Blog Desain

Desain Unik Bangunan di Dunia

Desain Unik Bangunan di Dunia

Desain Unik Bangunan – Penampilan yang menarik dari bagian atas hingga bawah bukan hanya menjadi kebutuhan bagi manusia saja, sebuah bangunan pun saat ini sudah mulai diperhatikan dari segi penampilannya. Misalnya saja manusia yang memiliki poni di rambutnya, beberapa orang memiliki tatanan sendiri untuk membuat tampilan mereka menjadi menarik bagi orang lain. Begitupun dengan bangunan, maka atap akan dibuat dan didesain semenarik mungkin.

Baca Juga : Trend Warna Cat Rumah 2019; Referensi Untuk Rumah AndaBaca

Setiap tahunnya, desain-desain untuk sebuah bangunan selalu mengalami perubahan dan memunculkan banyak desain-desain baru dan unik. Desain sebuah bangunan tentu akan menjadi daya tarik tersendiri.

Memang, fungsi utama dari sebuah bangunan itu beragam. Perkantoran, tempat kuliah, hingga pusat pemerintahan bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Berikut adalah desain unik bangunan di dunia yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

Menara Pinisi, Universitas Negeri Makassar

Bangunan yang memiliki desain unik memang sepertinya identik dengan gedung-gedung perkantoran, terutama di Indonesia. Akan tetapi saat ini ada beberapa desain bangunan kampus yang cukup ikonik dan unik. Salah satunya, bangunan milik Universitas Negeri Makassar (UNM). Diberi nama “Menara Pinisi’, gedung ini terinspirasi dari sebuah perahu yang menjadi simbol khas masyarakat Bugis, perahu pinisi. Gedung ini memiliki tiga gedung pendamping yang nama lainnya adalah Tellu Cappa (tiga puncak). Gedung ini merupakan hasil rancangan dari Yu Sing, seorang arsitek kelahiran Kota Kembang, Bandung.

Gedung ini menjadi gedung pusat pelayanan akademik yang memiliki tinggi 17 lantai. Desain gedung kampus ini memiliki konsep utama yang begitu identik dengan pendalaman kearifan lokal yang dipadukan dengan teknologi modern terkini. Selain itu, menara pinisi yang dimiliki oleh UNM ini menjadi salah satu gedung tertinggi pertama di Indonesia yang menggunakan sistem Fasade Hiperbolic Paraboloid. Gedung ini memiliki 12 warna yang berbeda, warna ini sebagai jumlah dari total fakultas yang ada di UNM. 12 warna ini akan berkelap-kelip inidah pada malah hari pada menara gedug di lantai 17.

Gedung Pinisi yang dimiliki UNM ini adalah sebagai landmark dalam pemersatu budaya tradisional serta modern yang ada di Indonesia, terutama Indonesia Timur. Keren yaaa,

The Shed, Amerika Serikat

The Shed merpakan salah satu tempat serta gedung untuk tempat pameran seni dan pertunjukan budaya. Gedung ini terletak di West Side Manhattan, Amerika Serikat. Gedung ini menjadi salah satu bangunan unik yang ada di dunia.

The Shed memiliki ciri unik terutama dari aula utama gedung yang di dalam konstruksi bajanya dapat bergeser sepanjang jalurnya. Selain itu, ada ruangan untuk pameran serta panggung pertunjukkan untuk berbagai pentas seni. Ciri ikhas dan utama dari bangunan ini adalah terdapat ruang pertunjukan dengan atap yang bisa dilepas yang memungkinkan adanya pertunjukan baik di dalam maupun luar ruangan.

Vessel/ Hudson Yards Staicase, Amerika serikat

Vessel atau yang juga dikenal dengan nama Hudson Yards Staircase ini salah satu bangunan yang terletak di Manhattan, Amerika Serikat. Bangunan ini juga bagian dari proyek pengembangan Hudson Yards.

Struktur bangunan Vessel ini merupakan bangunan berbentuk menyerupai sarang lebah. Bangunan ini terdiri dari 154 rangkaian tanggam 2500 anak tanggam dan 800 teras. Bangunan ini di desain sebagai bangunan yang memungkinkan pengunjung untuk mendaki dan menjelajah. Vessel ini akan menjadi sebuah landmark baru di Manhattan. Keunikan ini menawarkan pemandangan serta perspektif baru bagi para pengunjung yang berkunjung ke Manhattan.

Museum Kistefos, Norwegia

Museum Kistefos atau Kistefos Museet merupakan salah satu bangunan museum yang berada di Norwegia. Museum ini merupakan sebagai pengembangan bangunan baru yang didesain oleh sebuah biro arsitektur, BIG. Bangunan yang dibuka pada 2019 ini terletak di wilayah bagian Jevnaker, Norwegia.

Keunikan dari bangunan baru Museum kistefos ini berada di atas sungai Ranselsa. Tujuan utamanya adalah agar dapat menghubungkan dua bagian dari taman patung Kistefos, yang sebelumnya hanya dihubungkan oleh sebuah jembatan kayu. Bahkan bangunan ini sering digambarkan sebagai jembatan berpenghuni.

Panda House, Denmark

Panda House merupakan salah satu proyek di Denmark sebagai tempat untuk Panda. Proyek ini selesai dibangun bersamaan dengan kedatangan dua ekor panda dari China. Panda House ini dibangun di kebun binatang Kopenhagen, Denmark.

Bangunan ini didesain khusus dengan dibuat bentuk seperti lingkaran di antara bangunan-bangunan lainnya yang lebih dulu sudah ada. Desain bangunan ini memiliki karakteristik unik dengan ditonjolkannya bentuk lingkaran yang menyerupai dengan simbol Yin dan Yang. Bangunan ini merupakan rumah baru bagi panda yang menggabungkan ruang tertutup dan terbuka, yang juga dilengkapi dengan hutan bambu.

Asiikkk. Panda bakalan punya rumah baru nih.

Baca Juga : Rangkuman Artikel 4

5 desain di atas adalah sebagian dari banyak desain bangunan yang unik, indah, dan tidak sedikit memiliki filosofi yang cukup dalam. Baik pada nama gedung maupun desain yang ada.

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Struktur Rangka Atap Bangunan

Rizal

Rangka Baja Tahan Api; Sebuah Keunggulan

Nasuha

Mempersiapkan Membangun Rumah Sendiri

SystemBajaRingan

Leave a Comment

Hubungi Kami