Baja Ringan Blog Desain

Kanopi Rumah Baja Ringan

Kanopi Baja Ringan

Kanopi Baja Ringan – Kanopi mempunyai beberapa pengertian, menurut kamus besar Bahasa Indonesia Kanopi sendiri mempunya arti tirai atau langit-langit dari terpal, kain, logam, besi dan sebagainya dan pada teras terdapat bertiang sebagai pemisah halaman dengan bagian luar rumah ataupun suatu bangunan. Di negara-negara Eropa, tepatnya pada abad pertengahan menjelaskan jika kanopi dalam Bahasa Prancis berarti Canope serta dalam Bahasa Latin berarti Canopeum mempunyai arti serta erat kaitannya dengan tempat tidur bertiang empat dengan tirai atau kain yang menutupi bagian atas serta samping.

Selain beberapa pengertian tersebut, dalam dunia Biologi kanopi merupakan suatu kumpulan tajuk (kesatuan tajuk) atas hutan dengan rata-rata ketinggian 25-30 meter dan tumbuhnya rapat sehingga tajuknya saling bertautan membentuk kesinambungan dan menjadi atap hutan. Keberadaan kanopi sebagai atap hutan tersebut menjadikan kondisi sejuk dan teduh tanpa sinar matahari.


Baca Selengkapnya : Apa Itu Baja Ringan

Berdasarkan beberapa pengertian diatas, istilah kanopi juga digunakan dalam dunia arsitektur, dimana kanopi merupakan sejenis atap yang dibuat untuk melindungi bagian luar rumah maupun beberapa bangunan yang lain seperti ruko dari panas matahari dan terpaan hujan. Dewasa ini kanopi mengalami perkembangan yang luar biasa , dimana kanopi bisa diaplikasikan pada jenis-jenis bangunan selain rumah seperti digunakan pada bagian garasi mobil dan balkon rumah, kantor dan bangunan lainnya.

Fungsi utama suatu kanopi  berdasarkan penjelasan diatas adalah untuk melindungi penghuni maupun bagian luar suatu rumah atau bangunan yang lain dari sinar matahari atau terpaan hujan, namun selaiun fungsi utama tersebut, kanopi juga mempunyai fungsi dan kegunaan yang tidak kalah pentingnya, diantarannya:

  • Memberikan perlindungan bagi penghuni rumah dari benda-benda yang jatuh dari atas serta mampu memberikan privasi bagi penggunannya
  • Kanopi mampu dan memberikan nilai dekoratif tambahan pada bangunan. Nilai dekoratif disini maksudnya adalah kanopi mampu menambah keindahan desain atau tampak dari suatu rumah atau bangunan

Banyak penghuni rumah mengaplikasikan baja ringan untuk pembuatan kanopi dikarenakan kanopi dari kayu yang mudah lapuk karena cuaca dan juga dapat terserang oleh rayap. Beberapa keuntungan yang didapati dari penggunaan  kanopi daribaja ringan antara lain :

  •       Pemasangan kanopi baja ringan cukup mudah

Penggunaan kanopi baja ringan sangat cocok untuk yang memiliki keterbatasan dana dan waktu pembangunan. Pemasangan kanopi ini cukup mudah karena hanya dirakit menggunakan baut khusus, tidak seperti kanopi besi yang harus dirakit menggunakan mesin las. Bobotnya pun tidak terlalu berat seperti besi sehingga bisa dikerjakan oleh 2 hingga 3 pekerja saja. Proses pemasangan yang mudah dan cepat ini akan menghemat dana untuk membayar para pekerja.

  •       Kanopi baja ringan anti karat

Sebelumnya yang harus perlu diketahui kalau besi dan baja itu berbeda. Jika besi bisa mengalami karat seiring bertambahnya waktu, baja ringan tidak akan mengalami karat. Hal ini dikarenakan baja ringan sudah dilapisi dengan Galvalum, pelapis anti karat yang terbuat dari karbon, zinc, dan alumunium zinc. Kanopi baja ringan ini cocok untuk digunakan di bagian garasi yang sering terkena panas dan hujan dan tidak perlu melakukan perawatan rutin seperti melapisi zat anti karat setiap saat yang pastinya akan menghemat waktu dan biaya

  •        Kanopi baja ringan rumah anti rayap

Tidak seperti kanopi kayu yang mudah diserang oleh rayap, kanopi dari baja ringan tidak akan mengalami serangan rayap karena materialnya tidak bisa dimakan oleh rayap. Dengan demikian, kanopi akan awet dalam jangka waktu panjang dan tidak harus repot-repot mencari cara membasmi rayap.

  • Kanopi baja ringan tidak mengalami muai dan susut

Kanopi baja ringan memiliki ketahanan yang luar biasa terhadap perubahan cuaca. Di saat kanopi berbahan lainnya mengalami muai dan susut akibat perubahan cuaca, kanopi baja ringan akan bertahan dalam ukurannya. Tanpa proses pemuaian dan penyusutan, bentuk kanopi baja ringan tidak akan berubah dan mengurangi estetika serta keamanan.

Baca Selengkapnya : Memasang Rangka Atap Baja Ringan

  •       Biaya untuk kanopi baja ringan rumah sangat terjangkau

Biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan kanopi baja ringan secara keseluruhan pada saat mulai pembangunan hingga perawatan bisa dibilang sangat terjangkau dibandingkan dengan kanopi bahan lainnya. Dilihat dari harga bahan bakunya saja sudah jelas kalau kanopi baja ringan ini lebih murah dari bahan besi. Dilihat dari segi biaya pemasangan pun lebih murah, karena membutuhkan sedikit waktu pemasangan dan mudah dipasang. Dari segi perawatan setelah pemasangan, kanopi dari baja ringan hampir tidak membutuhkan tambahan lapisan khusus. Kemungkinan rusaknya pun kecil sehingga tidak perlu mengeluarkan uang untuk mengganti kanopi minimalis dengan yang baru dalam waktu singkat.

Sumber : Google

Related posts

Software Untuk Konstruksi dan Teknik Sipil

Rizal

Penggunaan Baja Hollow Pada Rangka Atap

Rizal

Jenis Atap Baja Ringan yang Bisa Dipadukan

Nasuha

2 comments

Bisnis Baja Ringan | Baja Ringan System March 30, 2019 at 5:56 am

[…] Baca Selengkapnya : Kanopi Baja Ringan Rumah […]

Bisnis Baja Ringan Yang Menggiurkan - Magna System April 11, 2019 at 11:30 am

[…] Baca Selengkapnya :¬†Kanopi Baja Ringan Rumah […]

Comments are closed.

Hubungi Kami