Baja Ringan Blog Desain

Gapura Baja Ringan; Mudah dan Efisien

Gapura Baja Ringan

Gapura Baja Ringan – Baja ringan adalah baja canai dngin dengan kualitas tinggi yang bersifat ringan dengan kekuaan yang tidak kalah dari baja konvensional. Baja ringan sendiri memiliki tegangan tarik tinggi (G550). Dengan kata lain, baja ringan memiliki kuat tarik sebesar 550Mpa. Baja ringan merupakan baja high tensile G-550 dengan standar bahan ASTM A792, JIS 3302, SGC 570.

Baca Juga : Keuntungan Atap Baja Ringan Untuk Rumah Anda

Baja ringan merupakan salah satu material dengan mutu tinggi dan memiliki lapisan yang tahan akan korosi. Untuk melindungi material baja dari korosi, maka baja ringan diberikan lapisan pelindung (coating) secara memadai. Metode yang diberikan pun cukup beragam salah satunya dengan memberikan lapisan pelindung guna mencegah korosi pada baja mutu tinggi tyang telah dikembangkan.

Rangka baja ringan saat ini mulai digunakan sebagai material pengganti dari material untuk rangka atap seperti kayu, bambu, hingga baja konvensional. Pada aplikasinya, rangka baja ringan ini bisa digunakan untuk rangka atap rumah, baja ringan kanopi, bahkan saat ini sudah mulai ada yang menggunakan rangka baja ringan sebagai pengganti bambu untuk sebuah gapura.

Penggunaan rangka baja yang rigan ini dianggap lebih ringan dan sesuai dengan sifatnya yang lentur karena dapat menyerap jumlah energi yang lebih besar. Selain itu, material baja tidak mudah getas dan cepat hancur jika dibandingkan dengan menggunakan material kayu. Kekuatan tegangan ini dapat membuat rangka atap baja ringan mampu menahan keruntuhan serta dapat menjaga kestabilan dari bangunan itu sendiri.

Memadukan desain gapura dengan rangka baja ringan adalah sebuah cara baru. Ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan jika menggunakan baja ringan.

  1. Memiliki ketahanan jangka panjang
  2. Material baja ringan bisa didaur ulang
  3. Instalasi mudah, singkat, dan efisien
  4. Tahan keropos dan tahan karat
  5. Bisa diaplikasikan dengan penutup atap maupun material lainnya
  6. Bobot yang lebih ringan
  7. Minim perawatan
  8. Lebih kokoh dari material konvensional

Baca Juga : Memprediksi Cuaca Dalam Pelaksanaan Proyek

Desain gapura yang menggunakan baja ringan ini memang belum banyak digunakan dan belum terlalu populer. Karena biasanya baja ringan banyak digunakan sebagai material untuk rangka atap. Akan tetapi, fungsi baja ringan kini semakin beragam dan bisa diaplikasikan bahkan untuk pada desain gapura sekalipun. Selain mudah dalam pemasangannya, gapura dengan menggunakan material baja ringan ini juga dapat membuat gapura bisa dikreasikan dengan jenis material apapun seperti genteng metal atau material lainnya.

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Carport Baja Ringan Sebuah Bangunan

Rizal

Manfaat Komputerisasi Dunia Konstruksi

Rizal

Membaca Peluang Usaha Baja Ringan

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami