Baja Ringan Blog Konstruksi

Jenis Nok Genteng Di Pasaran

Jenis Nok Genteng

Jenis Nok Genteng – Pernah mendengar istilah Nok/ wuwungan/ Bubungan pada atap anda? Nok merupakan sebuah aksesoris yang digunakan di atap sebagai tambahan atau aksesoris yang menyambungkan antar genteng satu dengan genteng lainnya. Nok atau wuwungan ini menjadi salah satu area yang paling tinggi dari atap rumah.

Baca Juga : Spandek Atap, Ketahui Kelebihannya

Sebagai area yang paling tinggi dari atap, nok memiliki fungsi sebagai pelindung atap dari kebocoran karena area atap paling atas ini rentan terjadi masalah kebocoran. Biasanya kebocoran akan terjadi pada area ini yang diakibatkan karena karpus atau dudukan nok yang terbuat dari plesteran semen kurang sempurna.

Kebocoran yang terjadi ini karena pemasangan nok yang dibuat terlalu tinggi dari genteng paling atas yang membuat semen menjadi terlalu tebal. Plesteran semen yang tebal dan tidak rapih tentu akan menimbulkan risiko di kemudian hari dan dapat menjadi celah masuknya air hujan.

ada 2 hal secara garis besar yang dapat membuat atap genteng ini rentan terkena masalah kebocoran. Pertama, kemiringan atap yang terlalu landai. Derajat kemiringan atap yang ideal adalah 30 – 40 derajat. Bila atap terlalu landai, maka yang terjadi adalah rentan bocor. Atap yang terlalu curam juga membuat genteng mudah lepas. Hal yang kedua adalah pemasangan rangka yang tidak rata, rangka tidak sanggup untuk menahan beban penutup atap, atau rangka yang rusak sehingga atap bermasalah.

Setelah membahas masalah kebocoran pada genteng atap, sekarang akan membahas 2 jenis nok genteng yang biasanya dijual di pasaran:

Jenis Nok Genteng

Nok Metal Pasir Warna

Nok metal pasir warna merupakan nok yang diproduksi dengan tatalogam tipe stone yang berlapis pasir dengan pilihan warna yang beraneka ragam. Pilihan warna yang paling menjadi favorit untuk nok jenis ini adalah Merah, Hitam, Hijau. Jenis ini memiliki warna yang lebih doff karena warna metalnya itu dilapisi oleh pasir yang membuat semakin kuat.

Ketebalan yang biasanya tersedia dipasaran berukuran 0,25mm hingga 0,35 mm. Ukurannya memang tidak terlalu tebal, tetapi bisa menjadi penahan yang kuat jika dicampur dengan pleseteran semen yang tepat. Dengan ukuran Panjang 400 mm dan lebar 129 mm.

Baca Juga : Plafon Atap Untuk Rumah Anda

Nok Metal Warna

Nok metal warna adalah jenis Nok C berkualitas yang diproduksi dengan tatalogam yang memiliki lapisan Zinc dan alumunium anti karat. Dengan lapisan tersebut, anda tidak perlu khawatir lagi akan kualitas nok metal warna ini.

Dengan pilihan warna yang beraneka ragam dan memiliki daya tahan terhadap perubahan suhu dan perubahan cuaca yang bisa saja sangat ekstrim. Memiliki ketebalan 0,25 mm hingga 0,35 mm dengan panjang 400mm dan lebar 200mm.

lalu, untuk harga nya bagaimana? Anda tidak perlu khawatir terkait harga di pasran. Nok genteng yang dijual di pasaran masih bisa didapat dengan harga yang terjangkau. Dapat dibeli disini.

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

bangbaja

Related posts

Kelebihan Membangun Rumah dengan Bata Ringan

SystemBajaRingan

Rumah Lebih Aman dengan Konstruksi Baja

Rizal

Berbagai Jenis Kandang Ayam Modern

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami