Konsultasi

SystemBajaRingan

Berikut kami rangkum Pertanyaan yang masuk ke redaksi tentang Baja Ringan

  • Bentang antar ring balok.
  • Jenis penutupan atap/ genteng
  • Bentuk atap (pelana/ prisma/ joglo, dsb).
  • Kemiringan atap
  • Beban lampu hias/ gantung
  • Beban pemanas air tenaga matahari
  • Beban angin berdasarkan lokasi dan tinggi bangunan
    Panjang overstek

Galvanis, 90% unsur lapisannya adalah seng (Zinc). Zinc-Alumunium, komposisi lapisannya adalah : 55,0% Alumunium, dan 43,5% Zinc

Kelebihan :

  • Bobotnya yang ringan, sehingga dapat menghemat biaya struktur bangunan secara keseluruhan.
  • Tidak membesarkan api (Non Combustible).
  • Anti rayap.
  • Lebih tahan korosi terhadap karat.
  • Pemasangan lebih mudah & cepat.
  • Nyaris tidak punya nilai muai susut.

Kekurangan :

  • Tidak boleh sembarang dipotong & disambung.
  • Tidak cocok untuk diekspos, karena sistem rangkanya yang cukup rumit.
  • Kelemahan disatu sisi akan mempengaruhi seluruh konstruksi atap.

Setiap struktur rangka atap mempunyai kondisi dan pembebanan yang berbeda-beda, Karena hal itu maka setiap proyek rangka atap harus melalui proses desain, sehingga tidak bisa harga Ditembak atau dikira saja. Pada prinsipnya tidak ada penjual yang mau rugi, ketika harga dikira-kira dan pada kenyataannya membutuhkan bahan baku yang lebih banyak, maka konsumen lah yang akan dirugikan.Sebagai sebuah contoh dua buah bangunan dengan luasan total yang sama yaitu 100 m2, akan mempunyai harga yang berbeda bila dimensi yang satu adalah 5×20 dengan atap pelana sedangkan yang lainnya 10×10 dengan atap perisai. Karena bentuk dan bentangan kuda-kuda akan berperan signifikan.

Pertanyaaan adalah apakah benar spek bahan yang dipakai sama? Apakah benar sistem pemasangan dan perhitungannya sama? Saat ini kualitas bahan baku baja ringan makin merosot, semakin banyak aplikator yang berani memakai barang yang jauh dibawah standar, jangan lagi bertanya mengenai perhitungan yang tentunya sudah lebih jarang dilakukan. GIGASTEEL SYSTEM tidak lebih mahal bila semua produk masih memakai, menghitung dan memasang sistem rangka atap baja ringan dengan sesuai standar yang ada. Kami bukan lebih mahal kami hanya memberikan apa yang seharusnya diberikan setiap produsen rangka atap pada konsumennya.

Beberapa produsen rangka atap memberikan garansi dengan jangka waktu yang luar biasa, 15 tahun, 20 tahun, 25 tahun bahkan ada yang SELAMANYA. Sedangkan uniknya tidak banyak perusahaan rangka atap baja ringan yang telah berumur 10 tahun.Sejatinya pemerintah telah mengatur dalam UU jasa konstruksi No. 18 tahun 1999, bahwa lamanya garansi konsumennya bukan hanya janji tanpa dasar hukum yang pasti.

Tidak ada luasan minimum pemasangan rangka atap baja ringan GIGASTEEL SYSTEM akan tetapi bila lokasi proyeknya jauh tentunya hal ini akan menjadi pertimbangan sendiri.

GIGASTEEL SYSTEM memakai software perhitungan khusus yang telah disertifikasi oleh HAKI dan ITB.

Seperti telah diterangkan di atas, pakai yang mana saja bukan masalah, yang menjadi masalah berapa kadar dari lapisan anti karat yang dipakai?

Secara struktural dalam ilmu mekanika bahan jurusan teknik sipil profil Z mempunyai titik berat yang berhimpitan dengan badan profil, berbeda dengan profil C yang memiliki titik berat diluar badan profil.Berhimpitannya titik berat dengan badan profil akan otomatis membuat penampang profil Z lebih stabil terhadap rotasi pada penampang profil (Buckling) mengapa ini penting? Karena baja ringan (semua jenis baja ringan) walau kekuatannya sangat baik karena terbuat dari bahan baja mutu tinggi akan tetapi dengan tipisnya penampang yang dimiliki, memiliki kelemahan dari sisi kekakuannya.

Tentu saja, setiap bahan baku yang GIGASTEEL pakai memiliki SNI

Baja Ringan terbuat dari bahan yang tidak merambatkan api, sehingga bila terjadi kebakaran rangka atap baja ringan tidak akan memperbesar api yang terjadi.

Bila masih ada pertanyaan atau permasalahan jangan ragu menghubungi kami, maka kami akan memberikan support untuk anda sekalian. Salam




Hubungi Kami