Kandang Konstruksi

Kelebihan Kandang Ayam Modern

Kelebihan Kandang Ayam Modern

Kandang ayam menjadi salah satu faktor penunjang kesuksesan peternakan ayam. Semakin ideal kandangnya maka kesuksesan bisa didapatkan oleh peternak. Yang harus diketahui peternak adalah setiap ayam ini memiliki kandang idealnya masing-masing, misalnya kandang ayam broiler yang ideal belum tentu cocok untuk kandang ayam layer.

Semakin berkembangnya teknologi saat ini membuat kandang ayam jenis modern bermunculan. Tentunya kandang ayam yang modern memiliki keunggulan dibandingkan dengan kandang yang biasa. Bagi peternak ayam yang ingin menggunakan kandang ayam modern, simak beberapa keunggulan atau kelebihan kandang ayam modern yang bisa didapatkan dengan beternak menggunakan kandang tersebut:

  • Lebih Awet

Salah satu kelebihan kandang ayam petelur modern yang bisa didapatkan peternak adalah lebih awet. Dibandingkan dengan kandang ayam layer biasa tentu saja kandang yang modern ini lebih awet dikarenakan dibuat dari bahan yang berkualitas. Bahan yang digunakan untuk membuat kandang petelur modern adalah kawat besi yang anti gores sehingga ayam dipastikan aman dan nyaman ketika berada di dalam kandang. Kawat besi tersebut lebih awet jika dibandingkan dengan kandang yang terbuat dari bambu.

  • Mudah Melakukan Pengawasan

Kelebihan kandang ayam layer modern yang patut dipertimbangkan oleh peternak adalah mudah dalam melakukan pengawasan. Kandang ayam yang modern sudah dirancang sedemikian rupa untuk bisa memudahkan peternak dalam melakukan pengawasan. Pengawasan ayam ini bermanfaat untuk memantau tumbuh dan kembang ayam selama di peternakan.

  • Pemberian Pakan yang Mudah

Peternak bisa memberikan pakan dengan mudah. Kandang ayam layer yang modern ini sudah diatur sedemikian rupa agar kerja peternak lebih efisien. Kerja yang tidak efisien akan membuat tenaga yang dikeluarkan tidak sebanding dengan hasil yang didapatkan.

  • Praktis

Kandang ayam layer modern dengan yang biasa ini berbeda terutama dalam hal kepraktisan. Jika kandang ayam layer biasa ini untuk mengambil telur yang dihasilkan harus satu per satu namun tidak untuk kandang ayam petelur yang modern. Kandang ayam yang modern akan membuat telur ayam yang sudah diproduksi akan berkumpul menjadi satu. Ada bagian untuk menampung telur tersebut sendiri sehingga peternak tidak harus mengunjungi satu per satu unit kandang dengan begitu lebih menghemat tenaga peternak.

  • Mudah Dibersihkan

Bagi peternak yang tidak suka dengan lingkungan peternakan yang kotor bisa memilih menggunakan kandang yang modern. Hal itu dikarenakan kandang ayam petelur modern lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan yang biasa. Kandang ayam yang mudah dibersihkan akan meningkatkan produktivitas ayam dikarenakan virus dan bakteri tidak akan mudah menyebar di lingkungan peternakan yang bersih.

Cara Mendapatkan Kandang Ayam Modern

Untuk bisa mendapatkan kandang ayam modern ini bisa dengan beberapa cara. Salah satu cara yang bisa dilakukannya adalah dengan membeli lewat internet karena sudah banyak dijual belikan di internet. Namun yang harus diperhatikan peternak di sini adalah harga kandang ayam modern berbeda dengan yang biasa dimana harganya lebih mahal. Oleh sebab itu peternak harus menyiapkan budget yang cukup untuk bisa membeli kandang tersebut.

Setiap jenis kandang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meski kandang  modern memiliki banyak kelebihan namun harga satu unitnya lumayan mahal sehingga budget yang harus dikeluarkan banyak. Untuk peternak yang skalanya sudah besar dan maju tidak masalah membeli kandang ayam yang sudah modern ini. Namun bagi peternak pemula yang masih belajar dalam menggeluti bisnis ayam layer sebaiknya memikirkan kembali apakah dirinya membutuhkan kandang ayam layer modern tersebut atau justru yang biasa, hal itu dikarenakan pembeliannya berpengaruh terhadap modal awal yang harus dikeluarkannya.

Sumber : Starcon

Related posts

Fitur Unggulan MAGNA SYSTEM

Rizal

Kusen Baja Ringan, Pengganti Kusen Kayu

Rizal

Genteng Metal, Kelebihannya Sebagai Atap

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami