Blog Desain Konstruksi

Jenis Lisplang Atap Rumah Yang Ada Sekarang

Jenis Jenis Lisplang Atap Rumah

Jenis Lisplang adalah papan kayu ataupun bahan lain seperti fibre cement yang dipasang pada ujung atap sebagai pengakhiran atap. Lisplang atau tepi atap bangunan yang dibuat untuk memperindah bangunan dan menyembunyikan struktur atap. Selain itu lisplang atap rumah adalah papan tepi yang berfungsi untuk melindungi tepi struktur atap dari dampak cuaca hujan dan panas.

Lisplang sering digunakan untuk rumah dengan atap segitiga di daerah tropis. Saat hujan, air hujan mungkin tidak jatuh sempurna ke bawah melainkan merembes melalui atap. Agar tidak mengenai struktur usuk dan reng maka ditambahkan lisplang.

Ada beberapa jenis lisplang atap rumah yang bisa anda gunakan pada bagian atap rumah anda. Diantaranya adalah :

  • Lisplang Atap Dari Kayu

Lisplang kayu merupakan jenis lisplang tertua di Indonesia yang sudah banyak digunakan pada bangunan tradisional seperti di Jawa dan Bali. Lisplang kayu biasanya dibuat dengan menggunakan papan kayu selebar 20 cm dan memiliki ketebalan mulai dari 2 cm hingga 3 cm. Lisplang kayu termasuk bahan yang ringan dan kuat.

Baca Juga : Genteng Metal, Kelebihannya Sebagai Atap

Kelebihan lisplang atap rumah dari kayu adalah bentuknya yang dapat dibentuk dengan beberapa variasi seperti yang banyak dijumpai di beberapa bangunan tradisional di Indonesia. Namun ada juga lisplang kayu yang polos dan modern. Lisplang kayu dibuat dari bahan kayu yang tahan cuaca seperti jati, kamper dan bingkirai. Kelemahan lisplang atap rumah dari kayu ini ada pada sifat kayu itu sendiri yang rentan terhadap cuaca. Harga lisplang kayu bervariasi sesuai dengan pilihan kayu yang dipakai.

  • Lisplang Atap Rumah Dari Beton

Lisplang atap rumah saat ini ada yang terbuat dari beton. Lisplang beton dibuat dengan cetakan sehingga bentuknya rapi. Lisplang beton memiliki keunggulan karena tahan terhadap panas dan hujan serta tidak mengalami pembusukan. Namun lisplang beton tidak memberikan kesan natural seperti kayu meskipun dibuat motif seolah-olah kayu dan pilihan bentuknya sangat kurang variatif jika dibandingkan dengan lisplang kayu. Lisplang beton dijual dengan harga yang relatif lebih mahal, meskipun masih lebih murah dari lisplang kayu kelas I.

  • Lisplang Atap Dari Metal

Selain beton, bahan metal juga dapat digunakan lisplang atap rumah. Keunggulan lisplang atap rumah dari metal adalah tipis, ringan dan kuat. Selain itu pemasangannya juga dapat dibuat sangat rapi. Bentuknya yang sederhana cocok untuk rumah bergaya modern dan minimalis. Cocok dipasang bersama rangka atap baja ringan.

Bahan metal yang digunakan adalah campuran aluminium dan bahan galvanis yang memiliki ketahanan yang baik terhadap karat akibat pengaruh dari cuaca panas dan hujan. Lisplang pada atap rumah dari metal biasanya dijual pada ketebalan 0,6 hingga 0,9 cm.

  • Lisplang Atap Rumah Dari Metal

Penemuan bahan GRC membuat variasi bahan bangunan semakin banyak. Lisplang GRC memiliki sifat anti cuaca, bobot yang ringan dan kekuatan yang baik. Lisplang GRC menjadi salah satu pilihan jenis lisplang yang mulai dapat kita jumpai di toko bangunan.

Baca Juga : Panel Gypsum, Material Tahan Lama

Lisplang GRC umumnya dibuat untuk rumah bergaya modern. Namun juga ada yang dibuat dengan serat kayu agar terlihat lebih natural. Harga lisplang GRC juga tidak mahal bila dilihat dari segi kualitas dan umurnya yang panjang.

Sekian pengertian dari Lisplang dan Jenis-jenis Lisplang pada atap rumah. Semoga dapat membuka wawasan tentang pilihan dan jenis lisplang atap rumah. Pilihlah lisplang yang sesuai dengan kebutuhan dan terutama budget yang dianggarkan untuk penggunaan lisplang.

Sumber : Google

Related posts

Berbagai Jenis Kandang Ayam Modern

Rizal

Panel Gypsum, Material Tahan Lama

Rizal

Atap Kaca, Bisa Buat Apa Aja?

Nasuha

2 comments

Keramik Lantai Bisa Dipasang Sendiri, Caranya ? | Baja Ringan System June 12, 2019 at 6:19 am

[…] Baca Juga : Jenis Lisplang Atap Rumah Yang Ada Sekarang […]

Reply
Tren Rumah Minimalis Yang Dapat Dicoba | Baja Ringan System June 12, 2019 at 6:24 am

[…] Baca Juga : Jenis Lisplang Atap Rumah Yang Ada Sekarang […]

Reply

Leave a Comment

Hubungi Kami