HARGA BAJA RINGAN MURAH TERBARU 2019

Harga Baja Ringan – Seperti yang sudah diketahui bahwa baja ringan merupakan baja yang digunakan untuk konstruksi bangunan dengan kualitas tinggi dan memiliki sifat ringan serta tipis. Kekuatan dari baja ini tidak perlu diragukan lagi karena tidak kalah kuat dengan baja yang konvensional. Bahkan baja dengan ukuran yang ringan ini seringkali digunakan untuk pembuatan rangka atap guna menggantikan peran kayu.

Harga baja ringan yang beredar dipasaran tergantung dari ketebalan dan juga jenis merk baja ringan yang akan dipakai. Salah satu bentuk bajaringan yaitu profil C. Profil C memiliki bentuk yang sesuai dengan huruf C dan ukurannya dibedakan sesuai dengan ukuran ketebalannya.

Ukuran ketebalan bentuk baja ringan profil C umumnya dipasaran yaitu 0.60 mm, 0.75 mm dan 1 mm. Ukuran ketebalan yang bermacam-macam yang difungsikan untuk hal yang berbeda. Misalnya bentuk baja ringan profil C ukuran 0.75mm. Pada umumnya, profil C dengan ukuran 0.75 mm digunakan untuk pembuatan kuda-kuda pada atap dengan beban yang ringan. Misalnya saja genteng metal, asbes, spandek dan atap ringan lainnya.

Harga baja ringan yang beredar pun berbeda-beda, Kanal C dengan ketebalan 0.60 mm dan panjang 6 meter dipasaran ditaksir seharga 57.000 rupiah sampai 96.000 rupiah, Profil C ketebalan 0.75 mm dihargai sebesar 80.000 rupiah sampai 100.000 rupiah. Adapun baja ringan dengan ketebalan 1.00 mm dijual dipasaran dengan harga 96.000 sampai 125.000 rupiah, itupun tergantung dari jenis merk yang dipilih.

Tidak perlu kuatir menggunakan baja ringan untuk atap rumah anda, karena saat ini masyarakat telah menggunakannya pada rumah mereka. Namun yang jadi pertimbangan adalah bagaimana garansi yang diberikan jika sewaktu waktu mengalami kejadian yang tidak diinginkan? Tentunya, toko bangunan tempat anda membeli tidak mungkin akan mengganti kerugian yang anda dapatkan karena toko hanya menjual saja, begitu juga dengan aplikator, yang sudah pasti tidak bisa mengganti kerugian anda dalam jumlah nominal tertentu. Yang perlu anda ketahui dalam memilih baja ringan adalah dengan standar yang sudah bersetifikasi secara nasional. Maka keselamatan anda dan keluarga dapat perlindungan maksimal.

Lalu bagaimana dengan harga Baja Ringan System dipasaran? Pada dasarnya Baja Ringan System tidak diperjual belikan secara bebas sebagaimana baja ringan pada umumnya. Ada tahapan tahapan yang harus anda lalui jika ingin memakai Baja Ringan System untuk rumah anda.

Hal ini bukan mau mempersulit anda untuk mendapatkan Baja Ringan namun komitmen untuk memberikan kualitas terbaik untuk melindungi keluarga anda. Harga Baja Ringan System dapat diketahui setelah perhitungan proyek rangka atap rumah anda selesai dikerjakan oleh designer menggunakan software yang telah tersertifikasi oleh HAKI dan ITB, sehingga perhitungannya tidak bisa asal dan dikira-kira.

Jenis baja ringan yang digunakan oleh Baja Ringan System pun berbeda dengan yang biasa masyarakat gunakan. Jika baja ringan yang biasa masyarakat gunakan adalah baja ringan profil C maka berbeda dengan Baja Ringan System yang menggunakan profil Baja Ringan jenis Z. Hanya sedikit produk Baja Ringan yang memakai profil Z sebagai profil utama.

Mengapa Baja Ringan System menggunakan profil Z? Secara struktural dalam ilmu mekanika teknik sipil, profil Z mempunyai titik berat yang berhimpitan dengan badan profil, berbeda dengan profil C yang memiliki titik berat diluar badan profil. Dengan berhimpitnya titik berat dengan profil maka akan otomatis membuat penampang profil Z karena lebih stabil terhadap rotasi pada penampang profil/buckling.

Mengapa ini sangat penting? Karena baja ringan walau kekuatannya sangat baik karena terbuat dari bahan baja mutu tinggi, akan tetapi dengan tipisnya penampang yang dimiliki memiliki kelemahan dari sisi kekakuannya. Jadi profil Z lebih kaku, lebih stabil, dan juga lebih kuat ketika menerima beban.

Garansi yang diberikan oleh oleh Baja Ringan System pun sesuai dengan pernyataan pemerintah melalui UU Jasa Konstruksi no 18 Tahun 1999 yang dimana lamanya garansi yang diberikan adalah 10 tahun. Karena garansi merupakan wujud nyata komiten Baja Ringan System kepada konsumen bukan hanya janji tanpa dasar hukum yang pasti.

Sumber Gigasteel

Silakan cari Harga Baja Ringan di daerah anda dengan klik Logo di bawah

Untuk harga Batangan atau per meter mohon maaf, karna kami tidak merekomendasikan dan menjual Baja Ringan Batangan.

Sebelum memutuskan untuk memasang rangka atap baja ringan, kita bisa menghitung perincian biaya yang akan dikeluarkan dan menyesuaikannya dengan bujet kita. Saat ini, biaya pemasangan rangka atap baja ringan sudah termasuk dengan biaya penutup atap (genteng). Dengan demikian, perkiraan pengeluaran adalah:

1. Buat sketsa atap
Sebelum menghitung biaya, kita perlu menghitung luas atap rumah. Agar bisa mengetahui gambaran bentuk atap yang akan dipasang, kita bisa menggambarnya dulu sesuai dengan ukuran yang diperkecil menggunakan kalkulasi skala.

2. Menghitung luas atap rumah
Misalnya saja ukuran luas rumah adalah 6 x 10 m. Setiap atap memiliki oversteck sebesar 0,5 m di sisi kanan, kiri, depan dan belakang. Bila sudut kemiringan atap adalah 30 derajat, maka luas atap rumah (LAR) adalah:

LAR = panjang x lebar / cosinus derajat kemiringan atap

= (6 m + oversteck kanan kiri 1 m) x (10 m + oversteck depan belakang 1 m) / cos 30°

= 7 m x 11 m : cos 30° = 77 m2 : 0.866

LAR = 88, 92 m2.

3. Menghitung biaya total rangka atap baja ringan
Pada tahap ini kita harus mengetahui berapa kisaran harga baja ringan dan harga genteng pilihan kita. Misalnya harga baja ringan setebal 1 mm saat ini adalah Rp 150 ribu/m2, sedangkan harga genteng metal adalah Rp 100 ribu/m2. Jadi total biaya baja ringan adalah:

= (LAR x harga baja ringan per m2) + (LAR x harga penutup atap per m2)

= (88,92 m2 x Rp. 140.000) + (88,92 m2 x Rp. 100.000)

= Rp. 12.448.800 + Rp. 8.892.000

= Rp. 22.230.000. Jadi total biaya rangka atap baja ringan untuk rumah 6 x 10 m2 adalah Rp 22 juta 230 ribu.

Hubungi Kami