Baja Ringan Blog

Jenis Baja Hollow di Pasaran

Jenis Baja Hollow

Jenis Baja Hollow – Dunia konstruksi saat ini mulai mencari alternatif untuk menggantikan kayu yang semakin sulit untuk ditemukan. Baja hollow menjadi alternatifnya saat ini. Bukan hanya karena kualitas dan kekuatannya yang kokoh, saat ini setiap bangunan juga sudah memperhatikan unsur estetika dari sebuah material bangunan tersebut.

Baca Juga : Model Rumah Tahan Gempa; Panduan Dasar

Baja hollow saat ini cukup popular karena memiliki banyak fungsi dan kegunaan seperti untuk kanopi, pintu pagar, teralis modern, hingga pemasangan plafon gypsum dan plafon GRC board. Baja Hollow merupakan pipa berbentuk kotak dan homogen karena diproduksi di pabrik.

Adapun keunggulan dari baja hollow ini, yaitu:

  1. Pemasangan mudah dan praktis
  2. Tahan terhadap rayap
  3. Tahan terhadap api
  4. Lebih awet dan tahan lama
  5. Memiliki nilai estetika lebih

Material baja hollow menjadi semakin populer ditengah meningkatnya minat terhadap desain rumah minimalis karena bentuk baja hollow yang bentuknya lurus dan kotak sesuai dengan konsep desain rumah minimalis.

Jenis Baja Holow

Jenis baja hollow biasanya ditentukan oleh jenis coating yang digunakan untuk melapisi baja. Jenis lapisan yang dipakai juga akan menentukan harga jual di pasaran dari baja hollow tersebut. Coating yang baik akan melindungi baja hollow dari korosi serta karat akibat terpaan panas maupun adanya pengaruh kelembapan.

Berikut adalah jenis baja hollow yang cukup digemari di pasaran:

Baja Hollow Galvalum

Perbedaan utama coating pada baja galvalum adalah kandungan alumuniumnya yang lebih tinggi, mencapai 55%. Secara lebih detail lagi, komposisi dari lapisan coating galvalum adalah 55% alumunium dan 45% zinc. Dengan kandungan alumunium yang lebih tinggi ini membuat baja hollow galvalum lebih tahan terhadap karat.

Hal yang harus dihindari pada baja hollow galvalum ini adalah jangan sampai terkena semen. Jika terkena semen, maka ini akan menjadi kelemahan bagi baja hollow galvalum yang memang tidak tahan terhadap semen yang membuat tidak tahan terhadap keropos. Jika tidak terkena, baja hollow galvalum ini akan awet dan dapat bertahan lebih lama dari serangan polutan penyebab karat.

Baja Hollow Galvanis

Baja hollow galvanis merupakan jenis baja hollow yang memiliki lapisan finishing dengan komposisi 97% zinc, 1% alumunium, dan 2% campuran bahan lainnya. Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa komposisi lapisan coating dari baja hollow galvanis adalah 98% zinc dan 2% alumunium.

Baca Juga : Bedanya Baja Ringan System dan Baja Ringan Batangan, Apa Aja?

Baja hollow galvanis sesuai namanya dibentuk oleh proses galvanisasi, yaitu pemberian lapisan seng sebagai lapisan antikarat pada besi. Galvanisasi dilaukan dengan cara mencelupkan pipa besi ke dalam cairan timan sehingga lapisan seng menempel baja besi.

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Proyek Konstruksi Bangunan Rumah

SystemBajaRingan

Harga Baja Ringan System Dengan Baja Ringan

Rizal

Bagian Terpenting Didalam Konstruksi Bangunan

SystemBajaRingan

Leave a Comment

Hubungi Kami