Kandang Konstruksi

Berbagai Jenis Kandang Ayam Modern

Berbagai Jenis Kandang Ayam Modern

Kandang ayam Modern harus memiliki suhu yang dibutuhkan ayam sesuai umur ayam. Ketika ayam masih berumur 1 hari hingga 1 minggu dibutuhkan kandang yang memiliki suhu hangat. Sedangkan semakin bertambahnya umur ayam dibutuhkan suhu yang semakin rendah. Dengan menurunkan suhu akan dapat membuat ayam merasa nyaman dan meningkatkan konsumsi pakan,sehingga meningkatkan produktivitas daging.

Selain suhu pada kandang ayam, kelembaban udaranya juga harus diperhatikan. Karena kelembaban pada kandang akan mempengaruhi suhu yang dirasakan ayam broiler. Hal ini disebabkan oleh pengeluaran panas tubuh ayam melalui panting. Semakin tinggi kelembaban, suhu efektif yang dirasakan ayam akan semakin tinggi. Apabila kelembaban semakin rendah, ayam akan merasakan suhu yang lebih dingin dibanding suhu lingkungan.

Dengan perkembangan teknologi, dibuatlah kandang ayam modern yang mampu menciptakan suhu dan kelembaban untuk kebutuhan ayam sesuai umurnya. Ketika suhu kandang ayam lebih tinggi dari suhu yang direncanakan sesuai umur ayam, maka kipas akan bekerja. Apabila perbedaan suhu kecil,kipas akan berputar pelan. Semakin tinggi suhu maka putaran kipas akan semakin cepat. Jika kipas belum mampu menurunkan suhu sesuai yang direncanakan maka pendingin akan menyala hingga suhu tersebut tercapai. Setelah suhu tercapai kipas dan pendingin akan mati. Sedangkan pada saat suhu kandang ayam dibawah suhu yang direncanakan sesuai umur ayam, pemanas akan menyala. Pemanas akan mati jika suhu sudah mencapai yang direncanakan. Apabila suhu dibawah nilai kelembaban yang direncanakan, maka pompa air akan menyala dan mengalirkan air membasahi coolingpad.

Berikut adalah beberapa jenis kandang ayam modern yang bisa menjadi pilihan bagi peternak ayam.

  • Kandang tipe Open House

Adalah salah satu tipe kandang yang masih banyak digunakan di Indonesia. Para peternak banyak memilih kandang tipe ini karena biaya pembangunan kandang yang relatif lebih murah dari pada tipe close house. Selain itu, perlengkapan yang diperlukan juga tidak memerlukan teknologi yang rumit sehingga dapat memotong biaya untuk TS (Technical Support) yang harus memonitor peralatan dalam kandang. Kandang biasanya terbuat dari kawat burung atau bambu sehingga angin dapat masuk dan ada sirkulasi udara di dalam kandang. Kandang tipe ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan luar.

  • Kandang Ayam Modern Semi Closed House

Tipe ini mulai banyak digunakan oleh orang yang mulai meninggalkan kandang tipe open house. Mereka memilih memakai kandang yang tertutup menggantikan kandang tradisional yang rawan terpengaruhi oleh keadaan lingkungan luar. Dengan mengadaptasi kandang tertutup closed house, temperatur dan keadaan lingkungan serta kelembaban dalam kandang dapat dikontrol, sedangkan alat-alat masih dapat menggunakan alat dari tipe kandang open house system sehingga menghemat biaya yang dikeluarkan.

  • Kandang Ayam Modern Closed House Automatic

Kandang tipe close house adalah tipe kandang yang sudah banyak digunakan di negara-negara maju. Tipe kandang ini dapat mengontrol kondisi dalam kandang sehingga ayam dapat dipelihara secara maksimal. Cara mengontrol kondisi di dalam kandang adalah lewat heater dan fan yang dipasang pada kandang. Dengan fan yang dipasang, kandang dapat mengeluarkan udara panas di dalam kandang sehingga dapat menghasilkan tingkat kelembaban dan temperatur yang sesuai dengan ayam. Tingkat stress pada ayam juga dapat berkurang karena pemeliharaan dilakukan secara otomatis oleh alat sehingga mengurangi kontak ayam dengan manusia.

Sumber : Google

Related posts

Beton Bertulang Adalah dan Fungsinya

SystemBajaRingan

Pengertian Konstruksi Baja dan Manfaatnya

SystemBajaRingan

Strategi Menekan Bujet Pembangunan Rumah Kita

SystemBajaRingan

Leave a Comment

Hubungi Kami