Baja Ringan Blog Konstruksi

Awal Ditemukannya Material Baja Ringan

Harga Baja Ringan Dengan Baja Ringan System

Prof. George Winter dari Universitas Cornell telah meriset tentang material baja ringan untuk konstruksi bangunan dimulai pada tahun 1939. Bedasarkan riset beliau maka dapat edisi tentang “Light Gauge Steel Design Manual” pada tahun 1949 atas dukungan American Iron and Steel Institute atau AISI.

Sejak dikeluarkannya peraturan tersebut pada 5 dekade yang lalu, maka pemakaian material baja ringan  semakin berkembang untuk konstruksi bangunan, mulai dari struktur sekunder sampai struktur utama misalnya untuk penggunaan rangka atap bangunan komersil ataupun tempat tinggal.

Walaupun termasuk dalam kategori elemen struktur yang tipis pemakaian material baja ringan telah meluas tidak hanya untuk rangka atap. Ide dari pembuatan struktur baja ringan adalah untuk mendapatkan kekuatan maksimum dari material yang tipis. Saat ini penggunaan baja ringan di Indonesia menjadi pilihan bagi masyarakat untuk mengganti rangka atap mereka dari kayu ke baja ringan.

Disamping itu, kemudahan dalam mendapatkan material baja ringan, kecepatan pemasangan, dan struktur yang kuat membuat rangka atap dari baja ringan menjadi pilihan.

Pada profil baja ringan atau cold form steel adalah jenis profil baja ringan yang memiliki dimensi ketebalan relatif tipis dengan rasio dimensi lebar setiap elemen profil terhadap tebalnya yang besar.

Karena dimensi ketebalan profil baja ringan yang tipis, maka pembentukan profil dapat dilaksanakan menggunakan proses pembentukan dingin atau cold formin processes. Dalam proses ini, profil dibentuk dari lembaran baja yang dibentuk sesuai yang diinginkan melalui mesin rol.

Material baja ringan berbeda dengan profil baja konvensional yang dibentuk melalui proses pengerjaan panas atau hot formed steel sections. Jenis profil dipengaruhi oleh tegangan sisa tekan yang diakibatkan oleh strain hardening dalam proses pengerjaan dingin proses pendinginan. Karena rasio dimensi lebar terhadap tebal dinding profil disetiap bagian elemennya.

Material Baja Ringan atau cold form steel sebagai material yang diminati saat ini dengan hasil riset yang cukup intensif terhadap perilaku baja ringan yang telah ditetapkan di dalam design code di berbagai dunia contohnya Australia Standard (AS/NZS), American Iron and Steel Institute (AISI), British Standard (BS code) dan Eurocode telah meningkatkan kredibilitas baja ringan sebagai elemen struktur yang sama dengan baja biasa (hot-rolled steel) dan beton bertulang.

Stuktural baja cold form memberikan beberapa keuntungan dalam konstruksi bangunan, antara lain:

  • Dibanding dengan baja biasa, produk baja ringan dapat diproduksi dengan berat yang lebih ringan dan bentang yang lebih pendek.
  • Konfigurasi tampang yang tidak biasa dapat diproduksi secara lebih ekonomis dengan proses bentukan dingin (cold forming) sehingga perbandingan antara kekuatan dengan berat yang diinginkan dapat diperoleh.
  • Tampang bentuk sarang (nestable section) dapat diproduksi dimana tampang tersebut memungkinkan proses pemaketan yang lebih padat dan pengangkutan yang lebih ekonomis.
  • Panel dan dek pemikul beban bisa menyediakan permukaan yang berguna digunakan untuk lantai, atap dan konstruksi dinding.
  • Panel dan dek pemikul beban tidak hanya memikul beban normal tetapi juga mampu memikul geser apabila panel-panel tersebut terkoneksi dengan baik.

Apabila dibandingkan dengan material struktur yang lain seperti kayu dan beton, material baja ringan memiliki beberapa kelebihan:

  • Lebih ringan.
  • Kekakuan dan kekuatan yang tinggi
  • Kemudahan pabrikasi dan produksi massal.
  • Cepat dan mudah dipasang dan didirikan.
  • Tidak terlalu terpengaruh oleh cuaca.
  • Detail yang lebih akurat.
  • Tidak mengalami susut dan rangkak pada temperatur.
  • Kualitas yang seragam.
  • Proses pengangkutan material yang ekonomis.
  • Material dapat didaur ulang.

Sumber : Google

Related posts

Jenis Konstruksi Baja Modern pada Bangunan

Rizal

Kelebihan Kandang Ayam Modern

Rizal

Tren Industri Konstruksi Bangunan

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami