Konstruksi

Kegunaan dan Kelebihan Besi Siku Sebagai Material

Kegunaan dan Kelebihan Besi Siku Sebagai Material

Kegunaan Kelebihan Besi Siku – Seiring semakin berkembangnya teknologi terutama di dunia konstruksi, maka semakin beragam pula inovasi terbaru di dunia konstruksi. Dengan perkembangan ini tentu akan membuat sebuah proses konstruksi menjadi semakin praktis serta menghasilkan sebuah bangunan yang lebih kuat dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga : Sistem Konstruksi Sarang Laba-laba, Penemuan Pondasi Kokoh

Perkembangan alat pendukung konstruksi kini pun semakin banyak pilihannya, material besi siku salah satunya. Besi siku merupakan sebuah material yang terdiri dari material logam yang berbentuk dua garis tegak lurus atau siku yang memiliki sudut 90 derajat atau menyerupai segitiga siku-siku yang satu sisinya tidak tertutup. Besi siku hanya di produksi dengan panjang yang sama, yaitu 6 meter.

Sebagai sebuah material, berikut adalah kelebihan besi siku sebagai material.

Kelebihan Besi Siku

Ringan dan Kuat

Jika dibandingkan dengan produk baja struktural lainnya, besi siku menjadi salah satu material yang memiliki beban cukup ringan dalam berbagai dimensinya. Meskipun memiliki beban yang lebih ringan, besi siku memiliki kekuatan yang tidak kalah dengan baja struktural lainnya. Memiliki penampang yang berbentuk L (L-Bracket) dan membentuk sudut 90 derajat menjadikan besi siku kokoh seperti bentuk segitiga.

Dimensi yang Variatif

Besi siku menjadi salah satu produk besi yang sangat variatif. Hal ini akan memberikan sebuah pilihan kepada konsumen untuk memilih sesuai dengan kebutuhan proyek yang akan dikerjakan. Meskipun memiliki panjang standar 6 meter, besi siku memiliki variasi ketebalan 1,4mm hingga 3,4mm serta memiliki variasi dimensi penampang L yang terdiri dari ukuran 2mm, 3mm, 4mm, dan 4m. Variasi ketebalan dan dimensi penampang besi siku ini akan memengaruhi beban dan akan berbanding lurus dengan harganya.

Mudah Dibentuk

Besi siku menjadi salah satu material yang relatif mudah dikerjakan uktuk menghasilkan ukuran dan konstruksi tertentu yang sesuai dengan kebutuhan dilapangan. Untuk pemotongan besi siku itu sendiri, alat yang diperlukan hanya alat pemotong besi yakni gerinda listrik atau pemotong manual. Selain itu, besi siku juga dapat ditekuk dengan pencatok atau menggunakan alat lain. Untuk penyambungannya itu sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan sistem las maupun menggunakan baut pada besi siku.

Perawatan Mudah

Besi siku yang terbuat dari besi plat yang diolah dan dilapisi oleh pelapis anti karat. Oleh karenanya, besi siku tidak memerlukan perawatan secara khusus. Akan tetapi, finishing anti karatnya harus tetap diberikan pada ujung yang terpotong, bagian tepi, maupun lubang baut pada sambungan sehingga tidak akan ada bagian yang terbuka dan berisiko mengalami korosi.

Baca Juga : Faktor Pemilihan Baja Ringan Untuk Atap Rumah

Tahan Lama

Kekuatan dan ketahanan bahan terhadap karat membuat material L-bracket ini memiliki usia yang relatif panjang. Selain itu, besi siku juga termasuk material yang memiliki sifat berkelanjutan, yaitu dapat digunakan kembali (reuse). Seperti besi siku bekas rangka atap dapat digunakan lagi untuk proyek lain, misalnya untuk rak, kaki meja/kursi, dan lainnya.

Setelah mengetahui kelebihan yang diberikan material besi siku, berikut adalah kegunaan besi siku:

  1. Rak Besi
  2. Rak Gantung
  3. Struktur Menara Tangki Air
  4. Kerangka Pintu
  5. Teralis Jendela
  6. Pagar Hunian
  7. Konstruksi Tangga

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Magna System Pada Konstruksi Green House

Rizal

Jenis Semen Yang Harus Kita Tahu

Rizal

Desain Kandang Sapi Kekinian; Alternatif Struktur Baja Mutu Tinggi

Nasuha

Leave a Comment

Hubungi Kami