dinding rumah, karena bisa di bilang hanya sekedar menganti warna dalam hitungan hari, dan warna cat dinding pun bisa di pastikan akan kusam.

Sumber : Google

Related posts

Baja Canai Dingin, Bahan Pembuatan Baja Ringan

Rizal

Rangka Atap Baja Ringan Dan Keuntungannya

Rizal

Desain Unik Bangunan di Dunia

Nasuha

Leave a Comment

Hubungi Kami