Blog Desain

Fungsi Alumunium Foil Pada Atap Rumah

Fungsi Alumunium Foil Pada Atap Rumah

Fungsi Aluminium Foil Atap Rumah – Alumunium Foil adalah pelapis atap bangunan yang fungsi utamanya sebagai insulator panas dan biasanya terbuat dari bahan yang kuat, elastis dan tahan air. Disamping mempunyai fungsi utama sebagai insulator panas produk dari ini juga membantu melindungi kebocoran akibat tampias air hujan, juga dapat melindungi plafond dari kerusakan atau melengkung karena cuaca panas.

Di pasaran terdapat beberapa tipe aluminium foil atap seperti :

  • Single side adalah jenis aluminium foil atap rumah dengan lapisan yang hanya pada satu sisi, sehingga hanya akan terlihat mengkilap di bagian atas tetapi buram di bagian bawah.
  • Double side adalah jenis aluminium foil atap rumah yang mengkilap pada atas dan bawah alias dua sisi. Kelebihan dari aluminium double side adalah mampu menolak radiasi lebih efektif dan lebih kuat jika dibanding dengan single side.

Fungsi Aluminium Foil Atap

Dalam pekerjaan atap, pemasangan Alumunium Foil, Glasswool, Ram Kawat, dsb seolah menjadi menu sampingan yang tidak kalah pentingnya dengan pekerjaan struktur atap itu sendiri. Pemasangan Alumunium Foil Atap rumah biasanya sepaket dengan pemasangan baja ringan. Penyediaanya bisa variatif bisa disediakan langsung oleh si pemilik (konsumen) atau juga satu paket dengan pemesanan rangka atap baja ringan.

Dilihat dari bahannya aluminium foil atap rumah yang ada menggunakan lapisan kertas atau ada juga bahan plastik. Karena bahan plastik tidak cepat robek maka aluminium dengan bahan plastik biasanya lebih mahal.

Bagi yang ingin mendapatkan atap ekspose, biasanya menggunakan alumunium foil untuk atap rumah dengan jenis double side. Selain itu, karena faktor kekuatan juga karena kerapihan yang akan tampak dari bawah. Alumunium foil single side juga bisa digunakan tetapi sebaiknya yang berbahan dasar plastik karena lebih kuat dan terlihat rapih.

Cara Pemasangan Aluminium Foil Atap

Pemasangan Aluminium Foil atap rumah merupakan satu paket pemasangan yang paling sering dilakukan saat memasang rangka atap baja ringan. Pemasangan aluminium foil atap rumah yang baik adalah dengan pemasangan yang rata, karena dengan permukaan yang rata akan lebih efektif menolak radiasi panas matahari, dan menghalangi air apabila terjadi kebocoran, sehingga air tidak langsung jatuh ke bawah, sesuai dengan kemiringan atap.

Pada rangka atap baja ringan, aluminium foil atap rumah dipasang dengan cara dijepit diantara reng dan kaso baja ringan, dan bisa dilakukan sebelum atau bersamaan dengan pemasangan reng. Yaitu dengan menempatkan aluminium foil diantara reng dan profil C (dijepit) dengan penarikan yang rata, dimulai dari sisi bawah atas sampai pada ujung wuwungan. Penarikan harus dilakukan dengan secukupnya agar tidak merusak/merobek alumunium foil. Gunakan reng jenis sisi yang ada lipatannya, kalau tidak akan berakibat pada mudah sobeknya aluminium terkena sisi reng.

Aluminium Foil Atap ShineFoil

ShineFoil merupakan salah satu jenis aluminium foil atap rumah jenis bubble reflectif insulation terbaik untuk saat ini, dengan inovasi modern dan banyak kelebihan, diantaranya adalah Memantulkan energi panas dari radiasi matahari, tidak hanya itu alumunium foil atap ShineFoil memiliki daya tahan yang kuat dengan umur penggunaan 10 tahun, juga lebih ekonomis karena usia pakai yg lama. Mudah dipasang, cepat & efisien tanpa memakai mesh / kawat penyangga, Ringan, Tidak ada resiko kesehatan, anti jamur & korosi karena cuaca, Tidak menyusut dan baik secara estetika, Dengan memakai produk ini secara tidak langsung mengurangi pemasan global, serta ramah lingkungan karena dapat didaur ulang

Bagaimana ShineFoil bisa menahan panas?

Dibentuk dengan berbagai lapisan diantaranya aluminium foil murni yang dapat memantulkan kembali radiasi panas matahari, panas yang tidak terpantulkan akan diserap dan ditangkap oleh gelembung-gelembung udara yang dilapisi plastik elastis bermutu tinggi, sehingga energi panas dapat dialirkan keluar ke arah talang air.

Dimanakah ShineFoil dapat dipergunakan?

Disemua jenis gedung, Pabrik, Gudang, Sekolah, Gedung pertemuan, Rumah, Hotel, Apartemen, dll. Disemua jenis atap, Zincalume (seng), Beton, Bitumen, dll

Sumber : Google

Related posts

Konstruksi Baja Magna System

Rizal

Kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan

SystemBajaRingan

Inovasi Magna System Di Construction Fun Day

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami