Blog Desain

Jenis Talang Air Pada Atap Rumah

Jenis Talang Air Rumah

Atap rumah merupakan elemen penting sehingga wajib ada dalam setiap rumah. Gabungan dari atap rumah, yaitu talang air yang berfungsi untuk mengalirkan air hujan dari genteng ke tempat tujuannya seperti saluran air hujan atau tangki penampungan air. Adanya talang air mungkin terlihat sepele, namun memiliki fungsi yang penting.

Pemasangan talang air ini, untuk mencegah air hujan mengalir pada tempat yang tidak semestinya, sehingga terhindar dari genangan air.  Tentu dibutuhkan talang air untuk membantu mengalirkan air hujan. Agar talang air dapat berfungsi dengan baik, maka harus selalu rutin perawatan dengan membersihkan benda-benda yang dapat menyumbat talang air. Ada beberapa jenis jenis talang air rumah yang dapat dipakai pada elemen atap rumah. Jenis jenis talang air rumah lainnya yaitu sebagai berikut :

Baca juga : Rumah Minimalis Terlihat Menarik Lakukan Ini

  • Talang Air Jenis PVC

Jenis talang ini sering digunakan pada hunian rumah masyarakat Indonesia. Dikarenakan harganya yang terjangkau dan juga pemasangan yang tidak terlalu rumit, maka tak heran jika jenis talang air rumah ini menjadi pilihan umum dimasyarakat.

Namun sayangnya jenis talang air rumah dari PVC ini terbuat dari plastik dan tidak dapat bertahan terlalu lama. Hanya sekitar 3-4 tahun saja. Posisinya yang berada diluar, menyebabkan talang air rentan terhadap paparan cuaca yang bisa menyebabkan penurunan kualitas PVC.

  • Talang Air Jenis Logam

Talang Air Logam biasanya menggunakan jenis bahan alumunium, seng, atau bisa juga menggunakan galvalume. Dari segi harga, Jenis talang air rumah ini sangat terjangkau sama seperti alang air berbahan PVC. Talang air logam biasanya dijual dalam bentuk lembaran yang memudahkan dalam pembentukan, yang menyesuaikan dengan atap. Dan juga proses pemasangannya tidak sulit.

Namun jenis talang rumah ini mempunyai kelemahan yaitu mudah terserang karat, sehingga membutuhkan lapisan logam anti karat atau dapat memilih jenis logam yang berkualitas tinggi.

Baca juga : Wallpaper Untuk Dinding Rumah

  • Talang Air Jenis Beton

Talang ini jelas paling unggul di antara jenis lainnya karena sangat kuat, kokoh, dan umurnya panjang. Meski terkena paparan sinar matahari dan hujan, talang beton tidak akan mudah rapuh hingga puluhan tahun. Daya tampung airnya pun besar sehingga tidak perlu khawatir jika sedang terjadi hujan badai sepanjang hari. Namun talang air jenis ini juga memiliki kelemahan yaitu harganya yang mahal dan proses pengerjaannya pun tidak bisa dilakukan secara singkat. Namun demikian, talang air ini tidak membutuhkan perawatan sehingga tidak membutuhkan biaya lebih.

Sumber Google

Related posts

Arsitek Terkenal Dunia Yang Menghebohkan

Rizal

Ingin Membangun Rumah Sendiri? Berikut Tipsnya

Rizal

Rumah Tahan Gempa Dengan Profil Baja Ringan

SystemBajaRingan

Leave a Comment

Hubungi Kami