Blog Desain

Jenis Pintu untuk Bagian Rumah Anda

Jenis Pintu

Jenis Pintu – Pintu menjadi bagian serta elemen yang memiliki fungsi yang juga sama pentingnya dengan elemen rumah lainnya. Peranannya pada sebuah bangunan ini sebagai akses untuk keluar atau masuk. Fungsi lainnya adalah sebagai pembatas antara bagian dalam dan bagian luar konstruksi bangunan. Peranan fungsi dari pintu rumah ini tidak bisa dihilangkan, karena termasuk untuk menjaga privasi juga.

Baca Juga : Baja Ringan untuk Atap; Kuat dan Kokoh

Pintu dapat merepresentasikan karakter dari sebuah rumah dan pemiliknya, dilihat dari jenis pintu, warna, dan juga jenis bahan yang dipilih. Begitupun jika pemilik rumah tersebut memiliki rasa seni yang cukup tinggi.

Simak yuk ulasan beberapa jenis pintu yang bisa diaplikasikan di rumah!

Pintu Baja Ringan

Pintu baja ringan kini menjadi pilihan sebagai bahan untuk pintu. Pintu jenis ini memiliki beban yang lebih ringan jika dibandingkan dengan pintu berbahan kaca, kayu, ataupun besi. Dengan bobot yang ringan ini, pintu akan dengan mudah diangkat saat pemasangannya.

Pintu dari baja ringan ini lebih tahan terhadap api sehingga dapat diandalkan untuk menanggulangi dan menangani kebakaran. Pintu baja ringan juga memiliki material dengan daya tahan yang baik terhadap serangan dari prubahan cuaca baik panas maupun dingin dan juga dapat digunakan untuk waktu jangka panjang.

Selain memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca, pintu baja ringan juga tahan terhadap rayap dan juga memiliki model yang variatif dengan warna dan corak yang beragam yang dapat menyesuaikan tampilan eksterior maupun interior rumah yang membuat tampilan rumah menjadi lebih cantik.

Pintu Kayu

Jenis pintu kayu ini menjadi salah satu jenis pintu yang paling umum digunakan oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan material kayu hingga saat ini masih mudah untuk didapatkan, meskipun kini memilih kualitas kayu yang bagus pun semakin kulit.

Jenis pintu kayu ini dibagi dalam 2 macam konstruksi, yaitu jenis solid dan juga solid engineering. Pintu solid ini cocok digunakan untuk utama rumah, sedangkan untuk pintu solid engineering ini biasa dipakai sebagai pintu dalam atau interior rumah.

Pintu Panel

Pintu panel atau biasa disebut dengan model jadul ini juga menjadi salah satu jenis pintu yang cukup sering dipakai untuk bangunan rumah. Sama seperti pintu kayu, pintu panel ini juga masih banyak dipakai oleh kebanyakan orang di Indonesia.

Pintu panel ini memiliki harga yang cukup terjangkau di pasaran. Selain itu, pintu panel juga memiliki desain yang cukup fleksibel dengan membaut variasi dari segi desain, bentuk, maupun ukuran. Pintu ini juga bisa ditambahkan kaca pada bagian panelnya.

Pintu Kaca

Kaca bisa digunakan sebagai bagian menjadi material pintu? Jawabannya bisa. Kaca memang biasa menjadi tambahan sentuhan sederhada untuk mempercantik tampilan pintu maupun jendela. Kaca cocok dipakai sebagai bagian dari material pintu.

Biasanya, pintu jenis kaca ini diaplikasikan pada rumah yang mengadopsi desain kekinian dan minimalis dengan dipadukan jendela yang ada. Pintu jenis kaca ini biasa digunakan sebagai pintu utama maupun pintu menuju taman.

Pintu Alumunium

Pintu alumunium merupakan salah satu jenis pintu yang memiliki material mirip dengan pintu baja ringan. Materialnya tidak disukai oleh rayap. Material pintu alumunium ini cocok dengan iklim yang ada di Indonesia karena bahannya memang tahan terhadap perubahan cuaca.

Baca Juga : Atap Bentang Lebar: Magna System Solusinya

Pintu alumunium ini memiliki warna yang beragam dan juga memiliki karakter yang cukup sederhana. Akan tetapi, pintu ini kurang cocok dipakai sebagai bagian dari pintu utama/ eksterior. Pintu ini biasa dipakai untuk pintu gudang atau pintu kamar mandi.

Pintu PVC

Pintu PVC (Poly Vinyl Chloride) merupakan pintu yang terbuat dari bahan dasar plastik. Bahan pintu pvc ini sering kita temukan pana jenis tanki air atau pipa. Pintu ini juga cukup banyak digunakan untuk melengkapi bagian pintu yang terdapat dirumah. Pintu ini menjadi pilihan banyak orang karena banyak beredar di pasaran dan memiliki harga jual yang cukup terjangkau.

Pintu jenis ini biasaya dipakai sebagai pintu kamar mandi. Hal ini dikarenakan desainnya yang kurang tepat jika dijadikan sebagai pintu utama dari bangunan rumah. Selain itu, pintu ini juga tidak tahan terhadap cuaca ekstrim jika digunakan di bagian luar bangunan.

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Jenis Bahan Atap Rumah Yang Perlu Anda Ketahui

Rizal

Keunggulan Baja Ringan Pada Atap Rumah

Rizal

Pergola Baja Ringan, Buat Rumah Nyaman

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami