Blog Konstruksi

Desain Kandang Sapi Kekinian; Alternatif Struktur Baja Mutu Tinggi

Desain Kandang Sapi

Desain Kandang Sapi – Sapi, salah satu hewan ternak yang saat ini sedang banyak dicari. Mendekati Hari Raya Idul Adha/ Hari Raya Kurban, hewan-hewan ternak seperti kambing, domba, kerbau, dan sapi mengalami permintaan yang cukup meningkat, terutama sapi. Sapi sendiri merupakan salah satu hewan ternak yang dapat dimanfaatkan daging, susu, hingga kulitnya yang bukan hanya untuk dikonsumsi dagingya saya, tetapi kulitnya pun dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang bernilai.

Lalu, jika permintaan terhadap sapi meningkat, apa yang harus dilakukan oleh para peternak? Ya, meningkatkan produktivitas sapi yang ada di kandangnya. Salah satu hal yang dapat meningkatkan produktivitas sapi itu sendiri yakni kandangnya. Ada beberapa jenis sapi yang produktivitasnya dipengaruhi oleh 2 hal; Cuaca dan Kandang.

Biasanya, kandang sapi ini dibuat dengan desain yang terbuka maupun tertutup. Akan tetapi, kebanyakan dari kandang sapi ini terbuka dengan adanya pembatas antara sapi dengan tepat pakannya. Kandang sapi kebanyakan terbuat dari kayu maupun baja berat.

Tetapi, baja berat ini ternyata memiliki beberapa kekurangan. Adapun salah satu kekurangan dari struktur baja berat yaitu memiliki berat bahan bangunan yang tinggi. Oleh Karenanya, untuk menahan suatu beban pada desain tertentu, sturktur baja harus menggunakan penampang dengan berat yang cukup tinggi. Hal ini tentu akan membuat tingginya biaya pembangunan kandang.

Desain Kandang sapi setidaknya harus memiliki ruang seluas 1,5 m agar sapi memiliki ruang gerak yang cukup leluasa. Kandang tidak boleh didesain di tempat yang ramai dan memiliki ventilasi yang buruk. Desain kandang yang buruk juga dapat menyebabkan kelembapan yang berlebihan pada daerah kandang.

Kemajuan teknologi menciptakan beragam inovasi, salah satunya mengganti baja berat dengan baja ringan pada beberapa aplikasi rangka bangunan. Baja ringan menjadi salah satu inovasi dan solusi terbaik untuk pembangunan atap dengan kekuatan yang cukup baik dan tahan lama serta ramah lingkungan.

Belum banyak memang kandang sapi yang mulai menggunakan struktur baja mutu tinggi. Padahal, baja mutu tinggi memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

  1. Memiliki sifat mudah dirangkai
  2. Antikarat, antirayap, dan tahan terhadap api
  3. Tahan Lama
  4. Pemasangan cepat dan rapi
  5. Tahan terhadap gempa
  6. Desain menggunakan software
  7. Produktivitas meningkat
  8. Hewan ternak lebih ringan
  9. Bentang lebih lebar

Kandang sapi ini bisa menjadi alternatif untuk menggantikan kandang baja berat maupun kandang kayu. Hal ini dikarenakan baja ringan membutuhkan penampang yang lebih kecil jika dibandingkan dengan struktur baja berat. Meskipun memiliki massa jenis tyang sama berat akan tetapi baja ringan memiliki struktur desain dengan berat yang lebih kecil.

Berat struktur yang lebih kecil ini dapat menurunkan biaya pembangunan serta pengelolaan struktur kandang, sehingga bisa menjadi lebih ekonomis untuk biaya pembangunannya.

Baca Juga : Bea Masuk Anti Dumping: Proteksi Industri Baja

Dalam konstruksi bangunan dengan baja ringan, ada 3 hal yang harus diperhatikan, sepert:

  • Pilih konstruksi baja mutu tinggi dengan garansi maksimal dan sesuai dengan harga
  • Memilih aplikator yang sudah memiliki pengalaman dan menggunakan software terbaik
  • Jangan lupa untuk menjaga lapisan coatingn dengan cara menghindari kontak langsung dengan asukan semen yang cenderung melekat kuat, ataupun goresan lain, agar lebih tahan lama.

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Jenis Talang Air Pada Atap Rumah

Rizal

Tips Menyimpan Baja Ringan, Begini Caranya!

Nasuha

Kusen Baja Ringan, Pengganti Kusen Kayu

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami