Konstruksi

Kenapa Konstruksi Baja Ringan Digandrungi

konstruksi baja ringan

Konstruksi Baja Ringan – Puluhan tahunan dunia arsitektur sudah mulai melirik bisnis properti, disamping banyak untungnya juga peminatnya tidak pernah sepi. Wajar jika tanah sawah dianggap tidak produktif lalu didaratkan, kemudian dikapling untuk usaha properti atau perumahan.

Bahkan Pemerintah pun memiliki program kepemilikan hunian bagi mereka yang jadi PNS, Tentara/Polisi dan juga keluarga miskin agar memperoleh rumah yang layak huni. Bahkan program RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) pun dibuat dengan konsep minimalis, cepat terbangun, dan kuat kualitas bangunannya.


Baca juga : Cermati Sebelum Menggunakan Baja Ringan

Konstruksi Baja Ringan Untuk Gudang

Konstruksi baja ringan bukan hanya untuk gedung pencakar langit, bangunan industri, gudang, rumah hunian atau garasi. Ada beberapa alasan mengapa baja ringan membuat opsi bangunan yang menarik dari awal hingga akhir, tidak terkecuali:

  • Keberlanjutan
  • Keterjangkauan
  • Daya tahan

Dari proyek pembuatan bangunan struktur baja, hingga proyek konstruksi hibrida yang memanfaatkan atribut kayu dan baja, pembangunan modern memiliki banyak pilihan untuk dipilih.

Baja ringan adalah bahan bangunan serbaguna, yang telah menyebabkan inklusi di hampir setiap tahap proses konstruksi dari framing dan balok lantai, hingga bahan atap. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang membuat konstruksi baja menjadi pilihan yang andal.

  • Baja lebih ringan dari kayu
  • Membangun lebih cepat dengan baja
  • Fleksibilitas Baja luar biasa
  • Konstruksi baja ringan ramah lingkungan

Konstruksi Baja Ringan Untuk Kanopi

Selain Konstruksi baja ringan untuk rumah, gudang dan lain lain, bisa uga di gunakan untuk pemasangan Kanopi di rumah atau di manapun. Kanopi minimalis bisa dengan mudah Anda lihat di rumah-rumah, entah di taman, entah di teras. Ya, model kanopi minimalis memang cocok digunakan untuk berbagai keperluan dan eksterior rumah seperti apa pun.

Beberapa rumah memilih kanopi kayu sebagai rangka daripada kanopi baja ringan. Sayangnya, risiko dimakan rayap dan mudah lapuk lebih besar menghinggapi kanopi jenis ini.

Mengapa sebaiknya Anda memasang kanopi baja ringan, inilah alasannya

Anti Karat

Baja tidak sama dengan besi. Jadi, jika besi lebih mudah berkarat, baja sebaliknya. Alasannya, baja sudah mengandung galvalum, pelapis anti karat yang dari karbon, zinc, dan aluminium zinc.

Tidak Membuat Api Membesar

Jika sewaktu-waktu rumah Anda tertimpa sial, semisal kebakaran, kanopi jenis ini tak akan membuat api lebih besar. Sifat non-combustible dalam baja sudah pasti melindungi bangunan rumah Anda.

Biaya Instalasi Murah dan Mudah

Dibandingkan kanopi jenis lain, perawatan dan pemasangan kanopi baja ringan terbilang mudah. Pemasangannya tak lama karena hanya menggunakan baut khusus dan bisa dikerjakan oleh dua-tiga orang. Harga kanopi baja ringan bahkan lebih murah dibandingkan kanopi besi, mulai dari Rp150.000 sampai dengan Rp300.000 per meter persegi. Itu pun tergantung pada model kanopi baja yang Anda sukai

Konstruksi Baja Ringan Untuk Lantai 2

Untuk meninggikan bangunan atau untuk bangunan rumah dua lantai, penggabungan antara konstruksi baja dan juga panel lantai AAC sangat tepat untuk dilakukan. Kombinasi yang tepat antara konstruksi baja dan panel lantai AAC yang fungsi dari konstruksi baja sendiri adalah sebagai ring balok atau kolom, sedangkan panel lantai AAC berfungsi sebagai konstruksi lantai yang nantinya akan diletakkan pada bagian atas dari konstruksi baja.

Proses konstruksi untuk meninggikan bangunan rumah atau membangun rumah dua lantai akan lebih cepat dengan cara menggabungkan dua bahan baja dan panel lantai AAC. Menggunakan konstruksi baja dan panel lantai AAC tidak memerlukan waktu lama dalam proses pengeringan nantinya, selain itu dengan menggunakan konstruksi baja dan panel lantai bisa meminimalkan waktu dan juga menghemat biaya.

Untuk proses pengerjaan hal lainnya seperti pemasangan ubin atau keramik, plesteran dinding dan juga dinding dapat dikerjakan langsung. Sehingga dapat dipastikan dalam proses pembangunan rumah atau gedung dapat dilakukan dengan cepat dan memakan waktu yang tidak lama tentunya.

Konstruksi Rumah Rangka Baja

Saat ini, penggunaan baja ringan sebagai pengganti kayu untuk atap rumah memang sedang naik daun. Kualitas dan keunggulan baja ringan sukses menarik masyarakat menggunakan kerangka atap baja ringan. Tapi bagaimana dengan penggunaan baja untuk rangka bangunan?

Hal ini masih jarang dilakukan atau digunakan oleh masyarakat. Sebagian besar dari mereka masih mempercayakan konstruksi beton untuk membangun rumah. Padahal, bila dibandingkan secara cermat, penggunaan baja tak kalah tangguhnya dengan beton.

Dunia kontruksi karena diminta oleh Pemerintah agar tidak menggunakan kontruksi kayu secara keseluruhan dalam bangunanya, harus mencari alternatif dengan kontruksi bangunan dengan rangka rangka beton, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi tindakan illegal loging kayu yang ada di hutan, karena dikhawatirkan akan membahayakakan ekosistem dan juga menyebabkan bencana longsor dan juga banjir bandang. Butuh waktu puluhan tangun bahkan ratusan tahun agar kembali normal kembali agar hutan berubah menjadi hutan lindung. Semakin rakus manusia dalam memanfaatkan kayu maka semakin terancam lingkungan hutan yang ada. Ini sudah hukum alam tentunya.

Konstruksi rangka atap baja ringan menjadi solusi bagi dunia kontruksi mungkin karena keunggulan terhadap pengaruh cuaca dan rayap termasuk cepat dalam pengerjaanya, sehingga efisiensi biaya tukang bisa terkurangi. Sisi yang lain konstruksi rangka atap baja ringan bisa dijadikan alternatif di tengah masih banyaknya orang yang menggunakan material lain, seperti kayu dan beton. Namun, bila melihat material kayu yang terancam hancur termakan usia apalagi harga material ini meroket seiring dengan meningginya permintaan yang tidak diimbangi stok yang mencukupi, material ini menjadi pilihan yang paling tepat untuk dijadikan atap rumah, ataupun bangunan lain seperti lapangan futsal, ruko, pabrik hingga gudang.

Seiring dengan itu, penggunaan kayu sudah tidak lagi relevan. Baja, sebagai material pengganti, memiliki ciri khusus yang tidak dimiliki material kayu. Baja memiliki permukaan halus dan ketebalannya jauh lebih tipis. Meskipun demikian, tipisnya baja tetap menampilkan kekuatan yang sama dengan baja konvensional, bahkan lebih kuat ketimbang kayu.

Di lapangan, kegiatan yang dilakukan hanyalah pemasangan, sedangkan tahap pemotongan dilakukan di bengkel. Proses ini jelas mempersingkat waktu pengerjaan. Sehingga, bagi orang yang sedang membangun rumah, penggunaan jenis baja ini akan sangat menghemat dana yang harus dikeluarkan. Pengerjaan ini sangat praktis dan dilakukan oleh orang yang telah ahli dibidangnya.

Lebih dari itu, material baja sangat tahan lama dibandingkan dengan kayu. Mereka tahan terhadap serangan rayap dan minim perawatan. Kayu, di sisi lain, tidak tahan rayap dan memerlukan perawatan ekstra. Tidak hanya itu, bahan bangunan ini juga tahan terhadap segala kondisi cuaca, baik panas, dingin ataupun hujan. Tidak akan terjadi korosi meskipun dipasang di daerah pesisir yang berair garam sehingga bangunan akan kokoh dalam jangka waktu yang sangat lama.

Baca juga : Cermati Sebelum Menggunakan Baja Ringan

Baja memiliki kemampuan duktilitas tinggi yang berupa system yang terintegrasi sehingga dapat mencegah ambruknya bangunan secara tiba-tiba bila terjadi goncangan yang hebat seperti pada saat gempa. Bahan bangunan ini juga memiliki proteksi terhadap api sehingga mampu menahan menjalarnya api pada saat kebakaran.

Pesannya adalah berbagai jenis dan ukuran baja ringan. Bagi yang ingin menggunakan material ini untuk rangka atau sebaiknya memiliki jenis dan ukuran yang tepat untuk atap mereka. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi tergantung dari jenis baja tersebut. Dengan kelebihan yang dimilikinya, rumah akan lebih baik jika menggunakan konstruksi atap baja ringan.

Sumber Google

Related posts

Pre Engineered Building Dalam Dunia Konstruksi

Rizal

Jenis Bahan Atap Rumah Yang Perlu Anda Ketahui

Rizal

Spandek Atap, Ketahui Kelebihannya

Nasuha

5 comments

Mengenal Ketebalan Baja Ringan | Baja Ringan System March 30, 2019 at 5:05 am

[…] Baca Selengkapnya : Kenapa Konstruksi Baja Ringan Digandrungi […]

Reply
Mencegah Korosi Pada Besi Baja | Baja Ringan System March 30, 2019 at 5:07 am

[…] Baca Selengkapnya : Kenapa Konstruksi Baja Ringan Digandrungi […]

Reply
Mengenal Ketebalan Baja Ringan - Harga Baja Ringan April 8, 2019 at 3:08 am

[…] Baca Selengkapnya : Kenapa Konstruksi Baja Ringan Digandrungi […]

Reply
Mencegah Korosi Pada Besi Baja - Harga Baja Ringan April 8, 2019 at 3:08 am

[…] Baca Selengkapnya : Kenapa Konstruksi Baja Ringan Digandrungi […]

Reply
Rangkuman Artikel 2 | Baja Ringan System October 31, 2019 at 7:35 am

[…] Konstruksi Baja Ringan – Puluhan tahunan dunia arsitektur sudah mulai melirik bisnis properti, disamping banyak untungnya juga peminatnya tidak pernah sepi. Wajar jika tanah sawah dianggap tidak produktif lalu didaratkan, kemudian dikapling untuk usaha properti atau perumahan. […]

Reply

Leave a Comment

Hubungi Kami