Blog

Jenis Genteng Metal; Penyempurna Atap, Penambah Estetika

Jenis Genteng Metal – Bagi sebuah bangunan baik itu rumah maupun bangunan lainnya, atap adalah salah satu bagian yang cukup penting. Selain sebagai pelindung bagi sebuah bangunan dari sisi tas bangunan, atap juga dapat memainkan peran yang penting dalam mempercantik tampilan eksterios dari sebuah hunian.

Baca Juga : Merawat & Menyimpan Baja Ringan, Begini Caranya!!

Genteng juga memiliki peran membuat rumah menjadi lebih menarik, sekaligus melindungi rumah dari berbagai macam jenis gangguan dari luar rumah. Saat ini, genteng menjadi nilai plus bagi tampilan rumah kekinian.

Ada banyak jenis genteng yang beredar di pasaran. Akan tetapi, saat ini genteng yang mulai banyak digunakan terutama untuk desain rumah minimalis adalah jenis genteng metal.

Genteng metal sendiri saat ini dipilih karena banyak keuntungan yang didapatkan oleh penggunanya. Adapun keuntungan menggunakan genteng metal adalah sebagai berikut:

  • Daya tahan atap adalah salah satu manfaat utama Banyak produsen dapat menawarkan jaminan 20-50 tahun.
  • Model dan desain yang indah untuk mencocokkan setiap rumah atau lingkungan.
  • Ketahanan terhadap angin secara maksimum.
  • Tahan api.
  • Efisiensi energi dengan menjaga rumah lebih dingin.
  • Berat badan rendah untuk membantu melestarikan integritas struktural dan kehidupan.
  • Memberikan keuntungan klasik.

Jenis genteng metal itu ada banyak jenisnya, akan tetapi ada beberapa jenis genteng metal yang beredar di pasar Indonesia, yaitu:

Genteng Metal Galvalume Steel

Genteng Metal jenis ini merupakan salah satu genteng yang memiliki bahan utama dari karbon atau baja besi yang dilapisi dengan paduan alumunium dan seng, Genteng jenis ini dikenal dengan nama galvalume steel. Genteng ini berupa lembaran yang mirip dengan seng dan pada pemasangannya akan ditanam pada balok gording rangka atau menggunakan sekrup.

Genteng metal galvalume steel ini sering dijumpai dan digunakan pada bangunan perkotaan sebagai pilihan material untuk desain atap rumah yang beragam. Genteng jenis ini cenderung cukup lentur dan ringan karena terbuat dari baja yang ringan.

Keuntungan lainnya dari tipe genteng metal ini adalah memiliki daya tahan yang kuat dan tahan korosi, memiliki tampilan metalik dan memiliki banyak varian warna. Selain itu, genteng jenis metal ini memiliki harga yang relatif lebih murah untuk per lembarnya jika dibandingkan dengan genteng metal lainnya.

Genteng Metal Berpasir

Genteng metal berpasir adalah sebuah terobosan terbaru jenis genteng metal. Bahan yang digunakan untuk membuat genteng metal berpasir ini adalah lapisan serbuk batuan dengan campuran bahan dasar zincalume, zinc phospat, dan campuran coraltex. Dipasaran, genteng jenis ini mempunyai varian ukuran ketebalan mulai dari 0.20mm hingga 0.40 mm.

Keunggulan dari genteng jenis ini yaitu anti pecah, tahan benturan serta goresan, dan meredam panas yang berasal dari lapisan coraltex. Genteng metal berpasir ini dibuat dengan sistem pengecatan teknologi terbaru yang membuat genteng metal ini tidak akan mengalami perubahan maupun pengelupasan warna dalam jangka waktu yang cukup lama.

Genteng Metal Tembaga

Genteng metal tembaga menjadi salah satu jenis genteng yang cukup populer seperti genteng beton. Akan tetapi, belum banyak pasar bagi jenis genteng ini di Indonesia. Dikenal sebagai salah satu atap yang dapat bertahan hingga 100 tahun, genteng ini juga memiliki sifat yang hanya digunakan untuk memperkuat aksen hiasan pada sebuah bangunan seperti untuk aksen kubah masjid maupun gereja atau digunakan sebagai aksen penghias di atas jendela.

Harga genteng metal tembaga ini menjadi salah satu jenis genteng yang memiliki harga paling mahal jika dibandingkan dengan jenis genteng lainnya.

Genteng Metal Spandek

Genteng metal spandek merupakan salah satu jenis genteng metal yang terbuat dari bahan galvalum atau zincalume yang terdiri dari campuran seng dan alumunium. Ada juga beberapa produsen yang juga menambahkan bahan silikon untuk meningkatkan kelenturan pada atap.

Baca Juga : Jenis Genteng Untuk Baja Ringan

Perbandingan komposisi yang digunakan untuk membentuk genteng metal spandek ini terdiri dari 43% seng, 55% alumunium, dan 1.5% silikon. Campuran dari ketiga bahan yang ada pada genteng metal spandek ini menghasilkan genteng metal yang kokoh, awet, serta mudah dibentuk.

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Sambungan Baja Ringan GIGASTEEL

Rizal

Jenis Penutup Atap yang belum kita ketahui

Rizal

Jenis Talang Air Pada Atap Rumah

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami