Baja Ringan Konstruksi

Bagian Struktur Kuda-Kuda Baja Ringan

Bagian Struktur Kuda-Kuda Baja Ringan

Konstruksi kuda-kuda ialah suatu susunan rangka batang yang berfungsi untuk mendukung beban atap termasuk juga beratnya sendiri dan sekaligus dapat memberikan bentuk pada atapnya. Kuda-kuda merupakan penyangga utama pada struktur atap. Struktur ini termasuk dalam klasifikasi struktur framework (truss). Umumnya kuda-kuda terbuat dari kayu, bambu, baja ringan, dan beton bertulang.

Kuda-kuda kayu digunakan sebagai pendukung atap dengan bentang maksimal sekitar 12 m. Kuda-kuda bambu pada umumnya mampu mendukung beban atap sampai dengan 10 meter. Sedangkan kuda-kuda baja sebagai pendukung atap, dengan sistem frame work atau lengkung dapat mendukung beban atap sampai dengan bentang 75 meter, seperti pada hanggar pesawat, stadion olah raga, bangunan pabrik, dan lain-lain. Kuda-kuda dari beton bertulang dapat digunakan pada atap dengan bentang sekitar 10 hingga 12 meter. Pada kuda-kuda dari baja atau kayu diperlukan ikatan angin untuk memperkaku struktur kuda-kuda pada arah horizontal.

Pada dasarnya konstruksi kuda-kuda baja ringan terdiri dari rangkaian batang yang selalu membentuk segitiga. Dengan mempertimbangkan berat atap serta bahan dan bentuk penutupnya, maka konstruksi kuda-kuda satu sama lain akan berbeda, tetapi setiap susunan rangka batang harus merupakan satu kesatuan bentuk yang kokoh yang nantinya mampu memikul beban yang bekerja tanpa mengalami perubahan.

Kuda-kuda diletakkan di atas dua tembok selaku tumpuannya. Perlu diperhatikan bahwa tembok diusahakan tidak menerima gaya horizontal maupun momen, karena tembok hanya mampu menerima beban vertikal saja. Kuda-kuda diperhitungkan mampu mendukung beban-beban atap dalam satu luasan atap tertentu. Beban-beban yang dihitung adalah beban mati (yaitu berat penutup atap, reng, usuk, gording, kuda-kuda) dan beban hidup (angin, air hujan, orang pada saat memasang/memperbaiki atap).

Susunan Kuda Kuda Baja Ringan untuk Rangka Atap

Rangka atap adalah struktur bangunan yang posisi berada di atas bangunan yang berdiri. Rangka memiliki beberapa struktur diantara nya adalah kuda-kuda. Rangka atap ini berdiri tepat di atas ring balok yang memungkinkan penyaluran tekanan langsung ke struktur bangunan lain yang berada di bawahnya. Rangka atap juga memiliki struktur-struktur yang ada didalam nya . semua struktur-struktur di dalam rangka atap memiliki fungsi nya masing-masing.

Struktur susunan kuda-kuda baja ringan untuk rangka atap yaitu :

  • Murplat/Top Plate

Adalah balok-balok beton, baja ringan, ataupun kayu yang dipergunakan sebagai dudukan dari kuda-kuda yang dibuat untuk membentuk atap. Balok tumpuan biasanya berada di bagian paling luar bangunan, tetapi ada juga balok tumpuan yang berapa di dalam bangunan. Balok-balok ini harus sama ketinggiannya satu sama lain, kecuali ada kondisi-kondisi tertentu yang mengharuskannya untuk tidak satu level.

Pada penggunaan kuda-kuda baja ringan profil yang digunakan adalah CN 75, yang diletakkan menerus ataupun setempat pada tiap kuda-kuda baja ringan diatas murplat dengan posisi terbka keata. Profil profil ini disambungkan pada profil tumpuan dengan cara di dynabolt atau diangkur dengan sesuai kebutuhan. Pada bagian-bagian yang nantinya akan menjadi sebagai dudukan kuda-kuda baja ringan, murplat tersebut diberi perkuatan. Murplat ini nantinya berfungsi juga untuk membuat sistem kuda-kuda baja ringan menjadi satu kesatuan yang cukup kuat.

  • Kuda-Kuda

Merupakan beberapa rangka batang dari profil baja ringan dalam berbagai ukuran, yang disambung dengan menggunakan Screw SDS. Seluruh kuda-kuda tersebut duduk diatas murplat. Jarak antara kuda-kuda maksimum 1,2 m, jarak tersebut dapat lebih jauh, tergantung pada penutup atap yang akan digunakan.

  • Top Chord

Adalah batang yang berada di sisi bagian atas kuda-kuda baja ringan, pada bagian ini, biasanya ditempatkan reng. Dalam analisa, biasanya batang ini selalu mengalami gaya tekan pada profil baja yang digunakan adalah profil Z.

  • Bottom Chord

Adalah profil yang berada disisi bagian bawah kuda-kuda baja ringan, pada profil biasanya ditempatkan plafond an penggantungnya. Biasanya profil ini selalu mengalami gaya tarik. Profil baja yang digunakan adalah profil Z.

  • Web

Merupakan batang-batang penghubung antara Bottom Chord dan Top Chord, fungsi utama batang ini adalah untuk memperkuat beban sehingga beban yang bekerja pada kuda-kuda baja ringan dapat ditopang dengan baik. Pada profil ini biasanya menggunakan profil C.

  • Srew SDS

Adalah sekrup yang digunakan untuk menyambung pertemuan antara Top Chord dan Bottom Chord, sambungan di murplat, dan sambungan kuda-kuda.

  • Bracing/Pengaku

Pengaku sangat diperlukan agar seluruh kuda-kuda baja ringan dapat bekerja sebagai satu sistem rangka atap. Bracing ada bermacam macam, yaitu TC Bracing, BC Bracing, Diagonal Web Bracing. Semua pengaku menggunakan profil B (reng).

  • Reng

Adalah baja dengan profil B untuk dudukan genteng atau penutup atap lain yang dipasang melintang diatas TC dengan jarak tertentu sesuai dengan penutup atapnya. Ukuran reng reng tersebut tergantung dari jenis penutup atap dan jarak kuda-kudanya.

  • Lisplang

Merupakan papan kayu ataupun bahan lain yang dipasang pada ujung atap sebagai pengakhiran atap dan dipasang melintang pada ujung overhang, kemudian dikuatkan dengan menggunakan sekrup atau juga dengan paku. Biasanya kayu yang digunakan adalah jenis kayu dengan mutu yang baik.

  • Reng Akhir

Adalah profil B yang dipasang dengan cara disusun, fungsi utamanya adalah sebagai pengangat posisi genteng agar tidak menunduk kebawah.

Sumber : Gigasteel

Related posts

Mencegah Korosi Pada Besi Baja

Rizal

Construction Warrior Meningkatkan Kualitas

Rizal

Harga Baja Ringan System Dengan Baja Ringan

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami