Baja Ringan Blog Konstruksi

Kaso Metal, Apa Saja Keunggulannya?

Kaso Metal

Kaso Metal – Penggunaan kayu saat ini memang terkesan konvensional. Selain karena tidak tahan rayap, penggunaan kaso dari kayu cenderung lebih mudah rusak meskipun memang ada juga kayu dengan kualitas terbailk. Akan tetapi, penggunaan kayu yang semakin banyak juga akan semakin banyak keperluan akan pemotongan kayu yang mengakibatkan semakin sedikitnya pohon-pohon penopang hutan.

Kemunculan kaso metal (baja ringan) mejadi angin segar bagi dunia konstruksi modern. Bahan kaso metal ini dapat menjadi alternative pembuatan rangka atap dari kayu.  Kaso metal ini memanfaatkan baja ringan sebagai pilihan dan pengganti rangka atap. Struktunya sendiri terdiri dari rangkaian batang-batang, tidak jauh beda dengan bentuk kaso kayu. Semuanya membentuk jarring-jaring yang membentuk segitiga.

Baca Juga : Rangka Atap Alumunium

Kaso metal ini sendiri sering disebut dengan usuk yang menjadi elemen untuk persilangan dengan gording. Kaso ini berperan sebagai balok anak yang memiliki tugas untuk menyalurkan beban menuju gording.

Keunggulan  Penggunaan Kaso Metal dalam Bangunan atau Konstruksi

Dengan hadirnya kaso metal, tentu semakin membuat anda memiliki cukup pilihan akan menggunakan kayu atau baja ringan sebagai bagian dari material yang ingin anda gunakan. Pemakaian atap baja ringan ini menjadi sebuah trend baru dari trend-trend konstruksi yang sudah ada sebelumnya, menggunakan kayu sebagai material utama.

Berikut adalah keunggulan kaso metal sebagai rangka atap:

                Material Lebih Ringan Dibandingkan Kayu

Jika anda memilih Kaso Metal sebagai bagian dari rangka atapm tentu akan menjadi sebuah keuntungan bagi anda. Hal ini diakibatkan kaso metal lebih ringan daripada anda menggunakan kaso kayu. Meskipun rumah akan menjadi lebih ringan dalam menahan beban bangunan itu sendiri, kaso metal memiliki daya tahan yang cukup kuat dan tangguh. Banyak aplikator baja ringan yang dapat memberikan garasi bahwa dengan material yang lebih ringan, justru kaso metal ini mampu menopang beban berat pada rangka atapnya.

                Efisiensi Waktu dan Biaya

Jika anda memilih kaso baja ringan sebagai penyangga dari atap anda, maka anda akan memiliki efisiensi dari segi waktu dan biaya yang lebih banyak. Efisiensi kepada tenaga kerja juga akan sangat mungki n terjadi. Begitupun dalam hal pengiriman tentunya akan menjadi lebih ringan dan hemat.

Jika anda ingin mengalami efisiensi dari segi biaya, anda dapat menyederhanakan desain fondasi bangunan dan sistem pendukung struktur lainnya, yang tentunya akan dapat mengurangi pengeluara proyek. Tapi, jangan sampai anda sembarangan memilih aplikator baja ringan yaa.

Baca Juga : Atap Multiroof

Begitupun jika anda ingin mendapatkan efisiensi secara biaya, penggunaan kaso metal membuat anda menjadi lebih hemat. Hal ini dikarenakan kaso metal sudah disesuaikan dengan software saat pen-desainan. Pemasangan material pun menjadi relatif mudah dan cepat. Tidak akan terjadi sesuatu yang biasanya dikarenakan kelebihan atau kekurangan bahan material.

Kaso meytal sudah dihitung menggunakan software terpercaya, dan didesain sedemikian rupa sejak dari pabrik, dan baru akan dikirim. Untuk pemasangannya pun sudah menyesuaikan perhitungan yang sudah ada.

                Kokoh, Kuat, dan Tahan Lama

Salah satu keunggulan dari rangka baja yaitu memiliki kekuatan terhadap berat yang cukup tinggi. Yang tentunya akan menghasilkan produk yang kokoh dan lebih kuat. Selain itu, pelapisan yang sangat baik membuat menghasilkan produk yang akan bertahan sangat lama. Material ini dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama dengan perawatan yang sangat minimal.

Dengan produk yang dirancang di pabrik membuat bahan kaso yang tiba di lokasi kerja proyek akan sangat persis dengan seperti yang dirancang. Tentu sangat berbeda dengan kayu yang dilakukan pemotongan secara manual di lokasi.

                Fabrikasi yang Terkontrol dengan Baik

Proses fabrikasi yang dilakukan dan terkontrol dengan baik ini tentu membuat kualitasnya sangat baik. Proses fabrikasi yang dimulai dari pemotongan bahan, hingga perakitan di lokasi dilakukan dengan pengawasan dan sudah memiliki stadar kualitas terbaik yang telah ditentukan.

Hal ini tentu akan sangat bermanfaat demi menghindari kesalahan saat manusia, saat pemotongan misalnya. Jika ada kesalahan dalam pengukuran dan pemotongan tentu akan memakan banyak waktu dan bahan lainnya. Karenanya keunggulan kaso metal yaitu bahan yang tinggal dipasang.

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Baja Galvanis: Investasi Konstruksi Masa Kini

Nasuha

Plafon Atap Untuk Rumah Anda

Nasuha

Teknologi Rumah Masa Depan Ramah Lingkungan

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami