Blog Konstruksi

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membangun Rumah

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membangun Rumah

Pada saat memiliki rumah tinggal untuk pertama kali, terdapat 2 pilihan yang dapat diambil, membeli rumah jadi, atau membeli tanah terdahulu lalu dibangun pada kemudian hari. Pilihan mungkin tergantung pada diri anda,  ada kelebihan dan kekurangannya masing masing dalam menentukan dalam hal membangun rumah.

Tapi gak sedikit juga yang ambil pilihan kedua. Alasannya, sengaja mau cari yang ribet. Dikarenakan, bisa lebih bebas berkreasi kalau bangun rumah sendiri. Selain itu, budget membangun rumah bisa diubah-ubah atau disesuaikan dengan kemampuan finansial yang ada. Jadi, tidak harus sekali bangun langsung jadi. Tapi dapat juga dicicil, diutamakan adalah yang penting dahulu, misalnya kamar, dapur, dan kamar mandi. Adapun penambahan bangunan seperti taman atau kanopi bisa menyusul tahap pembangunannya ketika finansial lebih memadai.

Membangun rumah sendiri memang lebih memberikan keuntungan. Tapi, ada beberapa hal penting dalam membangun rumah. Berikut ini di antaranya:

  • Merencanakan Keuangan

Biaya membangun rumah memamng tidaklah murah. Jadi, hal penting dan paling mendasar yang harus diperhatikan adalah merencanakan keuangan. Kalau tidak matang dalam mempersiapkan keuangan, taruhannya adalah rumah tidak akan rampung dibangun.  Itulah mengapa Anda perlu menghitung biaya dengan cermat dan teliti, mulai dari jumlah biaya membuat rumah, volume pekerjaan, harga bahan, upah pekerja, maupun pemeriksaan terakhir pekerjaan (checklist). Semua itu bertujuan untuk menekan biaya Anda dalam membuat rumah, sehingga akan lebih efisien dan terukur sesuai dengan keinginan yang dikehendaki.

Siapkan sedikitnya dua rencana keuangan. Sebab bukan tidak mungkin rencana tidak akan berjalan secara mulus. Harga material juga bisa naik turun sewaktu-waktu. 

  • Menggambar Denah Rumah

Denah menjadi hal yang penting setelah perencanaan keuangan dalam membangun rumah. Denah rumah merupakan bagian dari perencanaan awal ketika hendak membangun hunian. Jangan asal membuatnya, karena pada dasarnya untuk membuatnya dibutuhkan kecermatan agar rumah yang dibangun benar-benar nyaman untuk dihuni.

Dengan membuat denah rumah akan diperoleh gambaran mengenai desain rumah. Terutama jika dibuat secara 3 dimensi di sini Anda dapat berkreasi untuk memperoleh bentuk rumah seperti yang dinginkan, sepertinya estetika bangunan rumah juga lebih mudah didapatkan. Luas tanah harus dipastikan terlebih dahulu. Jangan hanya dikira-kira sekian meter persegi. Sebab, luas tanah mempengaruhi jumlah ruangan yang bisa dibangun. 

  • Memilih Pekerja Bangunan

Pekerja bangunan banyak tersedia dibanyak tempat. Namun, harus teliti untuk cari pekerja bangunan yang benar-benar profesional. Maka pilihlah pekerja bangunan yang sudah terlatih dan berpengalaman.

Tukang/pekerja bangunan yang sudah berpengalaman akan meningkatkan waktu pemprosesan konstruksi rumah. Karena ketika dia bekerja dia tidak perlu memikirkan teknik kerja, karena dia sudah tahu tekniknya dan dia melakukannya sebelumnya.

Berbagai jenis pekerjaan konstruksi rumah yang telah dilakukan sebelumnya oleh tukang/pekerja bangunan akan semakin meningkatkan kemampuan pekerja bangunan. Pengalaman dalam membangun rumah juga akan memberikan hasil terbaik seperti bangunan yang rapi dan tahan lama. Maka dari itu, dalam menentukan pekerja bangunan, pilih yang sudah terlatih dan juga berpengalaman.

  • Mencari Material

Carilah material yang pas dan sesuai dengan kebutuhan dan tentunya keuangan yang memadai. Dengan begitu banyak pilihan bahan bangunan dan komponen rumah yang tersedia saat ini, tentu akan menguntungkan kita sebagai konsumen karena dihadapkan dengan banyak pilihan.

Namun tidak hanya itu, kita juga dihadapkan pada sebuah pertanyaan, material apa yang tepat dipakai pada rumah kita? Jawabannya didapat dengan cara mempelajari berbagai opsi material bangunan, sehingga kita dapat menentukan bahan bangunan mana yang paling tepat untuk membangun rumah kita.

Pertimbangan dalam memilih material bangunan dan komponen untuk rumah Anda adalah harga. Namun, mahal murahnya suatu harga sangat relatif untuk orang per orang. Namun pada istilah “harga tak pernah bohong” berlaku pula pada bahan-bahan material bangunan pula, material yang lebih murah biasanya memiliki umur pakai lebih pendek.  Kecuali anggaran Anda sangat terbatas, saya sarankan Anda mempertimbangkan metode analisis life-cycle cost.

Related posts

Strategi Menekan Bujet Pembangunan Rumah Kita

SystemBajaRingan

Jenis Baja Ringan yang Harus Diketahui

Nasuha

Produsen Baja Ringan Dukung Bea Masuk Antidumping

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami