Konstruksi

Indonesia Pasar Properti Terbesar Ketiga di Dunia

Indonesia Pasar Properti Terbesar Ketiga di Dunia

Indonesia Pasar Properti Terbesar – Kepala Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Hediyanto W Husaini mengungkapkan, Indonesia menjadi pasar pembuatan properti terbesar ketiga di dunia, setelah China dan Amerika Serikat (AS).

Indonesia Pasar Properti Terbesar

Hal ini didasarkan pada sektor properti yang diperkirakan menyumbang penyerapan 29% dari total pasar konstruksi nasional sebesar Rp1.820 triliun dalam 5 tahun terakhir.

“Daya beli di sektor ini juga sudah sangat meningkat, mengingat kita mendapatkan bonus demografi yang besar, ” ujar Hediyanto usai konferensi pers penyelenggaraan Concrete Show South East Asia 2014, di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Selasa (7/10/2014).

Industri Konstruksi Harus Tingkatkan Daya Saing

“Masyarakat berlomba mencari rumah sehingga demand-nya meningkat rata-rata 5-6% per tahun atau lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Makanya sektor ini akan menjadi sektor favorit di industri konstruksi,” jelasnya.

Hediyanto merinci, penyerapan paling besar berada di sektor infrastruktur sebesar 34%, sedangkan sisanya pertambangan dan sektor lain.

“Tingginya penggunaan semen di dalam negeri juga memicu pertumbuhan tersebut, antara lain karena produksi semen meningkat sebesar 68 juta ton per tahun, dengan konsumsi rata-rata per tahun mencapai 54-55 juta ton,” tandasnya.

Kualitas Properti Indonesia Diakui Dunia

PropertyGuru menggelar diskusi soal perkembangan pasar properti Indonesia sekaligus mengumumkan dimulainya pendaftaran ajang penghargaan bergengsi Indonesia Property Awards ke-5. Pada kesempatan ini, Jules Kay, Business Director PropertyGuru Awards menyatakan Indonesia memiliki potensi yang baik di sektor properti.

Kay mengatakan, tahun lalu Indonesia menyabet 3 penghargaan internasional dalam grand final Asia Property Awards, masing-masing di kategori Best Hotel Development untuk The Westin Jakarta, Best Office Architectural Design untuk Gama Tower yang mana keduanya dibangun oleh Gamaland dan Best Township Development untuk BSD City yang dibangun oleh Sinarmas Land.

“Kualitas proyek pembangunan di Indonesia cukup baik, meskipun bersaing ketat dengan negara tetangga seperti Singapura. Tiga penghargaan tahun lalu membuktikan Indonesia sudah bekerja keras, saya yakin akan semakin bekerja keras untuk tahun ini,” ujarnya di Jakarta, Selasa (12/03/2019).

Kay yakin Indonesia bisa bersaing meskipun lingkupnya ketat, karena harga sewa apartemen dan kondominium di Indonesia masih tergolong murah di tingkat regional. Ditambah lagi, infrastruktur transportasi seperti MRT dan LRT sedang gencar dibangun.

Pembangunan Konstruksi Beton Properti Makin Canggih

Ajang penghargaan seperti PropertyGuru Awards diharapkan dapat membantu pengembang untuk meningkatkan brand awareness mereka. Semakin banyak penghargaan, semakin tinggi pula nilai suatu merek di mata investor.

Business Director PropertyGuru Awards Jules Kay menjelaskan, ajang penghargaan ini merupakan suatu cara mengapresiasi karya properti yang berkualitas. Alasannya, juri-juri yang dipilih merupakan pakar di sektor properti yang independen.

“Saya senang bisa terus mengenali, menghargai, mempromosikan dan merayakan karya kualitas tertinggi di industri ini. Saya berharap bisa bekerja sama dengan tim dan membawa penghargaan ini ke tingkat yang lebih tinggi,” ungkapnya di Jakarta, Selasa (13/03/2019).

Ketua dewan juri tahun ini adalah arsitek, pengamat industri sekaligus Managing Director PTI Architects, Doddy A. Tjahjadi yang dibantu dengan 11 orang dari berbagai perusahaan mulai dari PT Leads Property Service Indonesia hingga PT Deloitte Konsultan Indonesia.

Mekanisme kompetisi tidak akan berbeda jauh dari tahun sebelumnya. Pengembang yang memenuhi syarat akan berkompetisi untuk mendapatkan penghargaan tertinggi di industri properti Indonesia, yaitu Best Developer dan Best Boutique Developer.

Pemenang utama dari kompetisi lokal akan berlanjut mewakili negara di grand final Asia Property Awards di Bangkok, Thailand.

Sumber Google

Related posts

Jenis Semen Yang Harus Kita Tahu

Rizal

Konstruksi Atap Baja Ringan

Rizal

Kegunaan dan Kelebihan Besi Siku Sebagai Material

Nasuha

Leave a Comment

Hubungi Kami