Baja Ringan Desain Konstruksi

Kusen Baja Ringan, Pengganti Kusen Kayu

Kusen Baja Ringan Pengganti Kusen Kayu

Pengertian Kusen Beserta Fungsinya

Kusen adalah suatu rangka dari balok kayu atau dari bahan lainnya, seperti plastik, UPVC, alumunium yang dihubungkan sedemikian rupa sesuai dengan kaidah suatu konstruksi, fungsi serta selera dari pemilik bangunan. Fungsi utama dari kusen yaitu untuk perletakan daun pintu, jendela, kaca dan tralis, selain fungsi tersebut bentuk dan variasi kusen akan menambah keindahan atau estetika dari bangunan.

Pintu sebagai jalan keluar atau masuknya orang/barang dari satu ruangan keruangan lainnya atau dari luar rumah ke dalam rumah, selain itu berfungsi pula sebagai jalannya sirkulasi udara dan sinar penerangan matahari. Oleh karena itu pada pemasangan kusen pintu dan jendela harus benar-benar memperhatikan fungsi dari penempatan kusen pintu dan jendela dengan cermat.

Pada dasarnya konstruksi pintu dan jendela dibagi menjadi 2 bagian, yaitu kusen dan daun pintu atau daun jendela. Konstruksi pintu dan jendela merupakan konstruksi pelengkap dari konstruksi dinding bangunan, yang fungsinya sebagai penghubung antar ruangan yang dipisahkan dinding bersangkutan.

Kusen

Kusen adalah salah satu bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi untuk membentuk bingkai hubungan (bukaan), baik antara sebuah dinding pasangan bata, beton ataupun kayu dengan pintu atau jendela. Konstruksi rangka kusen pada dasarnya dibagi dalam 4 jenis.

  1. Kusen gendong/kombinasi yaitu kusen untuk pintu dan jendela dijadikan menjadi satu konstruksi yang utuh, biasanya ditempatkan dibagian depan rumah. Pada ruangan yang memerlukan penerangan yang lebih, seperti ruang tamu, ruang keluarga.
  2. Kusen tunggal yaitu kusen untuk daun pintu saja, biasanya pada kusen tunggal bagian atasnya lubang untuk penerangan dan sirkulasi udara.
  3. Kusen jendela yaitu rangka kusen untuk jendela saja, kusen jendela juga sama dengan kusen tunggal pada bagian atasnya ditambah lubang untuk penerangan dan sirkulasi udara.
  4. Kusen penerangan/bovenlich yaitu rangka kusen untuk penempatan kaca atau jendela kaca yang kecil untuk penerangan dan sirkulasi udara.

Kusen Baja Ringan

Pada umumnya, kusen menggunakan bahan dari kayu, alumunium, dan sejenisnya. Kusen baja ringan ini, dapat menggantikan peranan material kusen yang terbuat dari kayu maupun material lain. Kusen baja ringan untuk konstruksi rumah dinilai lebih kuat dibandingkan dengan kusen berbahan kayu. Kusen kayu dapat lapuk dan juga dapat diserang oleh rayap.

Berbeda dari kusen baja ringan yang tidak akan lapuk dimakan rayap maupun merambatkan api, tak hanya itu kusen baja ringan juga dapat bertahan dari cuaca panas maupun hujan. Dibandingkan dengan kusen kayu yang akan mengalami kelapukan jika terserang cuaca panas dan hujan secara terus menerus. Kusen baja ringan dapat didesain secara modern namun tetap minimalis.

Sumber : Google

Related posts

Jangan Asal Pilih Baja Ringan

Rizal

Keramik Lantai Bisa Dipasang Sendiri, Caranya ?

Rizal

Awal Ditemukannya Material Baja Ringan

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami