Baja Ringan Blog

Keuntungan Atap Baja Ringan Untuk Rumah Anda

Keuntungan Atap Baja Ringan Untuk Rumah Anda

Keuntungan Atap Baja Ringan – Atap baja ringan kini sudah semakin populer dipasaran dan sudah mulai banyak digunakan pada atap rumah. Bagi para kontraktor Konstruksi pada rumah sudah tidak asing dengan kegunaan dari atap baja ringan itu sendiri.

Atap baja ringan sendiri merupakan sebuah perkembangan baru bagi rangka atap yang berhasil ditemukan seiring dengan kemajuan teknologi serta zaman yang semakin berkembang. Penggunaan atap baja ringan kini menjadi pengganti atap dari kayu yang saat ini sudah mulai sulit untuk ditemukan karena semakin berkurangnya bahan baku dari kayu itu sendiri.

Baca Juga : Memprediksi Cuaca Dalam Pelaksanaan Proyek

Rangka atap baja ringan memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dan kurang lebih sama dengan rangka atap konvensional yang masih menggunakan kayu. Akan tetapi, saat ini rangka atap baja ringan mulai disarankan oleh para ahli dan orang-orang yang berada di ruang lingkup konstruksi rumah. Hal ini disebabkan oleh beberapa kelebihan yang ditawarkan jika menggunakan rangka atap baja ringan. Dibawah ini adalah beberapa keuntungan menggunakan rangka atap baja ringan, apa saja?

Bertahan Lebih lama

Dalam penggunaan rangka atap kayu, permasalahan klasik yang akan dihadapi adalah ancaman rayap yang siap mengancam untuk menggerogoti dan membuat kayu menjadi menyusut. Hal ini diakibatkan kayu tidak memiliki lapisan yang memiliki kekuatan untuk mencegah rayap menggerogoti material kayu ini.

Berbeda dengan jika menggunakan rangka atap baja ringan. Menurut GigaSteel yang merupakan salah satu aplikator baja ringan system di Indonesia, rangka atap baja ringan sudah memiliki lapisan tahan karat dan tahan rayap yang berupa lapisan galvalum maupun galvanis dan sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

Dengan lapisan yang dimiliki oleh baja ringan namun tidak dimiliki oleh kayu jika digunakan sebagai rangka atap, maka rangka atap baja ringan dapat bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan rangka atap kayu. Bahkan hingga 10 tahun lebih lama.

Bobot Atap Baja Ringan

Sesuai dengan namanya yaitu baja ringan, keunggulan paling utama yang dimiliki oleh baja ringan adalah bobotnya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan rangka atap kayu.

Meskipun memiliki bobot yang lebih ringan, baja ringan memiliki mutu baja yang tinggi. Karena pada prinsipinya, semakin tebal rangka atap maka semakin berat beban material. Akan tetapi, mutu baja yang dihasilkan memang tidak sesuai dengan beban yang dimiliki oleh material rangka atap tersebut. Meskipun tipis, baja ringan memiliki mutu baja yang cukup baik.

Selain itu, rangka atap baja ringan yang terbuat dari bahan dasar baja dengan campuran zinc maupun alumunium ini tentu tidak akan membuat plafon memiliki beban secara berlebihan.

Proses Pemasangan dan Pengerjaan Cepat

Jika memilih menggunakan baja ringan system yang sudah melalui proses perhitungan, fabrikasi, hingga pemasangan di lokasi, maka seluruh proses ini bisa dilakukan dengan cepat. Pemasangan di lokasi hanya tinggal pemasangan saja karena baja ringan yang menggunakan system sudah dipotong sesuai dengan desain yang ada.

Banyak faktor yang membuat mengapa rangka atap baja ringan memiliki waktu yang lebih cepat saat proses pemasangannya jika dibandingkan dengan rangka atap kayu. Misalnya saja dari sambungan, penggunaan material Self Drilling Screw dan material konektor lainnya membuat pemasangan baja ringan menjadi lebih cepat dan lebih kokoh. Ini tentu menjadi keuntungan atap baja ringan yang diaplikasikan pada atap rumah.

Meskipun pemasangan dan pengerjaannya cepat, pemasangan pada rangka atap baja ringan ini tidak bisa dilakukan oleh semabrang orang. Diperlukan orang yang ahli dan telah tersertifikasi untuk memasang rangka atap baja ringan ini. Karena jika dilakukan oleh sembarang orang dan belum memiliki pengalaman apalagi tersertifikasi, maka kualitas rangka atap baja ringan juga akan berpengaruh.

Baca Juga : Prinsip Desain Rumah Minimalis Sentuhan Gaya Jepang

Minim Perawatan

Jika menggunakan rangka atap baja ringan, keuntungan atap baja ringan lainnya adalah dapat meminimalisis pengeluaran untuk perawatan seperti jika menggunakan rangka atap kayu. Penggunaan rangka atap kayu memiliki perawatan ekstra terutama jika sudah mulai rapuh dan lapuk. Sedangkan baja ringan tidak.

Selain itu, meskipun akan dilakukan renovasi, rangka atap baja ringan bisa digunakan kembali dan tidak perlu memikirkan untuk mengeluarkan biaya lebih untuk mengganti material baru secara keseluruhan.

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Desain Atap Rumah Kekinian

Nasuha

Material Simpel dan Kokoh Rumah Minimalis

Rizal

Perencanaan Struktur Baja Pada Bangunan

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami