Blog Desain

Kegunaan Semen Putih Yang Perlu Diketahui

Perlu Diketahui Kegunaan Semen Putih

Terdapat dua jenis semen yang umum digunakan untuk membuat bangunan. Keduanya ialah, semen biasa yang punya warna abu-abu dan semen putih. Ternyata kegunaan semen putih ini banyak sekali dan belum terlalu diketahui oleh masyarakat . Apa saja ?

Semen berwarna putih (White Portland Cement) biasanya lebih banyak digunakan untuk dekorasi luar.

Kegunaan semen putih ini pada dasarnya sama dengan semen abu. Namun begitu, warna putih yang dimilikinya bisa memberikan kesan berbeda untuk tampilan rumah.

Itu sebabnya, semen dengan warna putih ini kerap dimanfaatkan untuk beberapa unsur rumah secara khusus.

Berikut ini keunggulan dari penggunaan semen putih untuk bangunan :

  • Dapat digunakan bermacam-macam konstruksi.

Jenis semen yang satu ini dapat digunakan dalam bermacam-macam proses konstruksi. Salah satu contohnya adalah dalam proses pembuatan acian, finishing, sampai untuk pengaplikasian plamir. Plamir sendiri gunanya adalah untuk meratakan permukaan tembok dengan menutupi keretakannya. Umumnya, plamir dimanfaatkan untuk permukaan interior. Sehingga warna semen putih yang unik ini bisa jadikan alternatif sebagai warna interior ruangan untuk menciptakan nuansa industrial modern yang sedang populer saat ini.

  • Cocok untuk interior ruangan.

Mengapa semen putih cocok untuk dimanfaatkan sebagai warna interior ruangan dalam gaya industrial modern? Sebab, warna super putihnya yang cantik cocok untuk jadi bagian dari dekorasi atau interior ruangan. Selain itu, sebaiknya juga memilih jenis semen putih yang kandungan Fe2O3-nya rendah agar tampilannya menarik dan aman .

  • Penggunaannya lebih ekonomis.

Apabila dibandingkan dengan jenis semen lainnya, semen putih ini lebih efisien dari segi biaya. Jadi, biaya keseluruhannya jika menggunakan jenis semen yang satu ini akan lebih hemat. Karena itulah mengapa kualitas tidak selalu berarti biaya yang mahal. Sebab, salah satu keunggulan dari semen putih adalah daya rekatnya jauh lebih kuat karena kandungan senyawa silikatnya yang tinggi. Maka, proporsi penggunaan semen putih selama proses konstruksi nanti bisa ditekan sampai seefisien mungkin.

  • Dapat digunakan untuk proses finishing.

Bukan hanya bisa digunakan untuk konstruksi, semen putih juga dapat dimanfaatkan dalam proses finishing, termasuk aplikasi dekoratif. Dan kegunaan untuk hal ini berlaku bukan hanya jika Anda membangun rumah, tapi juga kantor maupun jenis bangunan lainnya. Untuk pembuatan bahan acian dalam proses finishing maupun aplikasi dekoratif, Anda hanya cukup mencampurkan semen putih dengan air.

Sumber : Google

Related posts

Prinsip Desain Rumah Minimalis Sentuhan Gaya Jepang

SystemBajaRingan

Pengertian dan Fungsi Shear Wall pada Bangunan

Rizal

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membangun Rumah

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami