Baja Ringan Blog

Faktor Pemilihan Baja Ringan Untuk Atap Rumah

Faktor Pemilihan Baja Ringan Untuk Atap Rumah

Faktor Pemilihan Baja Ringan – Memilih material pada saat akan membangun sebuah rumah haruslah menggunakan material terbaik. Mulai dari bagian atap hingga aksesori yang dapat memperindah rumah yang memang menjadi tempat paling nyaman untuk berbagi cerita bersama keluarga kesayangan.

Baca Juga : Perusak Lapisan Baja Ringan, Apa Saja?

Bagian yang cukup penting pada rumah salah satunya adalah atap. Atap menjadi pelindung bagi rumah dari berbagai macam ancaman dari luar. Maka dari itu perlu memilih rangka atap terbaik . Apalagi pemilihan material ini akan digunakan dan melindungi rumah untuk jangka waktu yang sangat panjang.

Rangka atap yang paling sering digunakan di Indonesia yaitu material kayu. Akan tetapi, seiring dengan semakin berkurangnya dan semakin sulitnya serta mahalnya harga kayu, maka material untuk rangka atap ini sudah mulai beralih menggunakan baja ringan.

Kehadiran material baja ringan ini menjadi opsi yang bisa dibilang cukup baik, mengingat kelebihan yang dimiliki oleh material baja ringan seperti tahan rayap, tahan karat, dan ramah lingkungan karena baja ringan tidak perlu diganti saat dilakukan renovasi.

Baja ringan, meskipun terkenal karena bobotnya yang “ringan” ternyata memiliki kekuatan yang cukup mumpuni dan setara dengan kayu bahkan baja konensional. Meskipun memiliki beban yang ringan dan memiliki bentuk yang tipis, baja ringan memiliki kekuatan tarik yang cukup besar. Baja ringan kualitas terbaik memiliki keuatan tarik sebesar 550Mpa. Bahkan kekuatan tarik yang dimiliki baja ringan ini lebih tinggi daripada kekuatan tarik yang dimiliki oleh baja konvensional, sebesar 300Mpa.

Selain memiliki kekuatan tarik yang cukup besar, memiliki bobot yang ringan serta bentuk yang tipis, berikut adalah beberapa hal yang menjadi faktor dalam pemilihan baja ringan untuk rangka atap rumah.

Baca Juga : Baja Ringan Sebagai Material Bangunan

Faktor Pemilihan Baja Ringan

  1. Baja ringan menjadi material yang termasuk kedalam salah satu Green Material. Baja ringan mengurangi pemakaian kayu sebagai material rangka atap yang saat ini sudah semakin berkurang ketersediaanya
  2. Baja ringan adalah material yang ringan. Hal ini akan mengurangi bobot struktur bangunan dan membuat umur bangunan menjadi lebih lama daripada menggunakan kayu
  3. Baja ringan memiliki muat susut yang rendah saat berada di cuaca ekstrem panas dan dingin
  4. Baja ringan dilapisi lapisan yang tahan terhadap serangan rayap dan karat. Dengan demikian dapat menambah umur atap bertahan lebih lama
  5. Baja ringan memiliki ketahanan terhadap gempa karena memiliki bobot yang ringan
  6. Baja ringan dibuat dari proses fabrikasi yang mempercepat tahap pengerjaan dan membuat proses pengerjaan menjadi sangat ekonomis jika dilihat dari faktor biaya
  7. Baja ringan menjadi salah satu material yang dapat dengan mudah di modifikasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan

7 faktor diatas merupakan faktor dalam pemilihan baja ringan juga keuntungan jika menggunakan baja ringan sebagai material rangka atap.

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Bisnis Baja Ringan Yang Menggiurkan

Rizal

Atap Garasi untuk Rumah Impian

Nasuha

Plafon Atap Untuk Rumah Anda

Nasuha

Leave a Comment

Hubungi Kami