Baja Ringan Kandang Konstruksi

Kandang Ayam Modern Lebih Sehat

Kandang ayam modern

Kandang Ayam Modern Lebih Sehat. Apabila kamu melintasi sebuah peternakan kandang ayam, pernahkah kamu merasa terganggu dengan udara yang berasal dari kandang ayam tersebut? Terganggukah kamu terhadap bau yang dihasilkan dari peternakan kandang ayam tersebut? Jika iya, berarti ada sistem sirkulasi udara yang bermasalah. Ada beberapa hal yang menyebabkan dipengaruhi alur sirkulasi udara yang kurang tepat, juga belum bekerjanya dengan baik proses sirkulasi udara yang ada pada kandang tersebut.

Jika sirkulasi udara yang buruk di dalam kandang dibiarkan terus-menerus, akan meningkatkan risiko terserang penyakit pernapasan. Tantangan produksi ayam ras pedaging (broiler) saat ini adalah perubahan iklim yang tidak menentu, perbedaan suhu yang tinggi antara siang dan malam, serta tingkat kelembapan yang realtif tinggi. Ketiga tantangan ini berdampak langsung pada performa broiler.

Kalau seperti itu, apakah ayam yang dihasilkan juga sehat? Jawabannya bisa sehat bisa juga tidak. Karena sirkulasi udara yang kurang baik bisa mempengaruhi ayam petelur dalam memberikan hasil terbaik. Dan juga tentunya akan berpengaruh pada ayam yang beredar dipasaran dan kamu makan lhoo.

Baca Juga : Kandang Ayam Petelur Modern

Lalu, kandang ayam petelur apa yang dibutuhkan untuk beternak ayam dengan sirkulasi udara yang sehat?

Ada beberapa syarat yang harus dimiliki oleh pemilik kandang ayam berdasarkan PERATURAN MENTERI PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 31 Tahun 2014 yang harus kita ketahui bersama. Permentan ini mengatur dan memberikan pedoman tentang bagaimana budidaya ayam pedaging dana yam petelur. Peraturan ini juga mengatur tentang kandang ayam yang harus mengikuti aturan yang ada dan sesuai dengan standar pada konstruksi bangunan kandang ayam.

Konstruksi bangunan tersebut harus dilengkapi antara lain dengan:

  1. Ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara dengan baik;
  2. Saluran limbah dan pemanfaatannya;
  3. Gudang penyimpanan pakan, obat, alat dan mesin yang mampu memenuhi persyaratan mutu, keamanan, dan higienis; dan
  4. Kandang yang menjamin ternak terhindar dari kecelakaan dan kerusakan fisik.

Kandang ayam petelur modern hadir sebagai pembaharuan dari kandang ayam konvensional yang ternyata bisa menghasilkan kondisi udara yang kurang baik. Hal yang harus kamu tahu dari kandang ayam petelur modern ini adalah dibuat dengan produk-produk unggulan, seperti atap dari Galvalume, lantai yang terbuat dari kalsi, bambu, dan floor deck, plafon yang dilapisi galvalume,  alumunium foil, dan terpal, dinding yang dilapisi wirewesh dan galvalume, terutama sistem sirkulasi udara yang terdiri dari fan dan cooling pad.

Baca Juga : Canopy Baja Ringan Untuk Desain Rumah Minimalis

Sirkulasi udara yang baik akan menghasilkan oksigen yang baik bagi ternak. Karenanya, peternak harus memerhatikan manajemen ventilasi udara agar perputaran udara yang ada di dalam kandang selalu terjaga dengan baik. Adanya ventilasi tersebut juga berfungsi mengurangi imbas dari suhu ekstrem, kelembapan udara yang berlebihan dan kontaminasi udara ke batas toleransi yang memungkinkan. Jika ventilasi sudah baik, maka pasokan oksigen akan optimal, dan konsentrasi dari agen penyakit yang berada di udara juga semakin berkurang.

Dengan spesifikasi tersebut dan didukung dengan teknologi tinggi, kandang ayam petelur modern akan menghasilkan ayam petelur yang lebih sehat dan juga menghasilkan sirkulasi udara yang lebih baik daripada kandang ayam konvensional yang terlalu didominasi kayu dan bambu. Dan saat panen pun akan menghasilkan kualitas ayam terbaik yang siap didistribusikan kepada konsumen.

Dengan hal tersebut, tentu harus jadi perhatian khusus bahwa ayam yang berkualitas yang akan dikonsumsi konsumen tentunya harus dalam kondisi terbaik. Konsumen pun saat ini sudah cerdas, dan harus mengetahui bahwa ayam yang di konsumsinya adalah ayam yang dihasilkan dari peternakan yang memiliki kandang ayam yang modern dan sehat.

Sumber : Starcon

Related posts

Software Untuk Konstruksi dan Teknik Sipil

Rizal

Peran Pipa PVC dapat diganti Pipa Baja Ringan ?

Rizal

Struktur Rangka Atap Bangunan

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami